Senin, 9 September 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II D
Semester :
I
Tema :
II / Bermain di Lingkunganku
Subtema : IV
/ Bermain di Tempat Wisata
Pembelajaran : 6
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan
kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya
dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual,
dan/atau eksplorasi lingkungan.
Matematika
3.4 Menjelaskan
perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai
dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan
pembagian.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan diskusi kelompok kecil, siswa dapat menjelaskan
makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda berdasarkan wujudnya dalam
teks pendek dengan percaya diri.
2.
Dengan
diskusi kelompok, siswa dapat menyebutkan akibat berperilaku yang tidak sesuai
dengan aturan dengan percaya diri.
3. Dengan mengerjakan soal latihan, siswa dapat menyatakan
kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian dengan cermat.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Menemukan
kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda.
2.
Melaporkan
hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda.
3.
Menyebutkan
manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari.
4.
Menyebutkan
akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan.
5.
Menyatakan
kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian.
6.
Memecahkan
masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·
Buku
Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, dan Matematika
·
Teks
bacaan “Menunggangi Gajah”
·
Teks
percakapan tentang manfaat mematuhi aturan menunggangi gajah
·
Gambar
siswa bermain membeli tiket dengan antrean
Materi
Pembelajaran
Bahasa Indonesia
PKn
Matematika
Perhatikan soal
berikut.
Kerjakan dengan
cermat!
Berikut adalah
data banyak hewan yang akan di tempatkan di kandang yang berbeda. Bantulah
petugas kebun binatang
untuk menghitung banyak hewan untuk beberapa kandang berikut!
1. 16 : 8 : 2 =
... : ... = ...
2. 45 : 3 : 5 =
... : ... = ...
3. 33 : 11 : 3 =
... : ... = ...
4. 42 : 3 : 7 =
... : ... = ...
5. 54 : 3 : 6 =
... : ... = ...
6. 56 : 4 : 7 =
... : ... = ...
7. 40 : 4 : 5 =
... : ... = ...
8. 72 : 9 : 4 =
... : ... = ...
9. 84 : 7 : 4 =
... : ... = ...
10. 90 : 5 : 6 =
... : ... = ...
0 komentar:
Posting Komentar