JUM AT, 29 - 11-2019
BAHAN AJAR
Kelas : IID
Semster : I
TEMA : 1 ( Hidup Rukun )
Sub
Tema : 1 (Hidup Rukun DI tempat
bermain)
Jam
pertemuan : 1-7
Pembelajaran
: p1 sampai p6
Bahasa
Indonesia
Kompetensi
Dasar 3 .1
Indikator pencapaian kompentensi 3.1.1
Matematika
KD:3.3
Indikator:
3.2.2
SBDP
KD : 3.4
Indikator:
3.3.1
PKN
3.1
3.1.1
Tujuan
Pembelajaran
Dengan
diberikan teks tentang hidup rukun , siswa dapat menyebutkan kembali penolakan
dalam teks cerita yang disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan
bahasa yang santun.
Dengan
diberikanya contoh karya hiasan dari bahan alami , siswa dapat mengidentifikasi
ciri ciri karya hiasan dengan bahan
alami dengan benar.
Dengan
diberikanya kumpulan benda kongkrit , siswa dapat melakukan penjumlahan dua
bilangan dengan cara pendek dengan tepat.
Dengan diberikan teks cerita tentang hidup
rukun ,siswa dapat menunjukan contoh prelaku di masyarakat yang sesuai dengan
sila kedua pancasila dengan benar.
Langkah Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Di
awal pembelajaran , guru menyapa siswa ,menanyakan kabar, dan ngecek kehadiran
siswa
Guru
mengimpomasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
Guru
mengimpomasikan tujuan pembelajaran yang akan capai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Kegiatan Inti
Siswa
mengamati gambar tentang gotong royong warga membersihkan lingkungan tempat
tinggal
Siswa
mengamati kalimat yang menunjukan kalimat ajakan
Siswa
menemukan kalimat yang menolak ajakan tersebut.
Siswa
berlatih menetukan jumlah dan selisih bilangan
Penutup
Jika semua siswa telah selesai ,
guru dan siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
Guru
mrmberikan beberapa pertanyaan sebagai berikut:
Apa
yang kamu pelajari hari ini?
Informasi
apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut
Bagaimana
caramu untuk mendapatkan informasi itu?
Sumber
pembelajaran / Alat praga
Contoh hidup rukun di tempat bermain
Hidup Rukun adalah hidup yang nyaman tentram dan damai, saling menyayangi dan menghormati antar sesama manusia, tanpa membeda bedakan antar manusia.
merupakan sebuah konsep hidup damai aman dan tentram dimana terciptanya hidup yang saling hormat menghormati, saling sayang menyayangi satu sama lain. dan tidak memandang sebuah perbedaan meski memiliki latar belakang yang beragam sekalipun seperti agama, suku, kebiasaan, pendapat, prinsip, ide dan lain sebagainya.Hidup rukun ini harus diterapkan pada semua lingkup kehidupan bermasyarakat, mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan pertemanan, lingkungan masyarakat hingga lingkungan berbangsa dan bernegara.
Contoh Hidup Rukun
SOAL LATIHAN
1. Hidup rukun dengan tetangga akan membuat suasana menjadi ….
a. Takut
b. Rusuh
c. Damai
a. Takut
b. Rusuh
c. Damai
2. Kerukunan di masyarakat contohnya adalah ….
a. Saling bertengkar
b. Saling gotong-royong
c. Saling menghina
a. Saling bertengkar
b. Saling gotong-royong
c. Saling menghina
3. Warga desa Tambakromo sangat rukun dan sering tolong menolong merawat lingkungan.
Sehingga lingkungan mereka menjadi ….
a. Kotor
b. Kumuh
c. Bersih
Sehingga lingkungan mereka menjadi ….
a. Kotor
b. Kumuh
c. Bersih
4. Jika ada yang terkena musibah sebaiknya kita ….
a. Bantu semampunya
b. Ejek
c. Biarkan
a. Bantu semampunya
b. Ejek
c. Biarkan
5. Tempat yang tepat untuk membuang sampah adalah di ….
a. Sungai
b. Sawac. Tempat sampah
a. Sungai
b. Sawac. Tempat sampah
6. Sampah yang dibuang ke saluran air bisa menyebabkan ….
a. Banjir
b. Air jadi jernih
c. Banyak ikan
a. Banjir
b. Air jadi jernih
c. Banyak ikan
7. Jika ada teman kita yang akan membuang sampah ke sungai, maka sebaiknya ….
a. Dibantu
b. Dilarang
c. Disemangati
a. Dibantu
b. Dilarang
c. Disemangati
8. Para warga membersihkan sampah yang menumpuk di pinggir jalan.
Sampah yang menumpuk bisa menjadi sarang ….
