Jumat,
16 Agustus 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II D
Semester :
I
Tema :
II / Bermain di Lingkunganku
Subtema : I
/ Bermain di Lingkungan Rumah
Pembelajaran : 6
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan
kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya
dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual,
dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.2 Melaporkan
penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan
tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks
tulis, lisan, dan visual.
PPKn
1.2 Menunjukkan sikap
patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
2.2 Melaksanakan
aturan yang berlaku di rumah dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
3.2 Mengidentifikasi
aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
4.2 Menceritakan
kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
Matematika
3.4 Menjelaskan
perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai
dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan
pembagian.
4.4 Menyelesaikan
masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil
kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian
dan pembagian.
- Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda dengan benar.
- Dengan berdiskusi, siswa dapat menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
- Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang perkalian dengan benar.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Menemukan
dan menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda.
2.
Melaporkan
hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar.
3.
Menyebutkan
manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.
Menyebutkan
akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan di rumah.
5.
Memecahkan
masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·
Buku
Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, PPKn, dan Matematika
·
Gambar
percakapan antara Beni dan Ibu tentang air
·
Teks
bacaan tentang “Wujud Benda”
·
Gambar
“Beni dan Edo Bermain Pistol Air”
·
Teks
lagu “Belajar Perkalian”
Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Bacalah teks
berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Diskusikan bersama temanmu makna kata berikut!
PPKn
Matematika
Beni mempunyai 1
pistol air. Edo juga mempunyai 1 pistol air. Tiba-tiba Udin datang dan juga membawa
1 pistol air. Berapa jumlah pistol air semuanya?
Atau
sama artinya dengan
0 komentar:
Posting Komentar