JUM AT, 22 - 11-2019
BAHAN AJAR
Kelas : IID
Semster : I
TEMA : 1 ( Hidup Rukun )
Sub
Tema : 1 (Hidup Rukun DI tempat
bermain)
Jam
pertemuan : 1-7
Pembelajaran
: p1 sampai p6
Bahasa
Indonesia
Kompetensi
Dasar 3 .1
Indikator pencapaian kompentensi 3.1.1
Matematika
KD:3.3
Indikator:
3.2.2
SBDP
KD : 3.4
Indikator:
3.3.1
PKN
3.1
3.1.1
Tujuan
Pembelajaran
Dengan
diberikan teks tentang hidup rukun , siswa dapat menyebutkan kembali penolakan
dalam teks cerita yang disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan
bahasa yang santun.
Dengan
diberikanya contoh karya hiasan dari bahan alami , siswa dapat mengidentifikasi
ciri ciri karya hiasan dengan bahan
alami dengan benar.
Dengan
diberikanya kumpulan benda kongkrit , siswa dapat melakukan penjumlahan dua
bilangan dengan cara pendek dengan tepat.
Dengan diberikan teks cerita tentang hidup
rukun ,siswa dapat menunjukan contoh prelaku di masyarakat yang sesuai dengan
sila kedua pancasila dengan benar.
Langkah Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Di
awal pembelajaran , guru menyapa siswa ,menanyakan kabar, dan ngecek kehadiran
siswa
Guru
mengimpomasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
Guru
mengimpomasikan tujuan pembelajaran yang akan capai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Kegiatan Inti
Siswa
mengamati gambar tentang gotong royong warga membersihkan lingkungan tempat
tinggal
Siswa
mengamati kalimat yang menunjukan kalimat ajakan
Siswa
menemukan kalimat yang menolak ajakan tersebut.
Siswa
berlatih menetukan jumlah dan selisih bilangan
Penutup
Jika semua siswa telah selesai ,
guru dan siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
Guru
mrmberikan beberapa pertanyaan sebagai berikut:
Apa
yang kamu pelajari hari ini?
Informasi
apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut
Bagaimana
caramu untuk mendapatkan informasi itu?
Sumber
pembelajaran / Alat praga
Contoh hidup rukun di bermain
Pengertian Hidup Rukun
merupakan sebuah konsep hidup damai aman dan tentram dimana terciptanya hidup yang saling hormat menghormati, saling sayang menyayangi satu sama lain. dan tidak memandang sebuah perbedaan meski memiliki latar belakang yang beragam sekalipun seperti agama, suku, kebiasaan, pendapat, prinsip, ide dan lain sebagainya.Hidup rukun ini harus diterapkan pada semua lingkup kehidupan bermasyarakat, mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan pertemanan, lingkungan masyarakat hingga lingkungan berbangsa dan bernegara.
soal latihan
1. Hidup rukun dengan tetangga akan membuat suasana menjadi ….
a. Takut
b. Rusuh
c. Damai
a. Takut
b. Rusuh
c. Damai
2. Kerukunan di masyarakat contohnya adalah ….
a. Saling bertengkar
b. Saling gotong-royong
c. Saling menghina
a. Saling bertengkar
b. Saling gotong-royong
c. Saling menghina
3. Warga desa Tambakromo sangat rukun dan sering tolong menolong merawat lingkungan.
Sehingga lingkungan mereka menjadi ….
a. Kotor
b. Kumuh
c. Bersih
Sehingga lingkungan mereka menjadi ….
a. Kotor
b. Kumuh
c. Bersih
4. Jika ada yang terkena musibah sebaiknya kita ….
a. Bantu semampunya
b. Ejek
c. Biarkan
a. Bantu semampunya
b. Ejek
c. Biarkan
5. 354 – 123 – 210 = ….
Hasil dari operasi hitung di atas adalah ….
a. 22
b. 21
c. 25
Hasil dari operasi hitung di atas adalah ….
a. 22
b. 21
c. 25
6.. 217 + 105 – 172 = …..
Hasil dari operasi hitung di atas adalah ….
a. 150
b. 149
c. 151
Hasil dari operasi hitung di atas adalah ….
a. 150
b. 149
c. 151
7.. Pada hari pertama panen Kebun Pak Bambang mampu menghasilkan jumlah mangga seberat 398 Kg. Pak Bambang lalu menjualnya ke Pasar seberat 254 Kg. Pada hari kedua ia mampu panen lagi seberat 125 Kg. Jadi sekarang jumlah mangga yang masih tersisa seberat …. Kg.
a. 258
b. 279
c. 269
a. 258
b. 279
c. 269
8.. Di perpustakaan terdapat 137 buku cerita, 213 buku pengetahuan dan 73 buku latihan soal. Jumlah ketiga buku di atas adalah ….
a. 473
b. 423
c. 277
a. 473
b. 423
c. 277
1 komentar:
Trimakasih bu tri
Posting Komentar