Rabu,
14 Agustus 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II D
Semester :
I
Tema :
II / Bermain di Lingkunganku
Subtema : I
/ Bermain di Lingkungan Rumah
Pembelajaran : 4
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan
kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya
dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual,
dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.2 Melaporkan
penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan
tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks
tulis, lisan, dan visual.
SBdP
3.2 Mengenal pola
irama sederhana melalui lagu anak-anak.
4.2 Menampilkan pola
irama sederhana melalui lagu anak-anak.
Matematika
3.4 Menjelaskan
perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai
dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan
pembagian.
4.4 Menyelesaikan
masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil
kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian
dan pembagian.
Tujuan
Pembelajaran
- Dengan penjelasan guru, siswa dapat membedakan panjang dan pendek bunyi pada lagu anak menggunakan simbol dengan benar.
- Dengan mendengarkan teman membaca teks percakapan, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan berkaitan dengan keragaman benda di sekitar dengan rinci.
- Dengan mengamati contoh yang dijelaskan guru, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang perkalian dengan benar.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Menyanyikan
lagu dengan memperhatikan panjang pendek bunyi dan tekanan kuat lemah pada lagu
anak.
2.
Melakukan
pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar.
3.
Mengelompokkan
keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan bentuknya.
4.
Menyebutkan
isi teks pendek yang dibacakan berkaitan dengan keragaman benda di sekitar.
5.
Memecahkan
masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·
Buku
Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
·
Teks
lagu “Berdayung”
·
Alat
dan bahan untuk kegiatan percobaan (kelereng, air, pensil, sirup, minyak,
gelas, dan botol air mineral)
·
Teks
percakapan antara Beni dan Ibu
Materi
Pembelajaran
SBdP
Berikan tanda O atau U sesuai
jumlah ketukan pada lagu!
Kemudian
nyanyikan kembali lagu “Berdayung” bersama temanmu!
Bahasa Indonesia
Masih ingatkah
kamu benda apa saja yang digunakan dalam bermain perahu kertas?
Di antara benda
tersebut, benda apa yang bentuknya tetap?
Benda apa yang
bentuknya berubah?
Lakukan kegiatan
berikut bersama temanmu!
Sifat-sifat Benda
Alat dan Bahan yang Diperlukan
1.
Kelereng
2.
Air
3.
Pensil
4.
Sirup
5.
Minyak
6.
Gelas
7.
Botol
air mineral
Cara Kerja
1.
Masukkan
kelereng ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!
2.
Masukkan
kelereng tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?
3.
Masukkan
air ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!
4.
Pindahkan
air tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?
5.
Masukkan
pensil ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!
6.
Pindahkan
pensil tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?
7.
Masukkan
sirup ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!
8.
Pindahkan
sirup tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?
9.
Masukkan
minyak ke dalam botol air mineral. Perhatikan bentuknya!
10.
Pindahkan
minyak tersebut ke dalam gelas. Amati, apakah bentuknya berubah?
Matematika
Perhatikan contoh berikut!
Tentukan bilangan yang tepat untuk gambar berikut!
0 komentar:
Posting Komentar