BAHAN AJAR
Hari
Tanggal : RABU, 20-11-2019
Kelas : IID
Semster : I
TEMA : 1 ( Hidup Rukun )
Sub
Tema : 1 (Hidup Rukun Dirumah)
Jam
pertemuan : 1-7
Pembelajaran
: p1 sampai p6
Bahasa
Indonesia
Kompetensi
Dasar 3 .1
Indikator pencapaian kompentensi 3.1.1
Matematika
KD:3.3
Indikator:
3.2.2
SBDP
KD : 3.4
Indikator:
3.3.1
PKN
3.1
3.1.1
Tujuan
Pembelajaran
Dengan
diberikan teks tentang hidup rukun , siswa dapat menyebutkan kembali penolakan
dalam teks cerita yang disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan
bahasa yang santun.
Dengan
diberikanya contoh karya hiasan dari bahan alami , siswa dapat mengidentifikasi
ciri ciri karya hiasan dengan bahan
alami dengan benar.
Dengan
diberikanya kumpulan benda kongkrit , siswa dapat melakukan penjumlahan dua
bilangan dengan cara pendek dengan tepat.
Dengan diberikan teks cerita tentang hidup
rukun ,siswa dapat menunjukan contoh prelaku di masyarakat yang sesuai dengan
sila kedua pancasila dengan benar.
Langkah Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Di
awal pembelajaran , guru menyapa siswa ,menanyakan kabar, dan ngecek kehadiran
siswa
Guru
mengimpomasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
Guru
mengimpomasikan tujuan pembelajaran yang akan capai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Kegiatan Inti
Siswa
mengamati gambar tentang gotong royong warga membersihkan lingkungan tempat
tinggal
Siswa
mengamati kalimat yang menunjukan kalimat ajakan
Siswa
menemukan kalimat yang menolak ajakan tersebut.
Siswa
berlatih menetukan jumlah dan selisih bilangan
Penutup
Jika semua siswa telah selesai ,
guru dan siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
Guru
mrmberikan beberapa pertanyaan sebagai berikut:
Apa
yang kamu pelajari hari ini?
Informasi
apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut
Bagaimana
caramu untuk mendapatkan informasi itu?
Sumber
pembelajaran / Alat praga
Contoh hidup rukun di rumah
Lambang
bilangan
Karet
Buku
siswa
Buku
paket
Intrumen
penilaian
Tertulis
Hidup rukun adalah sikap menjaga hubungan baik dengan sesama, tidak bertengkar dengan orang lain dan saling tolong menolong.
Manfaat hidup rukun
a. Tidak akan terjadi pertengkaran dan
perselisihan
b. Menciptakan rasa persatuan dan kesatuan bangsa
c. Menciptakan rasa aman dan damai
d. Memiliki banyak teman
e. Hidup menjadi aman dan damai
b. Menciptakan rasa persatuan dan kesatuan bangsa
c. Menciptakan rasa aman dan damai
d. Memiliki banyak teman
e. Hidup menjadi aman dan damai
SOAL
LATIHAN
1. Apakah
manfaat hidup rukun dengan keluarga?
2.
Bagaimana cara menjaga kerukunan
di rumah?
3.
Buatlah kalimat ajakan bermain bersama
adik!
4.
Kalimat ajakan di tandai dengan
kalimat....
5.
Lambang bilangan lima ratus dua
puluh enam adalah....
6.
563=....ratusan +....puluhan
+....satuan
7.
Apakah yang dimaksud karya
imajinasi?
8. Gunung
bila dilihat dari jauh warnanya ....
0 komentar:
Posting Komentar