4
November 2019
MATERI
AJAR
Kelas               :
II
Semester          :
I
Tema               :
IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema          : III
/ Hidup Bersih dan Sehat di tempat Bermain
Pembelajaran   : 1
dan 2
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan
konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
SBdP
3.1
Memahami karya 
imajinatif dua dan tiga dimensi.
Matematika
3.9 Menjelaskan ruas garis
dengan menggunakan model konkret bangun datar dan bangun ruang 
PKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
Tujuan Pembelajaran
- Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan
     berkaitan dengan lingkungan sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu
     dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
 - Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan
     lingkungan sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat.
 - Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata yang
     berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan
     benar.
 - Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang
     berkaitan dengan lingkungan sehat berdasarkan teks yang dibacakan dengan
     benar.
 - Melalui penugasan, siswa dapat membaca 
     teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan sehat dengan lafal dan
     intonasi yang tepat.
 - Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang
     lingkungan sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca dengan
     benar.
 - Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana
     tentang lingkungan sehat menggunakan ejaan yang tepat.
 - Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana
     tentang lingkungan sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
 - Dengan mengamati gambar, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya
     gambar imajinatif dengan benar.
 - Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan
     menggambar imajinatif dengan benar.
 - Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakan
     alat dan bahan menggambar dengan benar.
 - Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah
     menggambar imajinatif dengan benar.
 - Melalui penugasan, siswa dapat menggambar imajinatif berdasarkan
     pengalaman atau benda yang dilihatnya dengan benar.
 - Dengan mengamati berbagai bentuk bangun ruang, siswa dapat menentukan
     ruas garis yang membatasi model bangun ruang dengan benar.
 - Dengan mengamati gambar model bangun ruang, siswa dapat
     mengidentifikasi  ruas garis yang
     membatasi model bangun ruang dengan tepat.
 
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.       
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.       
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.       
Guru
 menyampaikan kegiatan pembelajaran yang
akan dilaksanakan.
4.       
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
- Siswa
     menyelesaikan soal-soal evaluasi yang berhubungan dengan menemukan ruas
     garis pada berbagai bentuk bangun ruang, misalnya: balok, prisma tegak
     segiempat, dan prisma tegak segitiga.
 - Mengoreksi
     kebenaran jawaban siswa.
 - Bertanya
     jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
 - Memberikan
     motivasi dan penguatan terhadap prestasi belajar siswa.
 - Menyimpulkan dan menutup materi pembelajaran.
 
Penutup
1.       
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.       
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.       
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·          
Buku
Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·          
Buku
Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·          
Buku
Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
·          
Gambar-gambar yang berhubungan dengan
kegiatan yang mencerminkan
sikap bersatu atau kebersamaan dalam keberagaman di sekolah.
Materi
Pembelajaran
Jawablah pertanyaan berikut
berdasarkan teks
percakapan sebelumnya!
1. Apa isi percakapan Dayu dan
teman-teman?
Jawab:
...................................................................
2. Bagaimana suasana tempat
bermain Dayu dan
teman-teman?
Jawab:
...................................................................
3. Bagaimana pendapatmu terhadap
isi percakapan
Dayu dan teman-teman?
Jawab:
...................................................................
4. Apa yang harus dilakukan agar
kebersihan taman
terus terjaga?
Jawab:
...................................................................
5. Apa pendapatmu apabila tempat
bermain jarang
dibersihkan?
Jawab:
...................................................................?
Diskusikan dengan temanmu makna kata-kata
berikut!!
Amatilah
gambar di bawah dengan teliti!
Bagaimana tempat bermain Dayu dan
temanteman?
Apakah tempat bermain mereka sudah bersih?
Coba amati benda-benda di sekitarmu yang berbentuk
kubus!
Amatilah
gambar di bawah ini dengan teliti! 
Pernahkah
kamu melakukan kegiatan seperti Dayu dan
teman-teman?
Coba amati gambar dan lingkungan di sekitarmu?
Tahukah kamu bagaimana tempat bermain yang
bersih?
Biasakanlah sikap-sikap di atas diterapkan dalam
kehidupanmu sehari-hari!










0 komentar:
Posting Komentar