Selasa,
13 Agustus 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II D
Semester :
I
Tema :
II / Bermain di Lingkunganku
Subtema : I
/ Bermain di Lingkungan Rumah
Pembelajaran : 3
Kompetensi Dasar
3.2 Menguraikan
kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya
dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual,
dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.2 Melaporkan
penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan
tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks
tulis, lisan, dan visual.
SBdP
3.2 Mengenal pola
irama sederhana melalui lagu anak-anak.
4.2 Menampilkan pola
irama sederhana melalui lagu anak-anak.
Matematika
3.4 Menjelaskan
perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai
dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
4.4 Menyelesaikan
masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil
kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian
dan pembagian.
Tujuan Pembelajaran
- Dengan bimbingan guru, siswa dapat memainkan/menyuarakan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak berbirama dua atau tiga dengan benar.
- Dengan melakukan pengamatan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan ejaan yang tepat.
- Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1. Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2. Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3. Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4. Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Menyanyikan
lagu dengan memperhatikan tekanan kuat dan lemah pada lagu anak.
2.
Menemukan
dan menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda.
3.
Menuliskan
hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar.
4.
Memecahkan
masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·
Buku
Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
·
Teks
lagu “Berdayung
·
Gambar
sebuah kertas
·
Teks
bacaan “Benda-Benda di Sekitar Kita”
·
Alat
dan bahan kegiatan percobaan (kertas, batu, piring, gelas)
Materi
Pembelajaran
SBdP
Lagu bisa
dinyanyikan dengan tekanan kuat dan tekanan lemah.
Masih ingatkah
kamu lagu “Berdayung”?
Perhatikan tanda dinamiknya:
tanda ______ berarti dinyanyikan keras.
tanda ~~~~~~ berarti
dinyanyikan lembut.
Baris yang tidak bertanda dinyanyikan
biasa.
Bahasa Indonesia
Amatilah gambar
di bawah ini!
1.
Benda
apakah yang dimaksud?
2.
Apakah
kamu mempunyai benda tersebut?
3.
Bagaimana
bentuknya?
4.
Apa
kegunaannya?
Lakukan kegiatan
berikut bersama temanmu!
Sifat-sifat Benda
Alat dan Bahan yang Diperlukan
1.
Kertas
2.
Batu
3.
Piring
4.
Gelas
Cara Kerja
1.
Letakkan
kertas di atas lantai! Perhatikan bentuk dan besarnya!
2.
Ambil
kertas tersebut dan pindahkan ke dalam piring. Apa yang dapat kamu lihat? Berubahkah
bentuknya?
3.
Ambil
batu dan letakkan di atas meja! Amati bentuk dan besarnya!
4.
Pindahkan
batu tersebut ke dalam gelas! Apa yang dapat kamu lihat? Berubahkah bentuknya?
5.
Berdasarkan
kegiatan ini, apa yang dapat kamu simpulkan?
..............................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
Matematika
0 komentar:
Posting Komentar