SENIN 11 NOVEMBER 2019
MATERI AJAR
Kelas :II
Semester :I
Tema :
4(Hidup Bersih dan Sehat)
Sub tema :4(Hidup
Bersih dan Sehat di Tempat Umum)
Pembelajaran :
1
Fokus pembelajaran :
Bahasa Indonesia, Matematika, SBDP
Alokasi Waktu :
ixpertemuan (6x 35 menit )
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia :
3.4 Mengenal kosa kata dan konsep tentang lingkungan sehat
di lingkungan sekitar serta menjaga kesehatan lingkunngan dalam bahasa
indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis , lisan dan visual
Matematika :
3. 10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan
ciri cirinya.
SBDP :
3.4 Memahami pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya
TUJUAN PEMBELAJARAN
1Melalui penugasan siswa dapat siswa dapat
melakukan pengamatan sederhana tentaqng lingkunan
sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca secara benar.
2.Melalui penugasan siswa dapat melaporkan hasil
pengamatan sederhana tentang lingjkungan
sehat menggunakan bahasa iundonesia yang
tepat.
3.Dengan mengamati gambar
model dan bangun ruang sisw dapat menetukan bangunruang berdasarkan banyak
rusuk , sisi dan titik sudut secara benar.
4. Secara mengamati gambar dan model bangun ruang , siswa
dapat mengelompokan bangunruang berdasarkan banyak rusuk , sisi, dan titik
sudut dengan benar
5. Dengan mengamati gambar tentang hiasan dari bahan alami ,
siswa dapat mengidentifikasi ciri ciri karya
hiasan dengan bahan alami dengat tepat.
6. Melalui penugasan , siswa dapat membuat karya hiasan menggunaka bahan alami secara benar.
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
Pedahuluan :
Guru bersama siswa membaca doa , membaca surat pendek dan
menyanyikan lagu wajib dan mars al azhar.
Guru menyapa siswa , menanyakan kabar dan mengecek kehadiran
siswa.
Gureu menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan di
laksanakan.
Guru mengimpormasikan
tujuan pembelajaran yang akan di capai setelah pembelajaran di laksakan.
INTI
Untuk mamantapkan pemahaman siswa diberikan latihan yang
berhubungan dengan kata dan maknanya.
Siswa menghitung rusuk , sisi dan titik sudut
Mengoreksi kebenaran jawaban siswa
Bertanya jawab tentang materi yang belum di pahami
Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi
belajar siswa.
PENUTUP
Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menyampaikan pendapatnya
tentang pembelajaran yang telah di
ikuti.
Melakukan penilain hasil belajar
Mengajak siswa berdoa
untuk mengahiri pembelajaran sebelum
pulang.
SUMBER PEMBELAJARAN DAN ALAT PRAGA
1.
BUKU TEMA IV HIDUP BERSIH DAN SEHAT
2.
BANGUN RUANG ( BALOK)
MATERI
Fungsi dan Manfaat Hutan
Sebagai
Paru-Paru Dunia
Fungsi
hutan yang utama adalah sebagi paru-paru dunia. Maksudnya hutan menghasilkan
oksigen dan menyerap karbondioksida. Pepohonan pada hutan menjadi sumber
penghasil oksigen alami yang sangat penting bagi keberlangsungan hidup manusia.
Hal ini yang membuat hutan dijuluki sebagai paru-paru dunia.SOAL LATIHAN:
1 Apakah manfaatnya hutan bagi kita?
2. Apakah manfaatnya hutan bagi hewan?
3. Mengapa tidak boleh menebang pohon sembarangan?
4. Siapakah yang menciptakan hutan?
0 komentar:
Posting Komentar