5 November 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II
Semester :
I
Tema :
IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : III
/ Hidup Bersih dan Sehat di tempat Bermain
Pembelajaran : 3
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan
konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
SBdP
3.1
Memahami karya
imajinatif dua dan tiga dimensi.
Matematika
3.9 Menjelaskan ruas garis dengan menggunakan model
konkret bangun datar dan bangun ruang
Tujuan Pembelajaran
- Melalui mengamati gambar dan model patung, siswa dapat
mengidentifikasi ciri-ciri karya patung imajinatif menggunakan bahan alami
dengan tepat.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi bahan alami untuk
membuat karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan
bahan alami untuk membuat karya patung imajinatif dengan tepat.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah
membuat karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat membuat karya patung imajinatif
berdasarkan pengalaman sendiri menggunakan bahan alami dengan benar.
- Dengan mengamati model bangun ruang, siswa dapat menentukan ruas garis
yang membatasi model bangun ruang dengan benar.
- Dengan mengamati model bangun ruang, siswa dapat mengidentifikasi ruas garis yang membatasi model bangun
ruang dengan tepat.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan
berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan (dapat
dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara
tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan
lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat.
- Melalui diskusi kelompok, siswa
dapat menemukan kosakata yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat
berdasarkan teks yang dibacakan dengan benar.
- Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang
berkaitan dengan lingkungan tidak sehat berdasarkan teks yang dibacakan
dengan benar.
- Melalui penugasan, siswa dapat membaca
teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat
menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang
lingkungan tidak sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca
dengan benar.
- Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana
tentang lingkungan tidak sehat menggunakan ejaan yang tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana
tentang lingkungan tidak sehat menggunakan menggunakan bahasa Indonesia
yang tepat.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Siswa menuliskan
laporan hasil pengamatan tentang ciri lingkungan yang becek dan kumuh.
2.
Siswa diberikan
arahan tentang penggunaan ejaan yang tepat ketika menulis laporan.
3.
Siswa
membacakan laporan hasil pengamatan yang telah ditulis dengan lafal dan
intonasi yang tepat.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
·
Gambar
dan bentuk bangun datar
·
Gambar-gambar contoh ruangan kelas di sekolah yang tidak sehat.
Materi
Pembelajaran
Apa saja kerajinan yang dapat dibuat dari tanah
liat?
Apa saja bahan dan alat yang dibutuhkan dalam
membuat kerajinan dari tanah liat?
Tahukah kamu cara membuat kerajinan dari tanah
liat?
Bacalah
petunjuk berikut dengan nyaring!
Masih ingatkah kamu dengan ruas-ruas garis pada
bangun ruang?
Kalau begitu, mana saja yang merupakan ruas-ruas
garis pada prisma?
Pada prisma segitiga di atas terdapat ruas-ruas
garis
AB, BC, AC, DE, EF, DF, AD, BE,
dan CF.
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
1. Apa isi pembicaraan Dayu dan teman-teman?
Jawab:
...................................................................
2. Tempat Dayu dan teman-teman membuat
kerajinan menjadi kotor. Apa yang akan mereka
lakukan?
Jawab:
...................................................................
3. Apa yang akan kamu lakukan jika kamu menjadi
salah satu teman Dayu di tempat membuat
kerajinan itu?
Jawab:
...................................................................
4. Apakah kamu setuju dengan sikap Dayu dan
teman-teman?
Jawab: ...................................................................
5. Apa yang akan terjadi jika tempat membuat
kerajinan yang kotor dibiarkan?
Jawab:
...................................................................
0 komentar:
Posting Komentar