RSS

TEMA 5 SUB TEMA 4 ( PENGLAMANKU DI TEMPAT WISATA )


RABU  , 29 JANUARI 2020
BAHAN AJAR
Kelas                                                     : II
Semester                                            : II
Tema                                                     : 5 ( Pengalamanku )
Sub tema                                             : 4 ( Pengalamanku di tempat wisata)
Pembelajaran                                    : 4
Mate pelajaran                                 : Bahasa Indonesia, Matematika PKN ,SBDP
Alokasi waktu                                    : 1 x ( pertemuan )
KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.6. Mencermati  ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat indonesia.
Matematika
3,6 Menjelaskan  dan menetukan panjang ( termasuk jarak ) berat dan waktu dalam satuan baku yang berkaitan dengan kehidupan sehari hari
PKN3.1  Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila sila Pancasila dalam lambang Negara
“Garuda Pancasila”.
SBDP
3.2. Membuatan karya dari bahan buatan.
G TUJUAN PEMBELAJARAN
 1. Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang
terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan benar.
2. Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang
Didengarnya.
3.Dengan mengamati berbagai benda , siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang di ukur dengan benar.
3.Dengan menunjukan contoh prilaku di rumah yang sesuai dengan sila ke empat  pancasila , siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai nilai pancasila ke empat di tempat wisata dengan baik
4. Dengan mengamati teks lagu  “PEMANDANGAN  “ , siswa dapat memainkan pola irama sederhana
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
Pedahuluan :
Guru bersama siswa membaca doa , membaca surat pendek dan menyanyikan lagu wajib dan mars al azhar.
Guru menyapa siswa , menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
Guru menyampaikan tujuan  pembelajaran yang akan di laksanakan hari ini.
Guru  mengimpormasikan tujuan pembelajaran yang akan di capai setelah pembelajaran di laksakan.
INTI
Untuk mamantapkan pemahaman siswa diberikan latihan yang berhubungan dengan cara meminta maaf  .
Siswa  diarahkan untuk mengukur benda.
Bertanya jawab tentang materi yang belum di pahami
Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
PENUTUP
Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran  yang telah di ikuti.
Melakukan penilain hasil belajar .
Bersama sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
Mengajak siswa  berdoa untuk mengahiri pembelajaran  sebelum pulang.
SUMBER PEMBELAJARAN DAN ALAT PRAGA
BUKU TEMA 5 ( PENGALAMAN )
ALAT UKUR METERAN
GAMBAR LAUT KILUAN






Adalah Teluk Kiluan, yang akan menyuguhkan topografi berbukit dan lembah, yang sangat cocok untuk dijelajahi. Selain menyuguhkan lanskap yang indah, ternyata teluk satu ini dihuni oleh ratusan ekor lumba-lumba.
Ratusan lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba snipper dapat dengan mudah dijumpai di tengah laut. Mereka menyapa ramah setiap orang yang dilihatnya dengan lompatan-lompatan indahnya.
Perairan di Teluk Kilauan sangat kaya akan ikan, sehingga sering dijadikan sebagai lokasi para pemancing handal untuk mencari mangsa. Kesuburan perairan ini menyebabkan karang bisa tumbuh dengan baik. Ini pula yang menyebabkan kawasan teluk kiluan juga menyuguhkan spot diving yang dangkal namun sangat indah.
Selain teluk yang indah, di lepas pantai terdapat pulau kecil yang juga menantang untuk dijelajahi. Dijelajahi keindahan permukaannya maupun diselami di bawah airnya.
SOAL LATIHAN
1.    Keluarga Daffa ingin bertamasya . mereka bingung untuk menentukan tempat yang akan dituju. . kemudian ayah Daffa mengadakan ....
2.    Apakah yang di maksud dengan musyawarah?
3.    Apakah yang dimaksud dengan mufakat
4.    Musyawarah adalah pengamalan sila ke....pancasila.
5.    Siapa yang menciptakan lautan yang luas?
6.    Hewan apa saja yang hidup didalam laut?
7.    Tumbuhan apa saja yang ada dilaut?
8.    Mengapa kita tidak boleh membuang bekas makanan dan minuman di laut?
9.    Apa akibatnya bila kita tidak menjaga kebersihan di pantai?
10. Mengapa harus menjaga trumbu karang?


0 komentar:

Posting Komentar