Senin, 12
Agustus 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II D
Semester :
I
Tema :
II / Bermain di Lingkunganku
Subtema : I
/ Bermain di Lingkungan Rumah
Pembelajaran : 1
dan 2
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan
konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia
atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi
lingkungan.
4.2 Melaporkan penggunaan kosakata
bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman
benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
SBdP
3.2 Mengenal pola irama sederhana
melalui lagu anak-anak.
4.2 Menampilkan pola irama sederhana
melalui lagu anak-anak.
Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian dan
pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam
kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
4.4 Menyelesaikan masalah perkalian
dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan
100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
PPKn
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan
agama yang dianut dalam kehidupan sehari-haridi sekolah.
2.2 Melaksanakan aturan yang
berlaku di rumah dantata tertib yang berlaku disekolah.
3.2 Mengidentifikasi aturan dan
tata tertib yangberlaku di sekolah.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai
aturan dan tata tertib yang berlaku disekolah.
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan bimbingan
guru, siswa dapat membedakan panjang pendek nada pada lagu anak menggunakan
simbol dengan benar.
2.
Dengan bimbingan
guru, siswa dapat menyanyikan lagu anak dengan memperhatikan panjang dan pendek
nada pada lagu dengan benar.
3.
Dengan mendengarkan
guru membaca teks “Bermain Perahu Kertas”, siswadapat menyebutkan isi teks
pendek yang dibacakan dengan tepat.
4.
Dengan menggunakan
teks “Bermain Perahu Kertas”, siswa dapat membaca kembali teks pendek yang
berkaitan dengan keragaman benda dengan lafal dan intonasi yang tepat.
5.
Dengan mengamati
contoh dan bimbingan guru, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan
dengan perkalian dengan benar.
6.
Dengan berdiskusi,
siswa dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang
dengan benar.
7.
Dengan bimbingan
guru, siswa dapat menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan
cacah sampai 100 dengan tepat.
8.
Dengan membaca teks
percakapan antara Beni, Tiur, dan Ibu, siswa dapat mengidentifikasi berbagai
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
9.
Dengan menggunakan
teks percakapan, siswa dapat mensimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku
di rumah dengan benar.
10.
Dengan melakukan
pengamatan, siswa dapat mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar
berdasarkan bentuknya dengan benar.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru bersama siswa berdoa,
membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al
Azhar.
2.
Guru menyapa siswa,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Menyanyikan lagu
dengan memperhatikan panjang pendek nadapada lagu.
2.
Membedakan panjang
pendek nada padalagu anak.
3.
Menyebutkan isi
teks pendek yang dibacakan berkaitan dengan keragamanbenda.
4.
Membaca kembali
teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda
5.
Mengubah
penjumlahan berulang kedalam bentuk perkalian.
6.
Menyebutkan isi
teks pendek yang dibacakan berkaitan dengan keragamanbenda.
7.
Mengidentifikasi
berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari dirumah.
8.
Melakukan
pengamatan sederhanatentang keragaman benda di lingkungan sekitar.
9.
Mengelompokkan
keragaman bendadi lingkungan sekitar berdasarkan bentuknya.
10.
Mensimulasikan
kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah.
Penutup
1.
Guru dan siswa merefleksikan
kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru memberikan
tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru bersama siswa
berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran
dan Alat Peraga
·
Buku Guru Tema II
Bermain di Lingkunganku
·
Buku Siswa Tema II
Bermasin di Lingkunganku
·
Buku Paket Bahasa
Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
·
Gambar Beni dan
Tiur bermain perahu kertas dan bermain simpai
·
Teks lagu
“Berdayung”
·
Teks “Bermain
Perahu Kertas”, “Bermain Simpai”.
·
Teks percakapan
“Beni, Tiur, dan Ibu”.
·
Stik es krim,
perahu kertas, kertas berwarna berbentuk lingkaran
Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Hari ini hari
Minggu.
Setelah membantu
ibu dan ayah,
Beni dan kakaknya,
Tiur, bermain bersama.
Mereka bermain
perahu kertas.
Beni dan Tiur asyik
bermain.
Sambil bermain,
mereka bernyanyi dengan riang
SBdP
Ketika bernyanyi,
kita mengeluarkan bunyi beraturan.Bunyi beraturan disebut nada. Ada nada yang
panjang dan ada yang pendek. Panjang pendek nada dapat dihitung. Satuan
hitungannya yaitu ketukan. Perhatikan panjang pendek nada berikut!
·
Nada 2 ketuk | 7 .
| 6 . |
Ada 1 buah titik di
belakangnya.
Jadi, nadanya diperpanjang
sebanyak 1 ketuk.
·
Nada 1 ketuk | 5 6
5 3 | 2 3 2 1 |
Tidak memiliki titik atau garis
di atasnya.
Matematika
Beni membuat 2 buah
perahu kertas.Tiur juga membuat 2 buah perahu kertas.Kemudian, ayah juga
membuat 2 buah perahukertas lagi.Jika digabungkan, berapa jumlah perahu
semuanya?
PPKn
Bermain di rumah ada aturannya, bermain tidak boleh lupa waktu.
Contoh Soal
1.
Bunyi beraturan
disebut . . .
2.
Panjang pendek nada
dapat dihitung.Satuan hitungannya yaitu . . .
3.
Apakah simpai itu?
5.
Amatilah gambar
sebuah simpai, lalu isi kolom berikut sesuai pengamatanmu!
6.
Dua kelompok anak
bermain lompat tali.Setiap kelompok terdiri atas 5 anak.
a. Kalimat perkaliannya adalah:
. . . x . . .
b. Nyatakan kalimat perkalian
tersebutdengan penjumlahan berulang!
.........................................................................
7.
Mengapa kita tidak
boleh lupa waktu dalam bermain?
8.
Apa akibatnya kalau
lupa waktu dalam bermain?
0 komentar:
Posting Komentar