RSS

JUM AT, 22  - 11-2019
BAHAN AJAR
Kelas               : IID
Semster           : I
TEMA             : 1 ( Hidup Rukun )
Sub Tema        : 1 (Hidup Rukun DI tempat bermain)
Jam pertemuan : 1-7
Pembelajaran             : p1 sampai p6
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar 3 .1
 Indikator pencapaian kompentensi  3.1.1
Matematika
KD:3.3
Indikator: 3.2.2
SBDP
KD      : 3.4
Indikator: 3.3.1
PKN
3.1
3.1.1
Tujuan Pembelajaran
Dengan diberikan teks tentang hidup rukun , siswa dapat menyebutkan kembali penolakan dalam teks cerita yang disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.
Dengan diberikanya contoh karya hiasan dari bahan alami , siswa dapat mengidentifikasi ciri  ciri karya hiasan dengan bahan alami dengan benar.
Dengan diberikanya kumpulan benda kongkrit , siswa dapat melakukan penjumlahan dua bilangan dengan cara pendek dengan tepat.
 Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun ,siswa dapat menunjukan contoh prelaku di masyarakat yang sesuai dengan sila kedua pancasila dengan benar.
Langkah Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Di awal pembelajaran , guru menyapa siswa ,menanyakan kabar, dan ngecek kehadiran siswa
Guru mengimpomasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
Guru mengimpomasikan tujuan pembelajaran yang akan capai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Kegiatan Inti
Siswa mengamati gambar tentang gotong royong warga membersihkan lingkungan tempat tinggal
Siswa mengamati kalimat yang menunjukan kalimat ajakan
Siswa menemukan kalimat yang menolak ajakan tersebut.
Siswa berlatih menetukan jumlah dan selisih bilangan
Penutup
Jika semua siswa telah selesai , guru dan siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
Guru mrmberikan beberapa pertanyaan sebagai berikut:
Apa yang kamu pelajari hari ini?
Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut
Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi itu?
Sumber  pembelajaran / Alat praga

Contoh hidup rukun di bermain

Pengertian Hidup Rukun


Hidup Rukun merupakan sebuah konsep hidup damai aman dan tentram dimana terciptanya hidup yang saling hormat menghormati, saling sayang menyayangi satu sama lain. dan tidak memandang sebuah perbedaan meski memiliki latar belakang yang beragam sekalipun seperti agama, suku, kebiasaan, pendapat, prinsip, ide dan lain sebagainya.Hidup rukun ini harus diterapkan pada semua lingkup kehidupan bermasyarakat, mulai dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan pertemanan, lingkungan masyarakat hingga lingkungan berbangsa dan bernegara.
soal latihan
1. Hidup rukun dengan tetangga akan membuat suasana menjadi ….
a. Takut
b.  Rusuh
c. Damai

2. Kerukunan di masyarakat contohnya adalah ….
a. Saling bertengkar
b. Saling gotong-royong
c. Saling menghina
3. Warga desa Tambakromo sangat rukun dan sering tolong menolong merawat lingkungan.
Sehingga lingkungan mereka menjadi ….
a. Kotor
b. Kumuh
c. Bersih
4. Jika ada yang terkena musibah sebaiknya kita ….
a. Bantu semampunya
b. Ejek
c. Biarkan

5. 354 – 123 – 210 = ….
Hasil dari operasi hitung di atas adalah ….
a. 22
b. 21
c. 25

6.. 217 + 105 – 172 = …..
Hasil dari operasi hitung di atas adalah ….
a. 150
b. 149
c. 151
7.. Pada hari pertama panen Kebun Pak Bambang mampu menghasilkan jumlah mangga seberat 398 Kg. Pak Bambang lalu menjualnya ke Pasar seberat 254 Kg. Pada hari kedua ia mampu panen lagi seberat 125 Kg. Jadi sekarang jumlah mangga yang masih tersisa seberat …. Kg.
a. 258
b. 279
c. 269
8.. Di perpustakaan terdapat 137 buku cerita, 213 buku pengetahuan dan 73 buku latihan soal.  Jumlah ketiga buku di atas adalah ….
a. 473
b. 423
c. 277









1 komentar:

yeni mengatakan...

Trimakasih bu tri

Posting Komentar