RSS

HIDUP RUKUN DI MASYARAKAT


BAHAN AJAR
Hari Tanggal  : Senin, 5 -8-2019
Kelas               : IID
Semster           : I
Jam pertemuan : 1-9
Pembelajaran             : p1 dan p2
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar 3 .1
 Indikator pencapaian kompentensi  3.1.1
Matematika
KD:3.3
Indikator: 3.2.2
SBDP
KD      : 3.4
Indikator: 3.3.1
PKN
3.1
3.1.1
Tujuan Pembelajaran
Dengan diberikan teks tentang hidup rukun , siswa dapat menyebutkan kembali penolakan dalam teks cerita yang disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.
Dengan diberikanya contoh karya hiasan dari bahan alami , siswa dapat mengidentifikasi ciri  ciri karya hiasan dengan bahan alami dengan benar.
Dengan diberikanya kumpulan benda kongkrit , siswa dapat melakukan penjumlahan dua bilangan dengan cara pendek dengan tepat.
 Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun ,siswa dapat menunjukan contoh prelaku di masyarakat yang sesuai dengan sila kedua pancasila dengan benar.
Langkah Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Di awal pembelajaran , guru menyapa siswa ,menanyakan kabar, dan ngecek kehadiran siswa
Guru mengimpomasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
Guru mengimpomasikan tujuan pembelajaran yang akan capai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Kegiatan Inti
Siswa mengamati gambar tentang gotong royong warga membersihkan lingkungan tempat tinggal
Siswa mengamati kalimat yang menunjukan kalimat ajakan
Siswa menemukan kalimat yang menolak ajakan tersebut.
Siswa berlatih menetukan jumlah dan selisih bilangan
Penutup
Jika semua siswa telah selesai , guru dan siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
Guru mrmberikan beberapa pertanyaan sebagai berikut:
Apa yang kamu pelajari hari ini?
Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut
Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi itu?
Sumber  pembelajaran / Alat praga
Gambar gotong royang di masyarakat
Lambang bilangan
Karet
Buku siswa
Buku paket
Intrumen penilaian
Tertulis



Hari  Minggu Wayan diajak ayah untuk bekerja bakti. Mereka akan bergabung dengan warga untuk membersihkan selokan . Selokan di kampung tersumbat akibat sampah yang menumpuk .
Hujan deras telah menhanyutkan sampah sampah tersebut.
Lama kelamaan sampah menyumbat saluran air. Aliran air tidak lancar . Bau selokan menjadi semakin tidak  sedap . Bibit penyakit bermunculan menyerang warga sekitar.
Pak RT mengajak warganya membersihkan selokan .Wargapun dengan sukarela mengikuti kerja bakti.


Contoh soal
1.Apakah warga terlihat rukun saat berja bakti?
2. Jika tidak rukun , dapatkah mereka berja bakti?
3.Andi mengajak Bayu untuk mengejek Bagas yang jatuh dari sepeda.
   Bayu menolaknya, hal itu karena saling mengejek itu perbuatan yang ....
 4.Rani mengajak Sinta membuang sampah di selokan.
   Sinta dapat menolak ajakan Rani secara benar dengan berkata ....
 5.Di perpustakaan terdapat 137 buku cerita, 213 buku pengetahuan dan 73 buku latihan soal. Jumlah ketiga buku di atas adalah ....
6. 193+265=
7.Bahan apa saja yang digunakan untuk membuat kerajinan dari bahan alam?
8. berikan contoh kerajinan alam apa saja yang terbuat dari bahan alam?

0 komentar:

Posting Komentar