RSS

BERMAIN DI LINGKUNGANKU TEMA 2 SUBTEMA 1 PB 1 DAN 2


Senin, 12 Agustus 2019
MATERI AJAR
Kelas               : II D
Semester          : I
Tema               : II / Bermain di Lingkunganku
Subtema          : I / Bermain di Lingkungan Rumah
Pembelajaran   : 1 dan 2

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.2 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.

SBdP
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.
4.2 Menampilkan pola irama sederhana melalui lagu anak-anak.

Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
4.4 Menyelesaikan masalah perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

PPKn
1.2 Menunjukkan sikap patuh aturan agama yang dianut dalam kehidupan sehari-haridi sekolah.
2.2 Melaksanakan aturan yang berlaku di rumah dantata tertib yang berlaku disekolah.
3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yangberlaku di sekolah.
4.2 Menceritakan kegiatan sesuai aturan dan tata tertib yang berlaku disekolah.

Tujuan Pembelajaran
1.        Dengan bimbingan guru, siswa dapat membedakan panjang pendek nada pada lagu anak menggunakan simbol dengan benar.
2.        Dengan bimbingan guru, siswa dapat menyanyikan lagu anak dengan memperhatikan panjang dan pendek nada pada lagu dengan benar.
3.        Dengan mendengarkan guru membaca teks “Bermain Perahu Kertas”, siswadapat menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan tepat.
4.        Dengan menggunakan teks “Bermain Perahu Kertas”, siswa dapat membaca kembali teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda dengan lafal dan intonasi yang tepat.
5.        Dengan mengamati contoh dan bimbingan guru, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan perkalian dengan benar.
6.        Dengan berdiskusi, siswa dapat menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar.
7.        Dengan bimbingan guru, siswa dapat menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasil bilangan cacah sampai 100 dengan tepat.
8.        Dengan membaca teks percakapan antara Beni, Tiur, dan Ibu, siswa dapat mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar.
9.        Dengan menggunakan teks percakapan, siswa dapat mensimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah dengan benar.
10.    Dengan melakukan pengamatan, siswa dapat mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan bentuknya dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.        Menyanyikan lagu dengan memperhatikan panjang pendek nadapada lagu.
2.        Membedakan panjang pendek nada padalagu anak.
3.        Menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan berkaitan dengan keragamanbenda.
4.        Membaca kembali teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda
5.        Mengubah penjumlahan berulang kedalam bentuk perkalian.
6.        Menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan berkaitan dengan keragamanbenda.
7.        Mengidentifikasi berbagai aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari dirumah.
8.        Melakukan pengamatan sederhanatentang keragaman benda di lingkungan sekitar.
9.        Mengelompokkan keragaman bendadi lingkungan sekitar berdasarkan bentuknya.
10.    Mensimulasikan kegiatan sesuai aturan yang berlaku di rumah.

Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
·           Buku Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·           Buku Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·           Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
·           Gambar Beni dan Tiur bermain perahu kertas dan bermain simpai
·           Teks lagu “Berdayung”
·           Teks “Bermain Perahu Kertas”, “Bermain Simpai”.
·           Teks percakapan “Beni, Tiur, dan Ibu”.
·           Stik es krim, perahu kertas, kertas berwarna berbentuk lingkaran

Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Hasil gambar untuk TIUR BENI BERMAIN PERAHU
Hari ini hari Minggu.
Setelah membantu ibu dan ayah,
Beni dan kakaknya, Tiur, bermain bersama.
Mereka bermain perahu kertas.
Beni dan Tiur asyik bermain.
Sambil bermain, mereka bernyanyi dengan riang
SBdP
Hasil gambar untuk TIUR BENI BERMAIN PERAHU 
Ketika bernyanyi, kita mengeluarkan bunyi beraturan.Bunyi beraturan disebut nada. Ada nada yang panjang dan ada yang pendek. Panjang pendek nada dapat dihitung. Satuan hitungannya yaitu ketukan. Perhatikan panjang pendek nada berikut!
·           Nada 2 ketuk | 7 . | 6 . |
Ada 1 buah titik di belakangnya.
Jadi, nadanya diperpanjang sebanyak 1 ketuk.
·           Nada 1 ketuk | 5 6 5 3 | 2 3 2 1 |
Tidak memiliki titik atau garis di atasnya.

Matematika
Beni membuat 2 buah perahu kertas.Tiur juga membuat 2 buah perahu kertas.Kemudian, ayah juga membuat 2 buah perahukertas lagi.Jika digabungkan, berapa jumlah perahu semuanya?

Hasil gambar untuk TIUR BENI BERMAIN PERAHU

PPKn

Hasil gambar untuk ATURAN BERMAIN DI RUMAH

Bermain di rumah ada aturannya, bermain tidak boleh lupa waktu.

Contoh Soal
1.        Bunyi beraturan disebut . . .
2.        Panjang pendek nada dapat dihitung.Satuan hitungannya yaitu . . .
3.        Apakah simpai itu?
4.        Bagaimanakah bentuk simpai?
5.        Amatilah gambar sebuah simpai, lalu isi kolom berikut sesuai pengamatanmu!
6.        Dua kelompok anak bermain lompat tali.Setiap kelompok terdiri atas 5 anak.
a. Kalimat perkaliannya adalah: . . . x . . .
b. Nyatakan kalimat perkalian tersebutdengan penjumlahan berulang!
.........................................................................
7.        Mengapa kita tidak boleh lupa waktu dalam bermain?
8.    Apa akibatnya kalau lupa waktu dalam bermain?

0 komentar:

Posting Komentar