a. Penyakit
b. Lebah
c. Ikan
Sampah yang menumpuk bisa menjadi sarang ….
a. Penyakit
b. Lebah
c. Ikan
9. Andi mengajak Bayu untuk mengejek Bagas yang jatuh dari sepeda.
Bayu menolaknya, hal itu karena saling mengejek itu perbuatan yang ….
a. Baik sekali
b. Bisa merusak kerukunan
c. Sangat menyenangkan
Bayu menolaknya, hal itu karena saling mengejek itu perbuatan yang ….
a. Baik sekali
b. Bisa merusak kerukunan
c. Sangat menyenangkan
10. Rani mengajak Sinta membuang sampah di selokan.
Sinta dapat menolak ajakan Rani secara benar dengan berkata ….
a. Aku tidak bersedia, hal itu sangat seru sekali.
b. Aku tidak mau, aku ingin membuangnya di sungai.
c. Aku tidak mau, hal itu bisa menyebabkan banjir.
Sinta dapat menolak ajakan Rani secara benar dengan berkata ….
a. Aku tidak bersedia, hal itu sangat seru sekali.
b. Aku tidak mau, aku ingin membuangnya di sungai.
c. Aku tidak mau, hal itu bisa menyebabkan banjir.
11. Dina mengusulkan pada Riska untuk ikut kerja bakti bersama-sama pada hari minggu di desanya.
Riska dapat menyetujui ajakan Dina dengan berkata ….
a. Aku setuju, itu kegiatan yang bermanfaat sekali.
b. Aku senang sekali, namun aku ada jadwal renang.
c. Aku setuju, tetapi aku tidak bisa ikut kerja bakti.
Riska dapat menyetujui ajakan Dina dengan berkata ….
a. Aku setuju, itu kegiatan yang bermanfaat sekali.
b. Aku senang sekali, namun aku ada jadwal renang.
c. Aku setuju, tetapi aku tidak bisa ikut kerja bakti.
12. Dika : “Rudi, ini aku punya kue bolu. Kamu mau?”
Rudi : “ Maaf Dik, saat ini aku sedang sakit perut.”
Kalimat yang diucapkan Rudi di atas termasuk kalimat ….
a. Penolakan
b. Persetujuaan
c. Perjanjian
Rudi : “ Maaf Dik, saat ini aku sedang sakit perut.”
Kalimat yang diucapkan Rudi di atas termasuk kalimat ….
a. Penolakan
b. Persetujuaan
c. Perjanjian
13. Bunyi sila pertama Pancasila adalah ….
a. Persatuan Indonesia
b. Kemanusiaan yang adil dan beradab
c. Ketuhanan Yang Maha Esa
a. Persatuan Indonesia
b. Kemanusiaan yang adil dan beradab
c. Ketuhanan Yang Maha Esa
14. Contoh sikap berikut ini yang mencerminkan sila kedua Pancasila adalah ….
a. Suka berdiskusi ketika ada masalah
b. Beribadah dengan tepat waktu
c. Bersikap sopan dengan semua orang
a. Suka berdiskusi ketika ada masalah
b. Beribadah dengan tepat waktu
c. Bersikap sopan dengan semua orang
15. Kegiatan masyarakat berikut ini yang dapat menjaga persatuan Indonesia adalah ….
a. Lari pagi secara rutin
b. Ronda malam bersama-sama
c. Bekerja siang malam
a. Lari pagi secara rutin
b. Ronda malam bersama-sama
c. Bekerja siang malam
16. Masyarakat di desa Sukarukun terdiri dari beberapa agama, sikap yang baik dalam menjaga kerukunan antara lain adalah ….
a. Saling menghargai
b. Saling membandingkanc. Sali
a. Saling menghargai
b. Saling membandingkanc. Sali
c. Semua orang
18. Contoh kegiatan gotong-royong yang sebaiknya tidak dilakukan antara lain adalah ….
a. Gotong-royong mencuri buah mangga
b. Gotong-royong membersihkan masjid
c. Gotong royong membangun jembatan
a. Gotong-royong mencuri buah mangga
b. Gotong-royong membersihkan masjid
c. Gotong royong membangun jembatan
19. Ketua RT meminta warga selalu bermusyawarah ketika ada masalah antar warga, karena setiap masalah seharusnya bisa diselesaikan dengan ….
a. Bertengkar
b. Baik-baik
c. Minta uang
a. Bertengkar
b. Baik-baik
c. Minta uang
20. 354 – 123 – 210 = ….
