Rabu,
28 Agustus 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II D
Semester :
I
Tema :
II / Bermain di Lingkunganku
Subtema : III
/ Bermain di Lingkungan Sekolah
Pembelajaran : 4
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan
kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya
dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual,
dan/atau eksplorasi lingkungan.
SBdP
3.1 Mengenal karya
imajinatif dua dan tiga dimensi.
Matematika
3.4 Menjelaskan
perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai
dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan
pembagian.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan
melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar,
siswa dapat mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan
wujudnya dengan tepat.
2.
Dengan
membaca teks percakapan, siswa dapat mengubah kalimat pembagian menjadi kalimat
perkalian dengan tepat.
3.
Dengan
mengerjakan latihan sederhana, siswa dapat menghitung hasil bagi dua bilangan
melibatkan bilangan cacah sampai dengan 100 dengan cermat.
4.
Dengan
mengidentifikasi langkah-langkah menggambar imajinatif, siswa dapat menggambar
imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang dilihatnya dengan benar.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Melakukan
pengamatan sederhana tentang benda pada permainan bola kertas.
2.
Mengelompokkan
benda berdasarkan wujudnya.
3.
Berlatih
mengubah pembagian ke bentuk perkalian.
4.
Diskusi
tentang langkah-langkah menggambar imajinatif.
5.
Menggambar
imajinatif (vas bunga) menggunakan susunan karet gelang berbeda warna.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·
Buku
Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
·
Lembar
pengamatan tentang benda pada bola kertas.
·
Teks
percakapan tentang pembagian merupakan kebalikan dari perkalian.
·
Gambar
imajinatif (vas bunga) menggunakan susunan karet gelang berbeda warna.
Materi
Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Amatilah gambar
berikut! Apa yang dilakukan Beni dan teman-teman?
Alat apa saja
yang digunakan dalam permainan tersebut? Bagaimana ciri-cirinya?
SBdP
Bagaimanakah cara membuat gambar
imajinatif?
Apa saja langkah-langkah yang
perlu diperhatikan?
Amatilah gambar berikut!
Gambarkan di buku gambarmu!
Matematika
Apa yang kamu dapat
dari percakapan Beni dan Udin di atas? Bagaimana cara mengubah pembagian ke
bentuk perkalian? Kerjakanlah latihan soal yang ada di buku siswa!
0 komentar:
Posting Komentar