RSS

BERMAIN DI LINGKUNGANKU TEMA 2 SUB TEMA 2 PB 5

Kamis, 22 Agustus 2019
MATERI AJAR
Kelas               : II D
Semester          : I
Tema               : II / Bermain di Lingkunganku
Subtema          : II / Bermain di Rumah Teman
Pembelajaran   : 5

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

PPKn
3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.

Tujuan Pembelajaran
1.        Dengan kegiatan bermain peran, siswa dapat mensimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku dengan benar.
2.        Dengan mengamati gambar kumpulan benda, siswa dapat mengelompokkan benda berdasarkan wujudnya di lingkungan dengan benar.
3.        Dengan kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengelompokkan berbagai hal yang harus dan tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.        Mensimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah.
2.        Mempraktikkan variasi gerak menarik tanpa berpindah tempat.
3.        Menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan berkaitan dengan keragaman benda.
4.        Mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan wujudnya.
5.        Mengelompokkan berbagai hal yang harus dan tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.

Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
·           Buku Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·           Buku Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·           Teks “Kegunaan Benda”
·           Gambar “Kumpulan Benda”
·           Gambar “Beni dan Teman-teman sedang Merapikan Tali setelah Bermain”

Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia

Lengkapilah tabel berikut sesuai dengan benda yang kamu amati!
No.
Nama Benda
Wujud
1.


2.


3.


4.


5.


6.


7.


8.


9.


10.


11.


12.


13.


14.


15.



PPKn
Berilah tanda centang (V) pada sikap yang menunjukkan mematuhi aturan dan tanda silang (X) untuk sikap yang tidak menunjukkan mematuhi aturan.

0 komentar:

Posting Komentar