Hasil dari operasi hitung di atas adalah ….
a. 22
b. 21
c. 25
Hasil dari operasi hitung di atas adalah ….
a. 22
b. 21
c. 25
21. 217 + 105 – 172 = …..
Hasil dari operasi hitung di atas adalah ….
a. 150
b. 149
c. 151
Hasil dari operasi hitung di atas adalah ….
a. 150
b. 149
c. 151
22. Pada hari pertama panen Kebun Pak Bambang mampu menghasilkan jumlah mangga seberat 398 Kg. Pak Bambang lalu menjualnya ke Pasar seberat 254 Kg. Pada hari kedua ia mampu panen lagi seberat 125 Kg. Jadi sekarang jumlah mangga yang masih tersisa seberat …. Kg.
a. 258
b. 279
c. 269
a. 258
b. 279
c. 269
23. Di perpustakaan terdapat 137 buku cerita, 213 buku pengetahuan dan 73 buku latihan soal. Jumlah ketiga buku di atas adalah ….
a. 473
b. 423
a. 473
b. 423
c. 277
24. Jumlah buah apel di toko Segarjaya mula-mula adalah 378 buah. Hari senin terjual 132 buah dan pada hari selasa terjual 125 buah. Sisa buah apel di toko Segarjaya berjumlah …. buah
a. 131
b. 123
c. 121
a. 131
b. 123
c. 121
25. Alisa mempunyai pita sepanjang 235 cm. Ia membeli lagi sepanjang 125 cm. Kemudian ia menggunakannya untuk menghias kado sepanjang 164 cm. Sisa panjang pita yang dimiliki Alisa adalah …. cm
a. 196
b. 186
c. 195
a. 196
b. 186
c. 195
Jika ingin mendownload soal ini, berikut linknya :
Jika ingin mengerjakan soal pilihan gandanya secara online dengan langsung ternilai secara online, silahkan dicoba :
B. JAWABLAH PERTANYAAN-PERTANYAAN BERIKUT INI DENGAN BENAR!
1. Jika ada tetangga yang sakit sebaiknya kita ….
2. Menjaga kerukunan di masyarakat adalah kewajiban ….
3. Sampah yang berserakan bisa menyebabkan bau ….
4. Lingkungan yang bersih bisa mendukung tubuh menjadi tetap ….
5. Menolak ajakan teman sebaiknya dengan kalimat yang ….
6. Kegiatan gotong royong sangat baik dilakukan masyarakat, karena dapat ….. kerukunan.
7. Bunyi sila kedua Pancasila adalah …..
8. Jika ada tetangga yang beribadah sesuai agamannya, maka sikap kita tidak boleh ….
9. Gotong-royong dapat membuat pekerjaan yang berat menjadi terasa lebih ….
10. 185 + 214 – 257 = …..
Hasil dari operasi hitung di atas adalah …..
Hasil dari operasi hitung di atas adalah …..
11. 368 – 226 + 312 = …..
Hasil dari operasi hitung di atas adalah …..
Hasil dari operasi hitung di atas adalah …..
12. Bu Sari membuat tiga jenis kue. Kue bolu sebanyak 120, kue donat sebanyak 86 dan kue lapis sebanyak 75. Jumlah semua kue yang dibuat Bu Sari adalah ….
13. Rosi mempunyai 329 butir kelereng. Ia memberikannya kepada Budi sebanyak 115 butir dan kepada Santoso sebanyak 92 butir. Sisa kelereng Rosi berjumlah ….
