Senin,
26 Agustus 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II D
Semester :
I
Tema :
II / Bermain di Lingkunganku
Subtema : III
/ Bermain di Lingkungan Sekolah
Pembelajaran : 1
dan 2
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan
kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya
dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual,
dan/atau eksplorasi lingkungan.
SBdP
3.1 Mengenal karya
imajinatif dua dan tiga dimensi.
Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian
dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan
100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
PPKn
3.2 Mengidentifikasi
aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan
membaca teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda, siswa dapat mencatat
isi teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda di sekitar dalam bahasa
tulis dengan benar.
2.
Dengan
menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian,
siswa dapat menyatakan pembagian sebagai pengurangan berulang dengan tepat.
3.
Dengan
tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan dalam
menggambar imajinatif dengan benar.
4.
Dengan
pengamatan sederhana, siswa dapat mengelompokkan keragaman benda di lingkungan
sekitar berdasarkan bentuknya dengan tepat.
5.
Dengan
membaca teks percakapan, siswa dapat mengidentifikasi tata tertib yang berlaku
dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan baik.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru
menyampaikan kegiatan pembelajaran yang
akan dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Membaca
teks bacaan Bermain di Halaman Sekolah.
2.
Menjawab
pertanyaan berdasarkan teks bacaan.
3.
Mengamati
gambar percakapan antara Beni dengan teman-temannya tentang kelereng yang akan
dibagi sama banyak.
4.
Mengerjakan
soal yang berkaitan dengan pembagian.
5.
Mengidentifikasi
alat dan bahan menggambar imajinatif.
6.
Menggambar
imajinatif dari bermain kelereng.
7.
Mengamati
gambar anak bermain saling dorong bola.
8.
Menulis
tata tertib dalam berpakaian yang berlaku di sekolah.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·
Buku
Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
·
Berbagai
gambar tentang benda-benda di sekitar.
·
Gambar
imajinatif (buku yang terbuka) menggunakan susunan kelereng berbeda warna.
·
Gambar
tentang kegiatan melakukan pengamatan sederhana.
Materi
Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Amatilah kegiatan
yang dilakukan oleh Beni dan teman-temannya! Tuliskan 5 pertanyaan dari gambar
dan teks bacaan berikut!
Matematika
SBdP
Apa yang perlu dipersiapkan untuk
menggambar?
Apa alat dan bahan yang
dibutuhkan untuk menggambar?
Persiapkanlah alat dan bahan
tersebut!
Perhatikan gambar berikut!
Buatlah gambar berikut di buku
gambarmu!
PPKn
Amatilah cara berpakaian berikut
dengan cermat!
Bagaimana tata tertib berpakaian
di sekolah?
Menurutmu, sudah rapikah pakaian
ketiga teman di atas?
Tuliskan tata tertib
berpakaian di sekolahmu!
0 komentar:
Posting Komentar