Selasa,
27 Agustus 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II D
Semester :
I
Tema :
II / Bermain di Lingkunganku
Subtema : III
/ Bermain di Lingkungan Sekolah
Pembelajaran : 3
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan
kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya
dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual,
dan/atau eksplorasi lingkungan.
SBdP
3.1 Mengenal karya
imajinatif dua dan tiga dimensi.
Matematika
3.4 Menjelaskan
perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai
dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan
pembagian.
Tujuan Pembelajaran
1.
Berdasarkan
pengamatan sederhana yang dilakukan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan
sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan ejaan yang tepat
dengan benar.
2.
Dengan
mengerjakan soal latihan, siswa dapat menyatakan pembagian sebagai pengurangan
berulang dengan tepat.
3.
Dengan
mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan menggambar, siswa dapat
menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang dilihatnya dengan
benar.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Membaca
teks “Lomba Tenis Meja Cilik”.
2.
Menuliskan
hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar.
3.
Mengerjakan
soal yang berkaitan dengan pembagian.
4.
Menggambar
imajinatif (jam dinding) menggunakan susunan bola pingpong. Jam dinding
berbentuk bet.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·
Buku
Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
·
Gambar
tentang bermain tenis meja.
·
Lembar
pengamatan alat tenis meja.
·
Gambar
imajinatif (jam dinding) menggunakan susunan bola pingpong
Materi
Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Amatilah gambar
berikut! Apa yang dilakukan Beni dan teman-teman?
Alat apa saja
yang digunakan dalam olahraga tersebut? Bagaimana ciri-cirinya?
Matematika
SBdP
Masih ingatkah kamu alat dan bahan yang digunakan untuk
menggambar?
Buatlah
gambar berikut di buku gambarmu!
0 komentar:
Posting Komentar