Kamis,
29 Agustus 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II D
Semester :
I
Tema :
II / Bermain di Lingkunganku
Subtema : III
/ Bermain di Lingkungan Sekolah
Pembelajaran : 5
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan
kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya
dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual,
dan/atau eksplorasi lingkungan.
PPKn
3.2 Mengidentifikasi
aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan
mengamati berbagai gambar tentang hal yang harus dilakukan dalam kehidupan
sehari-hari di sekolah, siswa dapat mengelompokkan berbagai hal yang harus
dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan benar.
2.
Dengan
mengamati berbagai gambar tentang hal yang tidak boleh dilakukan dalam
kehidupan sehari-hari di sekolah, siswa dapat mengelompokkan berbagai hal yang
tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan benar.
3.
Dengan
mengamati benda-benda di sekitar, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan
sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan ejaan yang tepat
dengan tepat.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Menyebutkan
aturan yang berlaku di sekolah.
2.
Mengelompokkan
tata tertib di sekolah.
3.
Mendengarkan
cerita tentang “Bermain Estafet Bola”.
4.
Mengidentifikasi
wujud benda dan sifat benda di sekitar lingkungan sekolah.
5.
Menuliskan
hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·
Buku
Siswa Tema II Bermain di Lingkunganku
·
Buku
paket PKn dan Bahasa Indonesia
·
Gambar
hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
·
Teks
bacaan “Bermain Estafet Bola”.
·
Lembar
pengamatan keragaman benda.
Materi
Pembelajaran
PKn
Perhatikanlah
gambar berikut!
Kelompokkanlah
hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah!
Berikan tanda
centang (V) pada gambar yang sesuai!
Bahasa Indonesia
Amatilah gambar
di atas!
Buatlah 5
kalimat pertanyaan dengan menggunakan kata tanya apa, siapa, bagaimana,
mengapa, kapan, dan di mana!
0 komentar:
Posting Komentar