RABU , 29 JANUARI 2020
BAHAN
AJAR
Kelas :
II
Semester :
II
Tema :
5 ( Pengalamanku )
Sub tema :
4 ( Pengalamanku di tempat wisata)
Pembelajaran :
4
Mate pelajaran :
Bahasa Indonesia, Matematika PKN ,SBDP
Alokasi waktu :
1 x ( pertemuan )
KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.6. Mencermati ungkapan
permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran
sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat indonesia.
Matematika
3,6 Menjelaskan dan menetukan
panjang ( termasuk jarak ) berat dan waktu dalam satuan baku yang berkaitan
dengan kehidupan sehari hari
PKN3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan
sila sila Pancasila dalam lambang Negara
“Garuda Pancasila”.
SBDP
3.2. Membuatan karya dari bahan buatan.
G TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mendengarkan guru membacakan puisi,
siswa dapat menemukan kosakata baru yang
terdapat
dalam puisi anak tentang alam dengan benar.
2. Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat mengartikan
kosakata baru yang
Didengarnya.
3.Dengan
mengamati berbagai benda , siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk
mengukur panjang benda yang di ukur dengan benar.
3.Dengan menunjukan contoh prilaku di rumah yang sesuai dengan sila ke
empat pancasila , siswa dapat menceritakan
tentang pengalaman menerapkan nilai nilai pancasila ke empat di tempat wisata
dengan baik
4. Dengan mengamati teks lagu
“PEMANDANGAN “ , siswa dapat
memainkan pola irama sederhana
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
Pedahuluan :
Guru bersama siswa membaca doa , membaca surat pendek dan menyanyikan
lagu wajib dan mars al azhar.
Guru menyapa siswa , menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan di laksanakan hari ini.
Guru mengimpormasikan tujuan
pembelajaran yang akan di capai setelah pembelajaran di laksakan.
INTI
Untuk mamantapkan pemahaman siswa diberikan latihan yang berhubungan
dengan cara meminta maaf .
Siswa diarahkan untuk mengukur
benda.
Bertanya jawab tentang materi yang belum di pahami
Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
PENUTUP
Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menyampaikan pendapatnya
tentang pembelajaran yang telah di
ikuti.
Melakukan penilain hasil belajar .
Bersama sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
Mengajak siswa berdoa untuk
mengahiri pembelajaran sebelum pulang.
SUMBER PEMBELAJARAN DAN ALAT PRAGA
BUKU TEMA 5 ( PENGALAMAN )
ALAT UKUR METERAN
GAMBAR LAUT KILUAN
Adalah
Teluk Kiluan, yang akan menyuguhkan topografi berbukit dan lembah, yang sangat
cocok untuk dijelajahi. Selain menyuguhkan lanskap yang indah, ternyata teluk
satu ini dihuni oleh ratusan ekor lumba-lumba.
Ratusan
lumba-lumba hidung botol dan lumba-lumba snipper dapat dengan mudah dijumpai di
tengah laut. Mereka menyapa ramah setiap orang yang dilihatnya dengan
lompatan-lompatan indahnya.
Perairan
di Teluk Kilauan sangat kaya akan ikan, sehingga sering dijadikan sebagai
lokasi para pemancing handal untuk mencari mangsa. Kesuburan perairan ini
menyebabkan karang bisa tumbuh dengan baik. Ini pula yang menyebabkan kawasan
teluk kiluan juga menyuguhkan spot diving yang dangkal namun sangat indah.
Selain
teluk yang indah, di lepas pantai terdapat pulau kecil yang juga menantang
untuk dijelajahi. Dijelajahi keindahan permukaannya maupun diselami di bawah
airnya.
SOAL
LATIHAN
1. Keluarga Daffa ingin
bertamasya . mereka bingung untuk menentukan tempat yang akan dituju. .
kemudian ayah Daffa mengadakan ....
2. Apakah yang di maksud
dengan musyawarah?
3. Apakah yang dimaksud
dengan mufakat
4. Musyawarah adalah
pengamalan sila ke....pancasila.
5. Siapa yang menciptakan
lautan yang luas?
6. Hewan apa saja yang
hidup didalam laut?
7. Tumbuhan apa saja yang
ada dilaut?
8. Mengapa kita tidak boleh
membuang bekas makanan dan minuman di laut?
9. Apa akibatnya bila kita
tidak menjaga kebersihan di pantai?
10. Mengapa harus menjaga
trumbu karang?
0 komentar:
Posting Komentar