RSS

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 3 PB 6

8 November 2019
MATERI AJAR
Kelas               : II
Semester          : I
Tema               : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema          : III / Hidup Bersih dan Sehat di tempat Bermain
Pembelajaran   : 6

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya

PPKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.

Tujuan Pembelajaran
  1. Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan manfaat hidup bersatu dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan benar.
  2. Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan akibat apabila hidup tidak bersatu dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan benar.
  3. Melalui penugasan, siswa dapat mensimulasikan pengalaman tentang melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan benar.
  4. Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan pedoman pada isi teks yang telah dibaca dengan benar.
  5. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
  6. Melalui penugasan, siswa dapat membaca  teks pendek yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
  7. Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan ejaan yang tepat.
  8. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang cara menjaga kesehatan lingkungan dengan menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
  9. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan rusuk, sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.
  10. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.
  11. Dengan mengamati ciri setiap gambar atau model bangun ruang, siswa dapat mengelompokan benda di sekitar yang termasuk bangun ruang dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.    Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang berhubungan dengan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut pada bangun ruang.
2.    Mengoreksi kebenaran jawaban siswa.
3.    Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
4.      Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.


Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
·           Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·           Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·           Buku Paket Bahasa Indonesia, PKn dan Matematika
·           Gambar bangun datar
·           Gambar manfaat hidup bersatu dan akibat tidak hidup bersatu

Materi Pembelajaran



Dayu dan teman-teman menunjukkan kebersamaan
dalam bermain.
Kebersamaan merupakan wujud persatuan.
Apa manfaat persatuan ketika bermain?
Apa pula akibat yang kamu peroleh jika tidak bersatu
ketika bermain?



Informasi apa yang dapat kamu peroleh dari teks diatas?







0 komentar:

Posting Komentar