Rabu,
21 Agustus 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II D
Semester :
I
Tema :
II / Bermain di Lingkunganku
Subtema : II
/ Bermain di Rumah Teman
Pembelajaran : 4
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan
kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya
dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual,
dan/atau eksplorasi lingkungan.
SBdP
3.3 Mengenal gerak
keseharian dan alam dalam tari.
Matematika
3.4 Menjelaskan
perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai
dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan
pembagian.
Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan
melakukan pengamatan, siswa dapat mengelompokkan keragaman benda di lingkungan
sekitar berdasarkan wujudnya dengan benar.
2.
Dengan
mengamati gambar dan bimbingan guru, siswa dapat melakukan koordinasi gerak
kepala, tangan, dan kaki dengan hitungan dengan benar.
3.
Dengan
berdiskusi, siswa dapat melengkapi tabel perkalian dengan benar.
4.
Dengan
bimbingan guru, siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan
perkalian dengan benar.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1. Melakukan koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki
dengan hitungan.
2.
Mengelompokkan
keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan wujudnya.
3.
Melengkapi
tabel perkalian.
4. Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·
Buku
Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
·
Teks
“Ayo Menari”
·
Gambar
“Beni dan Teman-teman sedang Latihan Menari”
·
Gambar
“Koordinasi Gerakan Kepala, Tangan, dan Kaki”
·
Teks “Benda Gas”
Materi
Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Masih ingatkah kamu dengan
kegiatan Beni dan teman-teman bermain pesawat kertas? Bagaimana cara pesawat
kertas terbang?
Amati benda-benda di berikut! Beri
tanda centang (V) pada benda yang mengandung gas dan tanda silang (X) pada
benda yang bukan gas
SBdP
Amatilah gambar berikut, kemudian peragakanlah sesuai
bimbingan gurumu!
Matematika
Amatilah tabel di bawah ini!
Isikan bagian yang terhalang oleh benda-benda dengan benar!
0 komentar:
Posting Komentar