BAHAN AJAR
Hari
Tanggal : Rabu, 7 -8-2019
Kelas : IID
Semster : I
Jam
pertemuan : 1-8
Pembelajaran
: p4
Bahasa
Indonesia
Kompetensi
Dasar 3 .1
Indikator pencapaian kompentensi 3.1.1
Matematika
KD:3.3
Indikator:
3.2.2
SBDP
KD : 3.4
Indikator:
3.3.1
Tujuan
Pembelajaran
Dengan
diberikan teks tentang hidup rukun , siswa dapat menyebutkan kembali penolakan
dalam teks cerita yang disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan
bahasa yang santun.
Dengan
diberikanya contoh karya hiasan dari bahan alami , siswa dapat mengidentifikasi
ciri ciri karya hiasan dengan bahan
alami dengan benar.
Dengan
diberikanya kumpulan benda kongkrit , siswa dapat melakukan penjumlahan dua
bilangan dengan cara pendek dengan tepat.
Langkah Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Di
awal pembelajaran , guru menyapa siswa ,menanyakan kabar, dan ngecek kehadiran
siswa
Guru
mengimpomasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
Guru
mengimpomasikan tujuan pembelajaran yang akan capai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Kegiatan Inti
Siswa
mengamati gambar tentang gotong royong warga membersihkan lingkungan tempat
tinggal
Siswa
mengamati kalimat yang menunjukan kalimat ajakan
Siswa
menemukan kalimat yang menolak ajakan tersebut.
Siswa
berlatih menetukan jumlah dan selisih bilangan
Penutup
Jika semua siswa telah selesai ,
guru dan siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
Guru
mrmberikan beberapa pertanyaan sebagai berikut:
Apa
yang kamu pelajari hari ini?
Informasi
apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut
Bagaimana
caramu untuk mendapatkan informasi itu?
Sumber
pembelajaran / Alat praga
Gambar
gotong royang di masyarakat
Lambang
bilangan
Karet
Buku
siswa
Buku
paket
Intrumen
penilaian
Tertulis
CONTOH GAMBAR GOTONG ROYONG
1. Menumbuhkan rasa solidaritas.
Jika kebudayaan gotong royong tetap terjaga dalam
kehidupan bermasyarakat tentunya solidaritas antar warga akan terjalin dengan
baik.
2. Menumbuhkan sikap kebersamaan.
Dalam suatu lingkungan tentunya harus terjalin
kerukunan antar penghuninya. Dengan adanya gotong royong kita sering kali
berinteraksi dengan tetangga dan masyarakat sekitar sehingga akan menumbuhkan
sikap kebersamaan dalam sebuah lingkungan, baik lingkup RT, RW, maupun lingkup
yang lebih besar.
3. Meringankan beban pekerjaan
Sewaktu saya kecil dulu gotong royong menjadi hal yang
sering dilakukan oleh penduduk desa baik dalam pembuatan rumah, jembatan,
pengerasan jalan, dll. Dengan pengerjaan yang dilakukan orang banyak tentu
pekerjaan akan lebih cepat terselesaikan & lebih ringan dalam
mengerjakannya.
Dengan mengetahui banyak manfaat gotong royong bagi masyarakat tentunya kita semua tidak ingin kehilangan budaya yang sangat mulia tersebut. Namun apa daya, tuntutan pekerjaan & rutinitas kehidupan sehari-hari mau tidak mau pasti akan melunturkan kebudayaan khas Indonesia ini.
Dengan mengetahui banyak manfaat gotong royong bagi masyarakat tentunya kita semua tidak ingin kehilangan budaya yang sangat mulia tersebut. Namun apa daya, tuntutan pekerjaan & rutinitas kehidupan sehari-hari mau tidak mau pasti akan melunturkan kebudayaan khas Indonesia ini.
Contoh Gotong Royong Di Masyarakat
Dan Di Sekolah
Di Masyarakat
Contoh gotong royong dalam masyarakat sangatlah mudah
kita temukan dilingkungan kita, diantaranya adalah:
• Membersihkan jalan kampung dan selokan.
• Membangun poskampling dengan swadaya masyarakat sekitar dan,
• Membersihkan gorong-gorong di lingkungan dusun.
• Membersihkan jalan kampung dan selokan.
• Membangun poskampling dengan swadaya masyarakat sekitar dan,
• Membersihkan gorong-gorong di lingkungan dusun.
Di Sekolah
•
Membersihkan lingkungan kelas dan lingkungan sekolah.
• Mengecat pagar sekolah.
• Membersihkan dan menanam tanaman di taman sekolah.
• Mengecat pagar sekolah.
• Membersihkan dan menanam tanaman di taman sekolah.
Soal latihan
1.Contoh kegiatan gotong-royong yang sebaiknya
tidak dilakukan antara lain adalah ....
2. Ketua RT meminta warga selalu
bermusyawarah ketika ada masalah antar warga, karena setiap masalah seharusnya bisa diselesaikan
dengan ....
.3 Kerukunan di masyarakat contohnya
adalah ....
4. Warga desa Tambakromo sangat rukun dan sering tolong menolong merawat lingkungan.
Sehingga lingkungan mereka menjadi ...
4. Jika ada yang terkena musibah sebaiknya kita .
5. Tempat yang tepat untuk membuang sampah adalah di...
6. Sampah yang dibuang ke saluran air bisa menyebabkan ....
4. Warga desa Tambakromo sangat rukun dan sering tolong menolong merawat lingkungan.
Sehingga lingkungan mereka menjadi ...
4. Jika ada yang terkena musibah sebaiknya kita .
5. Tempat yang tepat untuk membuang sampah adalah di...
6. Sampah yang dibuang ke saluran air bisa menyebabkan ....
7. 20. 354 – 123 – 210 = ....
Hasil dari operasi hitung di atas adalah ....
8.21. 217 + 105 – 172 = .....
Hasil dari operasi hitung di atas adalah ....
9.193+265=
.10. 368 - 226 + 3
Hasil dari operasi hitung di atas adalah ....
8.21. 217 + 105 – 172 = .....
Hasil dari operasi hitung di atas adalah ....
9.193+265=
0 komentar:
Posting Komentar