RSS

BERMAIN DI LINGKUNGANKU TEMA 2 SUB TEMA 3 PB 5


Kamis, 29 Agustus 2019
MATERI AJAR
Kelas               : II D
Semester          : I
Tema               : II / Bermain di Lingkunganku
Subtema          : III / Bermain di Lingkungan Sekolah
Pembelajaran   : 5

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

PPKn
3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.

Tujuan Pembelajaran
1.        Dengan mengamati berbagai gambar tentang hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, siswa dapat mengelompokkan berbagai hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan benar.
2.        Dengan mengamati berbagai gambar tentang hal yang tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah, siswa dapat mengelompokkan berbagai hal yang tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan benar.
3.        Dengan mengamati benda-benda di sekitar, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan ejaan yang tepat dengan tepat.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.        Menyebutkan aturan yang berlaku di sekolah.
2.        Mengelompokkan tata tertib di sekolah.
3.        Mendengarkan cerita tentang “Bermain Estafet Bola”.
4.        Mengidentifikasi wujud benda dan sifat benda di sekitar lingkungan sekolah.
5.        Menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar.

Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
·           Buku Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·           Buku Siswa Tema II Bermain di Lingkunganku
·           Buku paket PKn dan Bahasa Indonesia
·           Gambar hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah
·           Teks bacaan “Bermain Estafet Bola”.
·           Lembar pengamatan keragaman benda.

Materi Pembelajaran
PKn

Perhatikanlah gambar berikut!
Kelompokkanlah hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di sekolah!
Berikan tanda centang (V) pada gambar yang sesuai!


Bahasa Indonesia
Amatilah gambar di atas!
Buatlah 5 kalimat pertanyaan dengan menggunakan kata tanya apa, siapa, bagaimana, mengapa, kapan, dan di mana!

0 komentar:

Posting Komentar