RSS

HIDUP RUKUN DI MASYARAKAT TEMA 1 SUB TEMA 4 PB 5


BAHAN AJAR
Hari Tanggal       : Kamis, 8 -8-2019
Kelas                    : IID
Semster                : I
Jam pertemuan  : 7-8
Pembelajaran     : p5
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar 3 .1
 Indikator pencapaian kompentensi  3.1.1
PKN
KD.3.2
INDIKATOR: 3.1.1

Tujuan Pembelajaran
Dengan diberikan teks tentang hidup rukun , siswa dapat menyebutkan kembali penolakan dalam teks cerita yang disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.
Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun ,siswa dapat menunjukan contoh prelaku di masyarakat yang sesuai dengan sila kedua pancasila dengan benar.

Langkah Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Di awal pembelajaran , guru menyapa siswa ,menanyakan kabar, dan ngecek kehadiran siswa
Guru mengimpomasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
Guru mengimpomasikan tujuan pembelajaran yang akan capai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Kegiatan Inti
Siswa mengamati gambar tentang gotong royong warga membersihkan lingkungan tempat tinggal
Siswa mengamati kalimat yang menunjukan kalimat ajakan
Siswa menemukan kalimat yang menolak ajakan tersebut.
Siswa berlatih menetukan jumlah dan selisih bilangan
Penutup
Jika semua siswa telah selesai , guru dan siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
Guru mrmberikan beberapa pertanyaan sebagai berikut:
Apa yang kamu pelajari hari ini?
Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut
Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi itu?

Sumber  pembelajaran / Alat praga
Gambar gotong royang di masyarakat
Lambang bilangan
Karet
Buku siswa
Buku paket
Intrumen penilaian
Tertulis










  
Masih iungatkah kamu dengan kegiatan bekerja bakti wayan dan ayahnya?
Warga bergotong royongdi kampung.
Anak anak lelaki turut mengakuti sampah ke gerobak sampah.Ibu ibu menyiapkan makana dan minuman. Anak anak perempuan membantu menyiapkan makanan .
Semua warga turut bergotong royong .
Manfaat dan Tujuan Gotong Royong
Kegiatan gotong royong juga mempunyai tujuan, maupun manfaat. Diantaranya sebagai berikut ini:
  • Menumbuhkan pribadi saling tolong menolong, sukarela, saling membantu, serta kekeluargaan.
  • Membina hubungan sosial dengan lebih baik terhadap masyarakat sekitarnya.
  • Mampu menciptakan rasa kebersamaan serta kasih sayang.
  • Mampu mempererat tali persaudaraan antar sesama.
  • Mampu meringankan pekerjaan serta mempercepat penyelesaian pekerjaan yang dilakukan.
  • Mampu meningkatkan produktivitas kerja seseorang
  • Mampu menciptakan rasa persatuan serta kesatuan didalam lingkungan masyarakat.
S0al latihan

1. Hidup rukun dengan tetangga akan membuat suasana menjadi ....
2. Kerukunan di masyarakat contohnya adalah ....
3. Warga desa Tambakromo sangat rukun dan sering tolong menolong merawat lingkungan.
Sehingga lingkungan mereka menjadi ....
4. Jika ada yang terkena musibah sebaiknya kita ....
5. Tempat yang tepat untuk membuang sampah adalah di ....
6 Andi mengajak Bayu untuk mengejek Bagas yang jatuh dari sepeda.
   Bayu menolaknya, hal itu karena saling mengejek itu perbuatan yang ....
 7.Rani mengajak Sinta membuang sampah di selokan.
   Sinta dapat menolak ajakan Rani secara benar dengan berkata ....
 8Menjaga kerukunan di masyarakat adalah kewajiban ....
9. Menolak ajakan teman sebaiknya dengan kalimat yang ....
10. Yang dimaksud kalimat penolakan adalah...

0 komentar:

Posting Komentar