Selasa,
3 September 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II D
Semester :
I
Tema :
II / Bermain di Lingkunganku
Subtema : IV
/ Bermain di Tempat Wisata
Pembelajaran : 3
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan
kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya
dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau
eksplorasi lingkungan.
SBdP
3.4 Mengenal
pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.
Matematika
3.4 Menjelaskan
perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai
dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan
pembagian.
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan
melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda pada ayunan, siswa dapat
menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan
sekitar menggunakan ejaan (EYD) dengan tepat.
2.
Dengan
mengidentifikasi cara menggunakan bahan alami dan alat untuk membuat karya
hiasan kotak tisu, siswa dapat membuat karya hiasan kotak tisu dengan bahan
alami dengan percaya diri.
3.
Dengan
menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian,
siswa dapat memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian dengan
cermat.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional
dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran
dilaksanakan.
Inti
1.
Menuliskan
hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda.
2.
Memecahkan
masalah sehari-hari yang melibatkan pembagian.
3.
Menjelaskan
cara menggunakan bahan alami dan alat untuk membuat karya hiasan.
4.
Membuat
karya hiasan dengan bahan alami.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·
Buku
Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
·
Gambar
siswa bermain ayunan
·
Gambar
benda-benda yang ada pada ayunan
·
Gambar
kotak tisu yang sudah dihias dengan pasir dua warna.
·
Gambar
dan teks percakapan tentang membagi berturut-turut tiga bilangan.
Materi
Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Amatilah
bagian-bagian ayunan di bawah ini!
.
Keragaman Benda pada Ayunan
Alat dan bahan: Tali ayunan,
tempat duduk ayunan, dan tiang ayunan.
Petunjuk:
1. Amatilah alat dan bahan satu
persatu!
2. Isilah titik-titik di bawah!
SBdP
Buatlah kotak
tisu dari kertas karton. Caranya mudah. Buat pola hias kotak tisu dengan pensil.
Sediakan lem, pasir warna terang, dan pasir warna gelap. Olesi bagian luar
kotak tisu dengan lem. Taburkan pasir di seluruh bagian terluar kotak tisu. Kreasikan
antara pasir warna terang dan pasir warna gelap. Selamat mencoba!
Matematika
0 komentar:
Posting Komentar