Selasa,
20 Agustus 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II D
Semester :
I
Tema :
II / Bermain di Lingkunganku
Subtema : II
/ Bermain di Rumah Teman
Pembelajaran : 3
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan
kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya
dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual,
dan/atau eksplorasi lingkungan.
SBdP
3.3 Mengenal gerak
keseharian dan alam dalam tari.
Matematika
3.4 Menjelaskan
perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai
dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan
pembagian.
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan
berdiskusi, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan
keragaman benda berdasarkan wujudnya dan menggunakannya dalam kalimat dengan
benar.
2.
Dengan
melakukan pengamatan terhadap benda-benda di sekitar, siswa dapat menuliskan
hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan
benar.
3.
Dengan
berdiskusi, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan
perkalian dengan benar.
4.
Dengan
mengamati gambar tentang gerakan kaki, siswa dapat mengidentifikasi gerak
bagian kaki dengan benar.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Menuliskan
hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar.
2.
Menemukan
dan menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda.
3.
Mengidentifikasi
perkalian bilangan dengan angka 2, 1, dan 0.
4.
Memecahkan
masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian.
5.
Melakukan
gerak bagian kaki dengan hitungan.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·
Buku
Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
·
Teks
percakapan “Beni dan Teman-teman”
·
Teks
”Membuat Jus Jambu Biji”
·
Teks
“Benda Cair”
Materi
Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Apa yang
dibicarakan Beni dan teman-temannya? Apa pengalaman berkesanmu ketika kamu
bermain di rumah teman?
Dari alat dan
bahan yang digunakan Beni dan teman-temannya untuk membuat jus, manakah yang
termasuk benda cair?
Matematika
SBdP
Masih ingatkah kamu dengan gambar di atas? Ayo, peragakan
kembali gerakan yang sudah kamu pelajari!
0 komentar:
Posting Komentar