RSS

HIDUP RUKUN DI MASYARAKAT TEMA 1 SUB TEMA 4 PB 4


BAHAN AJAR
Hari Tanggal  : Rabu, 7 -8-2019
Kelas               : IID
Semster           : I
Jam pertemuan : 1-8
Pembelajaran             : p4
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar 3 .1
 Indikator pencapaian kompentensi  3.1.1
Matematika
KD:3.3
Indikator: 3.2.2
SBDP
KD      : 3.4
Indikator: 3.3.1

Tujuan Pembelajaran
Dengan diberikan teks tentang hidup rukun , siswa dapat menyebutkan kembali penolakan dalam teks cerita yang disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.
Dengan diberikanya contoh karya hiasan dari bahan alami , siswa dapat mengidentifikasi ciri  ciri karya hiasan dengan bahan alami dengan benar.
Dengan diberikanya kumpulan benda kongkrit , siswa dapat melakukan penjumlahan dua bilangan dengan cara pendek dengan tepat.
Langkah Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Di awal pembelajaran , guru menyapa siswa ,menanyakan kabar, dan ngecek kehadiran siswa
Guru mengimpomasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
Guru mengimpomasikan tujuan pembelajaran yang akan capai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Kegiatan Inti
Siswa mengamati gambar tentang gotong royong warga membersihkan lingkungan tempat tinggal
Siswa mengamati kalimat yang menunjukan kalimat ajakan
Siswa menemukan kalimat yang menolak ajakan tersebut.
Siswa berlatih menetukan jumlah dan selisih bilangan
Penutup
Jika semua siswa telah selesai , guru dan siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
Guru mrmberikan beberapa pertanyaan sebagai berikut:
Apa yang kamu pelajari hari ini?
Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut
Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi itu?

Sumber  pembelajaran / Alat praga
Gambar gotong royang di masyarakat
Lambang bilangan
Karet
Buku siswa
Buku paket
Intrumen penilaian
Tertulis 

CONTOH GAMBAR GOTONG ROYONG



1. Menumbuhkan rasa solidaritas.
Jika kebudayaan gotong royong tetap terjaga dalam kehidupan bermasyarakat tentunya solidaritas antar warga akan terjalin dengan baik.
2. Menumbuhkan sikap kebersamaan.
Dalam suatu lingkungan tentunya harus terjalin kerukunan antar penghuninya. Dengan adanya gotong royong kita sering kali berinteraksi dengan tetangga dan masyarakat sekitar sehingga akan menumbuhkan sikap kebersamaan dalam sebuah lingkungan, baik lingkup RT, RW, maupun lingkup yang lebih besar.
3. Meringankan beban pekerjaan
Sewaktu saya kecil dulu gotong royong menjadi hal yang sering dilakukan oleh penduduk desa baik dalam pembuatan rumah, jembatan, pengerasan jalan, dll. Dengan pengerjaan yang dilakukan orang banyak tentu pekerjaan akan lebih cepat terselesaikan & lebih ringan dalam mengerjakannya.
Dengan mengetahui banyak manfaat gotong royong bagi masyarakat tentunya kita semua tidak ingin kehilangan budaya yang sangat mulia tersebut. Namun apa daya, tuntutan pekerjaan & rutinitas kehidupan sehari-hari mau tidak mau pasti akan melunturkan kebudayaan khas Indonesia ini.
Contoh Gotong Royong Di Masyarakat Dan Di Sekolah
Di Masyarakat
Contoh gotong royong dalam masyarakat sangatlah mudah kita temukan dilingkungan kita, diantaranya adalah:
•    Membersihkan jalan kampung dan selokan.
•    Membangun poskampling dengan swadaya masyarakat sekitar dan,
•    Membersihkan gorong-gorong di lingkungan dusun.
Di Sekolah
•    Membersihkan lingkungan kelas dan lingkungan sekolah.
•    Mengecat pagar sekolah.
•    Membersihkan dan menanam tanaman di taman sekolah.
 Soal latihan 
 1.Contoh kegiatan gotong-royong yang sebaiknya tidak dilakukan antara lain adalah ....
2.  Ketua RT meminta warga selalu bermusyawarah ketika ada masalah antar warga, karena    setiap masalah seharusnya bisa diselesaikan dengan ....
.3 Kerukunan di masyarakat contohnya adalah ....
4. Warga desa Tambakromo sangat rukun dan sering tolong menolong merawat lingkungan.
Sehingga lingkungan mereka menjadi ...
4. Jika ada yang terkena musibah sebaiknya kita .
5. Tempat yang tepat untuk membuang sampah adalah di...
6. Sampah yang dibuang ke saluran air bisa menyebabkan ....
   7. 20. 354 – 123 – 210 = ....
Hasil dari operasi hitung di atas adalah ....
8.21. 217 + 105 – 172 = .....
Hasil dari operasi hitung di atas adalah ....
 9.193+265=
.10. 368 - 226 + 3

0 komentar:

Posting Komentar