14. Rani mempunyai pita sepanjang 358 cm. Ia memakainya untuk membuat hiasan dinding sepanjang 235 cm. Kemudian besoknya Rani membeli pita lagi sepanjang 274 cm. Panjang pita yang dimiliki Rani sekarang adalah …. cm
15. Berilah contoh kegiatan di masyarakat yang mencerminkan kerukunan!
Jika ingin mendownload soal ini, berikut linknya :
Jika ingin mengerjakan soal pilihan gandanya secara online dengan langsung ternilai secara online, silahkan dicoba :
KUNCI JAWABAN SOAL ULANGAN TEMATIK
KELAS 2 SD TEMA 1 HIDUP RUKUN
SUBTEMA 4 HIDUP RUKUN DI MASYARAKAT
A. JAWABAN
1. c. Damai
2. b. Saling gotong-royong
3. c. Bersih
4. a. Bantu semampunya
5. c. Tempat sampah
6. a. Banjir
7. b. Dilarang
8. a. Penyakit
9. b. Bisa merusak kerukunan
10. c. Aku tidak mau, hal itu bisa menyebabkan banjir.
11. a. Aku setuju, itu kegiatan yang bermanfaat sekali.
12. a. Penolakan
13. c. Ketuhanan Yang Maha Esa
14. c. Bersikap sopan dengan semua orang
15. b. Ronda malam bersama-sama
16. a. Saling menghargai
17. c. Semua orang
18. a. Gotong-royong mencuri buah mangga
19. b. Baik-baik
20. b. 21
21. a. 150
22. c. 269
23. b. 423
24. c. 121
25. a. 196
2. b. Saling gotong-royong
3. c. Bersih
4. a. Bantu semampunya
5. c. Tempat sampah
6. a. Banjir
7. b. Dilarang
8. a. Penyakit
9. b. Bisa merusak kerukunan
10. c. Aku tidak mau, hal itu bisa menyebabkan banjir.
11. a. Aku setuju, itu kegiatan yang bermanfaat sekali.
12. a. Penolakan
13. c. Ketuhanan Yang Maha Esa
14. c. Bersikap sopan dengan semua orang
15. b. Ronda malam bersama-sama
16. a. Saling menghargai
17. c. Semua orang
18. a. Gotong-royong mencuri buah mangga
19. b. Baik-baik
20. b. 21
21. a. 150
22. c. 269
23. b. 423
24. c. 121
25. a. 196
LIHAT JUGA SOAL INI DALAM BENTUK VIDEO :
B. JAWABAN
1. Jenguk
2. Semua orang / semua warga
3. Busuk
4. Sehat
5. Sopan
6. Memperkuat / membina
7. Kemanusiaan yang adil dan beradab
8. Mengganggunya / menghinanya / mengejeknya.
9. Ringan
10. 142
11. 454
12. 120 + 86 + 75 = 281 kue
13. 329 – 115 – 92 = 120 butir
14. 358 – 234 + 275 = 124 + 275 = 399 cm
15. Kerja bakti membangun jalan, gotong royong membersihkan sungai, kerja bakti membangun pos ronda.
2. Semua orang / semua warga
3. Busuk
4. Sehat
5. Sopan
6. Memperkuat / membina
7. Kemanusiaan yang adil dan beradab
8. Mengganggunya / menghinanya / mengejeknya.
9. Ringan
10. 142
11. 454
12. 120 + 86 + 75 = 281 kue
13. 329 – 115 – 92 = 120 butir
14. 358 – 234 + 275 = 124 + 275 = 399 cm
15. Kerja bakti membangun jalan, gotong royong membersihkan sungai, kerja bakti membangun pos ronda.
- Soal Tematik Online Kelas 5 SD Tema 9 Subtema 3 Manusia dan Benda di Lingkungannya Langsung Ada Nilainya
- Download Soal Tematik Kelas 2 SD Tema 1 Subtema 4 Hidup Rukun di Masyarakat dan Kunci Jawaban
Anda Juga Mungkin Suka
Berlangganan Artikel Via Email
Dapatkan notifikasi postingan soal dan materi terbaru dari Bimbel Brilian secara gratis melalui email anda. Silahkan ketikkan alamat email anda, lalu klik berlangganan. Kemudian jangan lupa cek kotak masuk pada emailnya, untuk mengaktifkan fitur pengiriman notifikasi secara otomatis.
prediksi bola
togel online
bola jalan
bandarq
dominoqq