Jumat,
23 Agustus 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II D
Semester :
I
Tema :
II / Bermain di Lingkunganku
Subtema : II
/ Bermain di Rumah Teman
Pembelajaran : 6
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan
kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya
dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual,
dan/atau eksplorasi lingkungan.
PPKn
3.2 Mengidentifikasi
aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
Matematika
3.4 Menjelaskan
perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai
dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan
berdiskusi, menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda
berdasarkan wujudnya dengan benar.
2.
Dengan
kegiatan tanya jawab tentang teks percakapan, siswa dapat menyebutkan manfaat
aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
3.
Dengan
kegiatan tanya jawab tentang teks percakapan, siswa dapat menyebutkan akibat
berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan di rumah dengan benar.
4.
Dengan
bimbingan guru, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan
perkalian dengan benar.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Menemukan
dan menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda.
2.
Melaporkan
hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar.
3.
Mensimulasikan
kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah.
4.
Menyebutkan
manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
5.
Menyebutkan
akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan di rumah.
6.
Memecahkan
masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·
Buku
Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, PPKn, dan Matematika
·
Tabel
permainan kosakata
·
Teks
percakapan “Beni dan Ibu tentang Manfaat Aturan”
Materi
Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Temukan kata pada kolom huruf berikut!
Tuliskan
kata-kata yang telah kamu temukan pada kolom berikut!
No.
|
Kata
Benda
|
Wujud
|
Kegunaan
|
1.
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
PPKn
Tuliskan
pendapatmu berdasarkan gambar berikut!
Dari keempat
gambar tersebut, manakah sikap yang mematuhi aturan? Sikap manakah yang tidak
mematuhi aturan? Tuliskan pendapatmu pada kolom berikut!
Matematika
Beni diminta ibu
untuk merapikan buku-buku yang tidak terpakai lagi. Buku-buku tersebut
dimasukkan ke dalam 3 dus. Masing-masing dus berisi 8 buku. Berapa banyak buku
yang dirapikan Beni?
Penyelesaian:
Banyak dus = 3
Setiap dus
berisi = 8 buku
Banyak buku yang
dirapikan Beni adalah:
3 X 8 = 24
Jadi, banyak
buku yang dirapikan Beni adalah 24 buku.
0 komentar:
Posting Komentar