RSS

MATRI PENGAYAAN

BAHAN AJAR
Hari Tanggal  : RABU, 20-11-2019
Kelas               : IID
Semster           : I
TEMA             : 1 ( Hidup Rukun )
Sub Tema        : 1 (Hidup Rukun Dirumah)
Jam pertemuan : 1-7
Pembelajaran             : p1 sampai p6
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar 3 .1
 Indikator pencapaian kompentensi  3.1.1
Matematika
KD:3.3
Indikator: 3.2.2
SBDP
KD      : 3.4
Indikator: 3.3.1
PKN
3.1
3.1.1
Tujuan Pembelajaran
Dengan diberikan teks tentang hidup rukun , siswa dapat menyebutkan kembali penolakan dalam teks cerita yang disimaknya berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan bahasa yang santun.
Dengan diberikanya contoh karya hiasan dari bahan alami , siswa dapat mengidentifikasi ciri  ciri karya hiasan dengan bahan alami dengan benar.
Dengan diberikanya kumpulan benda kongkrit , siswa dapat melakukan penjumlahan dua bilangan dengan cara pendek dengan tepat.
 Dengan diberikan teks cerita tentang hidup rukun ,siswa dapat menunjukan contoh prelaku di masyarakat yang sesuai dengan sila kedua pancasila dengan benar.
Langkah Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
Di awal pembelajaran , guru menyapa siswa ,menanyakan kabar, dan ngecek kehadiran siswa
Guru mengimpomasikan kegiatan yang akan dilakukan pada hari itu.
Guru mengimpomasikan tujuan pembelajaran yang akan capai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Kegiatan Inti
Siswa mengamati gambar tentang gotong royong warga membersihkan lingkungan tempat tinggal
Siswa mengamati kalimat yang menunjukan kalimat ajakan
Siswa menemukan kalimat yang menolak ajakan tersebut.
Siswa berlatih menetukan jumlah dan selisih bilangan
Penutup
Jika semua siswa telah selesai , guru dan siswa melakukan refleksi kegiatan hari itu.
Guru mrmberikan beberapa pertanyaan sebagai berikut:
Apa yang kamu pelajari hari ini?
Informasi apa yang ingin kamu ketahui lebih lanjut
Bagaimana caramu untuk mendapatkan informasi itu?
Sumber  pembelajaran / Alat praga

Contoh hidup rukun di rumah

Lambang bilangan
Karet
Buku siswa
Buku paket
Intrumen penilaian
Tertulis



















Hidup rukun adalah sikap menjaga hubungan baik dengan sesama, tidak bertengkar dengan orang lain dan saling tolong menolong.

Manfaat hidup rukun
     a.     Tidak akan terjadi pertengkaran dan perselisihan
b.    Menciptakan rasa persatuan dan kesatuan bangsa
c.      Menciptakan rasa aman dan damai
d.    Memiliki banyak teman
e.     Hidup menjadi aman dan damai

SOAL LATIHAN
1.      Apakah manfaat hidup rukun dengan keluarga?
2.      Bagaimana cara menjaga kerukunan di rumah?
3.      Buatlah kalimat ajakan bermain bersama adik!
4.      Kalimat ajakan di tandai dengan kalimat....
5.      Lambang bilangan lima ratus dua puluh enam adalah....
6.      563=....ratusan +....puluhan +....satuan
7.      Apakah yang dimaksud karya imajinasi?
8.      Gunung bila dilihat dari jauh warnanya ....


















0 komentar:

Posting Komentar