Kamis,
22 Agustus 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II D
Semester :
I
Tema :
II / Bermain di Lingkunganku
Subtema : II
/ Bermain di Rumah Teman
Pembelajaran : 5
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan
kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya
dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau
eksplorasi lingkungan.
PPKn
3.2 Mengidentifikasi
aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan
kegiatan bermain peran, siswa dapat mensimulasikan kegiatan sesuai aturan yang
berlaku dengan benar.
2.
Dengan
mengamati gambar kumpulan benda, siswa dapat mengelompokkan benda berdasarkan
wujudnya di lingkungan dengan benar.
3.
Dengan
kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengelompokkan berbagai hal yang harus dan
tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Mensimulasikan
kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah.
2.
Mempraktikkan
variasi gerak menarik tanpa berpindah tempat.
3.
Menyebutkan
isi teks pendek yang dibacakan berkaitan dengan keragaman benda.
4.
Mengelompokkan
keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan wujudnya.
5.
Mengelompokkan
berbagai hal yang harus dan tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari
di rumah.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran
dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·
Buku
Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·
Teks
“Kegunaan Benda”
·
Gambar
“Kumpulan Benda”
·
Gambar
“Beni dan Teman-teman sedang Merapikan Tali setelah Bermain”
Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Lengkapilah tabel berikut sesuai dengan benda yang kamu amati!
No.
|
Nama Benda
|
Wujud
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
5.
|
|
|
6.
|
|
|
7.
|
|
|
8.
|
|
|
9.
|
|
|
10.
|
|
|
11.
|
|
|
12.
|
|
|
13.
|
|
|
14.
|
|
|
15.
|
|
|
PPKn
Berilah tanda centang (V) pada sikap
yang menunjukkan mematuhi aturan dan tanda silang (X) untuk sikap yang tidak
menunjukkan mematuhi aturan.
0 komentar:
Posting Komentar