RSS

BERMAIN DI LINGKUNGANKU TEMA 2 SUB TEMA 1 PB 4


Rabu, 14 Agustus 2019
MATERI AJAR
Kelas               : II D
Semester          : I
Tema               : II / Bermain di Lingkunganku
Subtema          : I / Bermain di Lingkungan Rumah
Pembelajaran   : 4

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.2 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

SBdP
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.

Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
4.4 Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.


Tujuan Pembelajaran

  1. Dengan penjelasan guru, siswa dapat membedakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak menggunakan simbol dengan benar.
  2. Dengan mendengarkan teman membaca teks percakapan, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan keragaman benda di sekitar dengan rinci.
  3. Dengan mengamati contoh yang dijelaskan guru, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang perkalian dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran

Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.        Menyanyikan lagu dengan memperhatikan panjang pendek bunyi dan tekanan kuat lemah pada lagu anak.
2.        Melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar.
3.        Mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan bentuknya.
4.        Menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan berkaitan dengan keragaman benda di sekitar.
5.        Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian.

Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
·           Buku Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·           Buku Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·           Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
·           Teks lagu “Berdayung”
·           Alat dan bahan untuk kegiatan percobaan (kelereng, air, pensil, sirup, minyak, gelas, dan botol air mineral)
·           Teks percakapan antara Beni dan Ibu

Materi Pembelajaran
SBdP
Berikan tanda  O atau U  sesuai jumlah ketukan pada lagu!
Kemudian nyanyikan kembali lagu “Berdayung” bersama temanmu!

Bahasa Indonesia
Masih ingatkah kamu benda apa saja yang digunakan dalam bermain perahu kertas?
Di antara benda tersebut, benda apa yang bentuknya tetap?
Benda apa yang bentuknya berubah?
Lakukan kegiatan berikut bersama temanmu!

Sifat-sifat Benda
Alat dan Bahan yang Diperlukan
1.        Kelereng
2.        Air
3.        Pensil
4.        Sirup
5.        Minyak
6.        Gelas
7.        Botol air mineral

Cara Kerja
1.        Masukkan kelereng ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!
2.        Masukkan kelereng tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?
3.        Masukkan air ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!
4.        Pindahkan air tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?
5.        Masukkan pensil ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!
6.        Pindahkan pensil tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?
7.        Masukkan sirup ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!
8.        Pindahkan sirup tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?
9.        Masukkan minyak ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!
10.    Pindahkan minyak tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?

Matematika
Perhatikan contoh berikut!
Tentukan bilangan yang tepat untuk gambar berikut!



0 komentar:

Posting Komentar