Kamis,
15 Agustus 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II D
Semester :
I
Tema :
II / Bermain di Lingkunganku
Subtema : I
/ Bermain di Lingkungan Rumah
Pembelajaran : 5
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan
kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya
dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual,
dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.2 Melaporkan
penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan
tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks
tulis, lisan, dan visual.
PPKn
1.2 Menunjukkan sikap
patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-hari di sekolah.
2.2 Melaksanakan
aturan yang berlaku di rumah dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
3.2 Mengidentifikasi
aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
4.2 Menceritakan
kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan
melakukan pengamatan tentang sifat-sifat benda, siswa dapat menuliskan hasil
pengamatan sederhana dengan benar.
2.
Dengan
mendengarkan guru membaca teks “Meniup Balon”, siswa dapat menyebutkan isi teks
pendek yang dibacakan dengan benar.
3.
Dengan
kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengelompokkan berbagai hal yang harus
dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
4.
Dengan
kegiatan tanya jawab, siswa dapat mengelompokkan berbagai hal yang tidak boleh
dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4. Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Menyebutkan
isi teks pendek yang dibacakan berkaitan dengan keragaman benda.
2.
Menuliskan
hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar.
3.
Mengelompokkan
berbagai hal yang harus dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4. Mengelompokkan
berbagai hal yang tidak boleh dilakukan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
5.
Mensimulasikan
kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·
Buku
Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia dan PPKn
·
Teks
percakapan “Balon dan Perahu Kertas”
·
Alat
dan bahan kegiatan percobaan (balon dan kantong plastik bening)
·
Teks
bacaan “Meniup Balon”
Materi
Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Tuliskan jawaban
dari pertanyaan berikut berdasarkan teks percakapan di atas!
1.
Apa
yang dibicarakan perahu kertas dengan balon?
2.
Mengapa
balon bisa menggelembung?
3.
Mengapa
perahu kertas bisa berlayar jika diapungkan?
4.
Sebutkan
beberapa benda yang memiliki sifat yang sama seperti balon!
Lakukan kegiatan
berikut bersama temanmu!
Sifat-sifat Benda
Alat dan Bahan yang Diperlukan
1.
Balon
2.
Kantong
plastik bening
Cara Kerja
1.
Tiuplah
balon sampai menggelembung. Kemudian ikat mulut balon dengan karet.
2.
Tiuplah
kantong plastik sampai mengembang. Selanjutnya, ikat mulut plastik dengan
karet.
3.
Amatilah
bentuk balon dan kantong plastik tersebut. Bagaimanakah bentuk balon dan
kantong plastik? Tuliskan simpulanmu!
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................................
PPKn
Di bawah ini
adalah beberapa aturan di rumah Beni. Bacalah dengan lafal dan intonasi yang
tepat!
Bagaimana dengan aturan di rumahmu? Berikan tanda centang
pada kolom yang sesuai!
0 komentar:
Posting Komentar