Senin,
2 September 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II D
Semester :
I
Tema :
II / Bermain di Lingkunganku
Subtema : IV
/ Bermain di Tempat Wisata
Pembelajaran : 1
dan 2
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan
kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya
dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual,
dan/atau eksplorasi lingkungan.
SBdP
3.4 Mengenal
pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.
Matematika
3.4 Menjelaskan
perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai
dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan
pembagian.
PKn
3.2 Mengidentifikasi
aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan
mendengarkan teks percakapan tentang pergi wisata ke pantai, siswa dapat
menyebutkan isi teks pendek yang dibacakan dengan percaya diri.
2.
Dengan
mengerjakan soal latihan tentang pembagian, siswa dapat menyatakan kalimat
matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian dengan cermat.
3.
Dengan
mengidentifikasi ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami, siswa dapat membuat
karya hiasan dengan bahan alami dengan disiplin.
4.
Dengan
diskusi kelompok kecil, siswa dapat mengidentifikasi berbagai aturan yang
berlaku dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan disiplin.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru
menyampaikan kegiatan pembelajaran yang
akan dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Menyebutkan
isi teks pendek yang dibacakan berkaitan dengan keragaman benda.
2.
Memecahkan
masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian.
3.
Mengidentifikasi
ciri-ciri karya hiasan dengan bahan alami.
4.
Menjelaskan
aturan yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·
Buku
Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
·
Teks
percakapan tentang pergi wisata ke pantai
·
Lagu
cara membuat layang-layang.
·
Teks
percakapan tentang menghitung layang-layang
·
Teks
percakapan membuat karya hiasan.
·
Teks
percakapan tentang dialog aturan yang harus dipatuhi di tempat umum, terutama
di pantai
Materi
Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Amatilah gambar
di atas! Apa yang sedang mereka lakukan? Benda apa saja yang ada di pantai?
No.
|
Nama Benda
|
Padat
|
Cair
|
Gas
|
1
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
Bacalah
Percakapan berikut!
Bu Guru : “Anak–anak, kita
sekarang sudah di lingkungan pantai. Bagaimana perasaan kalian?”
Beni : “Kami sangat senang, Bu.”
Bu Guru : “Sekarang silakan
bermain dulu, tetapi tidak boleh jauh-jauh. Paham, anak-anak?”
Siswa : “Paham, Bu.”
Beni : “Bu, saya ingin bermain
layang-layang”.
Bu Guru : “Boleh, Beni.”
Lani : “Kalau kami ingin
menulis-nulis di pasir, Bu.”
Bu Guru : “Silakan. Tetapi ingat,
jangan terlalu dekat dengan tepi pantai, ya.”
Siswa : “Baik, Bu.”
Bu Guru : “Sebelum bermain, Ibu
mau bertanya. Benda apa saja yang ada di pantai?”
Dayu : “Kapal, pancingan,
keranjang ikan, jaring, pelampung, dan sampan, Bu.”
Mey : “Pasir, batu, air, dan
kerang, Bu.”
Udin : “Balon dan layang-layang,
Bu.”
Bu Guru : “Pintar anak-anak Ibu
semua, beri tepuk tangan untuk kita semua.”
Jawablah pertanyaan berikut
sesuai dengan isi teks percakapan!
1.
Bagaimana
perasaan siswa ketika sampai di pantai?
2.
Siapa
yang ingin bermain layang-layang?
3.
Apa
yang ingin dilakukan Lani?
4.
Apa
yang ditanyakan Bu Guru kepada siswa?
5.
Apa
saja benda yang ada di pantai?
Matematika
Amati percakapan
Beni dan Siti!
Dari percakapan di atas dapat
kita ketahui bahwa:
·
Suatu bilangan jika
dibagi 1 hasilnya adalah bilangan itu sendiri.
·
Suatu bilangan jika
dibagi dengan bilangan itu sendiri hasilnya adalah 1.
SBdP
Tahukah kamu ciri-ciri karya
hiasan dengan bahan alami?
Ciri-ciri karya hiasan dengan
bahan alami diataranya menggunakan bahan kering. Bahan tersebut terdapat di
alam bebas. Karya hiasan didominasi dengan bahan alam. Alat yang bisa kita
gunakan adalah
lem untuk menempelkannya dan
kertas karton sebagai tempat menempelkannya. Namun, bisa juga ditambahkan
dengan bahan lain seperti daun kering, biji tumbuhan yang berwarna, dan
lainnya.
PKn
0 komentar:
Posting Komentar