BAHAN AJAR
Hari
Tanggal : Senin, 5 -8-2019
Kelas : IID
Semster : I
Jam
pertemuan : 1-9
Pembelajaran
: p1 dan p2
Bahasa
Indonesia
Kompetensi
Dasar 3 .1
Indikator pencapaian kompentensi 3.1.1
Matematika
KD:3.3
Indikator:
3.2.2
SBDP
KD : 3.4
Indikator:
3.3.1
PKN
3.1
3.1.1
Tujuan
Pembelajaran
Dengan
diberikan teks tentang hidup rukun , siswa dapat menyebutkan kembali penolakan
dalam teks cerita yang disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan
bahasa yang santun.
Dengan
diberikanya contoh karya hiasan dari bahan alami , siswa dapat mengidentifikasi
ciri ciri karya hiasan dengan bahan
alami dengan benar.
Dengan
diberikanya kumpulan benda kongkrit , siswa dapat melakukan penjumlahan dua
bilangan dengan cara pendek dengan tepat.
Dengan diberikan teks cerita tentang hidup
rukun ,siswa dapat menunjukan contoh prelaku di masyarakat yang sesuai dengan
sila kedua pancasila dengan benar.
Langkah Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Di
awal pembelajaran , guru menyapa siswa ,menanyakan kabar, dan ngecek kehadiran
siswa
Guru
mengimpomasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
Guru
mengimpomasikan tujuan pembelajaran yang akan capai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Kegiatan Inti
Siswa
mengamati gambar tentang gotong royong warga membersihkan lingkungan tempat
tinggal
Siswa
mengamati kalimat yang menunjukan kalimat ajakan
Siswa
menemukan kalimat yang menolak ajakan tersebut.
Siswa
berlatih menetukan jumlah dan selisih bilangan
Penutup
Jika semua siswa telah selesai ,
guru dan siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
Guru
mrmberikan beberapa pertanyaan sebagai berikut:
Apa
yang kamu pelajari hari ini?
Informasi
apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut
Bagaimana
caramu untuk mendapatkan informasi itu?
Sumber
pembelajaran / Alat praga
Gambar
gotong royang di masyarakat
Lambang
bilangan
Karet
Buku
paket
Intrumen
penilaian
Tertulis
Hari Minggu Wayan diajak ayah untuk bekerja bakti.
Mereka akan bergabung dengan warga untuk membersihkan selokan . Selokan di
kampung tersumbat akibat sampah yang menumpuk .
Hujan deras telah menhanyutkan
sampah sampah tersebut.
Lama kelamaan sampah menyumbat
saluran air. Aliran air tidak lancar . Bau selokan menjadi semakin tidak sedap . Bibit penyakit bermunculan menyerang
warga sekitar.
Pak RT mengajak warganya
membersihkan selokan .Wargapun dengan sukarela mengikuti kerja bakti.
Contoh soal
1.Apakah warga terlihat rukun
saat berja bakti?
2. Jika tidak rukun , dapatkah
mereka berja bakti?
3.Andi mengajak Bayu untuk mengejek Bagas yang jatuh
dari sepeda.
Bayu menolaknya, hal itu karena saling mengejek itu perbuatan yang ....
4.Rani mengajak Sinta membuang sampah di selokan.
Sinta dapat menolak ajakan Rani secara benar dengan berkata ....
5.Di perpustakaan terdapat 137 buku cerita, 213 buku pengetahuan dan 73 buku latihan soal. Jumlah ketiga buku di atas adalah ....
Bayu menolaknya, hal itu karena saling mengejek itu perbuatan yang ....
4.Rani mengajak Sinta membuang sampah di selokan.
Sinta dapat menolak ajakan Rani secara benar dengan berkata ....
5.Di perpustakaan terdapat 137 buku cerita, 213 buku pengetahuan dan 73 buku latihan soal. Jumlah ketiga buku di atas adalah ....
6. 193+265=
7.Bahan apa saja yang digunakan
untuk membuat kerajinan dari bahan alam?
8. berikan contoh kerajinan alam
apa saja yang terbuat dari bahan alam?
0 komentar:
Posting Komentar