Selasa, 26 -11-
2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II D
Semester :
I
Tema :
II / Bermain di Lingkunganku
Subtema : I
/ Bermain di Lingkungan Rumah
Pembelajaran : 3
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakatadan
konsep tentangkeragaman bendaberdasarkan bentuk danwujudnya dalam
bahasaIndonesia atau bahasadaerah melalui teks tulis,lisan, visual,
dan/ataueksplorasi lingkungan.
4.2 Melaporkan
penggunaankosakata bahasaIndonesia yang tepatatau bahasa daerah hasilpengamatan
tentangkeragaman bendaberdasarkan bentuk danwujudnya dalam bentukteks tulis,
lisan, danvisual.
SBdP
3.2 Mengenal pola
iramasederhana melalui laguanak-anak.
4.2 Menampilkan pola
iramasederhana melalui laguanak-anak.
Matematika
3.4 Menjelaskan perkaliandan
pembagian yangmelibatkan bilangancacah dengan hasil kalisampai dengan 100dalam
kehidupan sehari-hariserta mengaitkanperkalian dan pembagian.
4.4 Menyelesaikan
masalahperkalian dan pembagianyang melibatkan bilangancacah dengan hasil
kalisampai dengan 100dalam kehidupan sehari-hariserta mengaitkanperkalian dan
pembagian.
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan bimbingan
guru, siswa dapat menentukan tekanan kuat dan lemahpada lagu anak berbirama dua
atau tiga dengan benar.
2.
Dengan bimbingan
guru, siswa dapat memainkan/menyuarakan tekanankuat dan lemah pada lagu anak
berbirama dua atau tiga dengan benar.
3.
Dengan membaca teks
“Benda-benda di Sekitar Kita”, siswa dapatmenemukan kosakata yang berkaitan
dengan keragaman bendaberdasarkan bentuknya dengan benar.
4.
Dengan berdiskusi,
siswa dapat menjelaskan makna kosakata yangberkaitan dengan keragaman benda
berdasarkan bentuknya dengan tepat.
5.
Dengan melakukan
pengamatan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatansederhana tentang keragaman
benda di lingkungan sekitar denganejaan yang tepat.
6.
Dengan mengamati
contoh dan bimbingan guru, siswa dapat menyatakankalimat matematika yang
berkaitan dengan masalah tentang perkaliandengan benar.
7.
Dengan mengamati
contoh, siswa dapat menyatakan perkalian duabilangan sebagai penjumlahan
berulang dengan benar.
8.
Dengan menyatakan
perkalian dua bilangan sebagai penjumlahanberulang, siswa dapat menghitung hasil
kali dua bilangan dengan hasilbilangan cacah sampai 100 dengan benar.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru bersama siswa
berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars
Al Azhar.
2.
Guru menyapa siswa,
menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Menyanyikan lagu
denganmemperhatikan tekanan kuat dan lemahpada lagu anak.
2.
Menemukan dan
menjelaskan maknakosakata yang berkaitan dengankeragaman benda.
3.
Menuliskan hasil
pengamatan sederhanatentang keragaman benda di lingkungansekitar.
4.
Memecahkan masalah
sehari-hari yangmelibatkan perkalian.
Penutup
1.
Guru dan siswa
merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru memberikan
tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru bersama siswa
berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran
dan Alat Peraga
·
Buku Guru Tema II
Bermain di Lingkunganku
·
Buku Siswa Tema II
Bermasin di Lingkunganku
·
Buku Paket Bahasa
Indonesia, SBdP, dan Matematika
- 1.Tidak mematuhi aturan dapat ..... diri sendiri dan orang lain.
- A.Menguntungkan
- B.Merugikan
- C.Membahagiakan
- 2.5 + 5 + 5 + 5 + 5 + 5 = .... x .... = .... Bentuk perkalian yang tepat dari penjumlahan di atas adalah ....
- A.6 x 5 = 30
- B.5 x 5 = 25
- C.5 x 6 = 30
- 3.9 + 9 + 9 + 9 = .... x .... = .... Bentuk perkalian yang tepat dari penjumlahan di atas adalah ....
- A.9 x 4 = 36
- B.9 x 9 = 81
- C.4 x 9 = 36
- 4.4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 = .... x .... = .... Bentuk perkalian yang tepat dari penjumlahan di atas adalah ....
- A.4 x 7 = 28
- B.4 x 8 = 32
- C.7 x 4 = 28
- 5.9 x 5 = .... Hasil dari perkalian di atas adalah ....
- A.42
- B.45
- C.48
- 6.8 x 0 = .... Hasil dari perkalian di atas adalah ....
- A.8
- B.80
- C.0
- 7.Bayu mempunyai 3 kotak kelereng. Setiap kotak berisi 8 kelereng. Bentuk perkalian dari jumlah kelereng Bayu pada cerita di atas adalah ....
- A.3 x 8 = 24
- B.8 x 8 = 64
- C.8 x 3 = 24
- 8.Siska membeli 5 bungkus roti untuk dibagikan kepada teman-temannya Setiap bungkus tersebut berisi 8 roti. Bentuk perkalian dari jumlah roti yang diberli Siska dari cerita di atas adalah ....
- A.8 + 5 = 13
- B.5 x 8 = 40
- C.8 x 5 = 40
- 9.Di halaman rumah ada tujuh anak perempuan yang sedang bermain Setiap anak membawa 5 bola bekel. Jumlah bola bekel dari cerita di atas adalah ....
- A.35
- B.42
- C.36
- 10.Bu Ani menyajikan 4 piring kue di atas meja Setiap piring berisi 8 kue Berapa jumlah kue yang disajikan Bu Ani di atas meja?
- A.36
- B.35
- C.32
- 11.Memasuki rumah milik teman harus ....
- A.Langsung masuk
- B.Memberi salam dahulu
- C.Lewat belakang
- 12.Perbuatan di bawah ini yang mencerminkan sikap mematuhi aturan adalah ....
- A.Membuang sampah sembarangan
- B.Menggunakan sepeda orang tanpa izin
- C.Mengendarai sepeda di jalan pada lajur kiri
- 13.Benda di bawah ini yang termasuk benda padat adalah ....
- A.Minyak
- B.Batu
- C.Air
- 14.Benda padat jika dipindahkan mempunyai bentuk yang ....
- A.Tetap
- B.Selalu berubah
- C.Selalu berganti
- 15.Bentuk benda cair menyerupai ....
- A.Bentuk wadahnya
- B.Benda di atasnya
- C.Benda di sampingnya
- 16.Benda gas tidak dapat dilihat namun dapat ....
- A.Dipegang
- B.Dirasakan
- C.Diikat
- 17.Bentuk dan volume benda gas adalah ....
- A.Berubah-ubah
- B.Tetap
- C.Selalu sama
- 18.Contoh benda yang berisi benda gas adalah ....
- A.Ember berisi air
- B.Balon berisi udara
- C.Gelas berisi es batu
Advertisement
Advertisement
5 komentar:
Soal nya terlalu banyak jadi aku ngerjain nya 1 jam
Bu guru mah ngasih soalnya terlalu banyak
Langsung jawaban ny ja y bu karena anakny klo udh kebanykan nulis lsg mengeluh hehe....
Maaf bu, soalnya saya yg tuliskan, anakny tinggal isi. Anakny smpe nangis nulisny terlalu banyak.
Kata bu tri 10 soal aja yg dikerjakan ma..
Posting Komentar