7 November 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II
Semester :
I
Tema :
IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema : III
/ Hidup Bersih dan Sehat di tempat Bermain
Pembelajaran : 5
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4 Mengenal kosakata dan
konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.
PPKn
3.4 Memahami makna bersatu dalam keberagaman di rumah dan sekolah.
Tujuan Pembelajaran
- Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibacakan
berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa
lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu
pemahaman) secara tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan
cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa tulis secara tepat.
- Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menemukan kosakata yang
berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang
dibacakan dengan benar.
- Melalui diskusi kelompok, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang
berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan berdasarkan teks yang
dibacakan dengan benar.
- Melalui penugasan, siswa dapat membaca
teks pendek yang berkaitan dengan cara menjaga kesehatan lingkungan
menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang
cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan pedoman isi teks yang telah
dibaca dengan tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana
tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan ejaan yang tepat.
- Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana
tentang cara menjaga kesehatan lingkungan menggunakan bahasa Indonesia
yang tepat.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat menjelaskan prosedur gerak kelenturan
tubuh dominan bagian atas dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani
melalui permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
- Melalui penugasan, siswa dapat mempraktikkan gerak kelenturan tubuh
dominan bagian atas dalam rangka pengembangan kebugaran jasmani melalui
permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
- Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan 3-5 sikap agar terwujud
persatuan dalam keberagaman di tempat bermain sekitar rumah dengan benar.
- Melalui penugasan, siswa dapat menceritakan tentang pengalaman
melakukan kegiatan bersatu dalam keberagaman di tempat bermain sekitar
rumah dengan bahasa yang santun.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
- Siswa menceritakan pengalaman bermain yang pernah
dilakukan bersama teman yang mencerminkan sikap bersatu.
- Siswa menanggapi cerita yang disampaikan teman.
- Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami
siswa.
- Memberikan
penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·
Buku
paket PKn dan Bahasa Indonesia
·
Gambar yang berhubungan dengan cara
menjaga kebersihan dan kesehatan
ruangan kelas.
·
Gambar berbagai bentuk kegiatan bersatu dalam keberagaman di dalam ruang kelas.
Materi
Pembelajaran
Jawablah pertanyaan berikut sesuai dengan isi
percakapan!
1. Apa isi percakapan Dayu dan teman-teman?
Jawab:
...................................................................
2. Kegiatan apa yang dilakukan Dayu dan temanteman
sebelum bermain?
Jawab:
...................................................................
3. Mengapa kegiatan itu harus dilakukan?
Jawab:
...................................................................
4. Apakah kamu setuju dengan kegiatan Dayu dan
teman-teman?
Jawab:
...................................................................
5. Dapat diolah menjadi apakah sampah dedaunan
yang dikumpulkan?
Jawab:
...................................................................
Temukan kata pada tabel sesuai dengan makna
sebagai berikut!
1. Pupuk campuran dari daun dan kotoran hewan
yang telah membusuk.
2. Bagian tumbuhan yang indah berwarna cerah.
3. Bagian tumbuhan yang berhelai-helai dan
melekat pada ranting
0 komentar:
Posting Komentar