6 November 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II
Semester :
I
Tema :
IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : III
/ Hidup
Bersih dan Sehat di Tempat Bermain
Pembelajaran : 4
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan
konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
SBdP
3.1
Memahami karya
imajinatif dua dan tiga dimensi.
Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.
Tujuan
Pembelajaran
- Melalui penugasan, siswa dapat membaca
teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat
menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibaca
berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan (dapat
dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara
tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang
lingkungan tidak sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca
dengan benar.
- Dengan mengamati gambar dan lingkungan sekitar, siswa dapat menuliskan
hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan
ejaan yang tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana
tentang lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
- Dengan mengamati gambar dan model patung imajinatif, siswa dapat
mengidentifikasi ciri-ciri karya patung imajinatif menggunakan bahan alami
dengan tepat.
- Dengan mengamati karya membentuk imajinatif, siswa dapat
mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya patung imajinatif
menggunakan bahan alami dengan tepat.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakanbahan
alami untuk membuat karya membentuk imajinatif dengan tepat.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah
membuat karya membentuk imajinatif menggunakan bahan alami dengan teliti.
- Melalui penugasan, siswa dapat membuat karya patung imajinatif
berdasarkan pengalaman sendiri dengan bahan alami secara tepat.
- Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan
rusuk, sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.
- Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan
banyak rusuk, sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.
- Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat
mengelompokan benda di sekitar yang termasuk bangun ruang dengan benar.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Siswa mengerjakan
soal-soal evaluasi yang berhubungan dengan banyak sisi, rusuk, dan titik sudut
pada bangun ruang.
2.
Mengoreksi kebenaran
jawaban siswa.
3.
Bertanya jawab
tentang materi yang belum dipahami siswa.
4.
Memberikan penguatan
dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
·
Gambar
halaman sekolah yang tidak sehat
·
Gambar
bangun datar
·
Gambar
gerakan menari sambil menyapu lantai
Materi
Pembelajaran
0 komentar:
Posting Komentar