RSS

TEMA 5 SUB TEMA 4 (PENGALAMANKU DI TEMPAT WISATA )

JUM AT  , 31 JANUARI 2020
BAHAN AJAR
Kelas                                                     : II
Semester                                            : II
Tema                                                     : 5 ( Pengalamanku )
Sub tema                                             : 4 ( Pengalamanku di tempat wisata)
Pembelajaran                                    : 6
Mate pelajaran                                 : Bahasa Indonesia, Matematika PKN ,SBDP
Alokasi waktu                                    : 1 x ( pertemuan )
KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.6. Mencermati  ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat indonesia.
Matematika
3,6 Menjelaskan  dan menetukan panjang ( termasuk jarak ) berat dan waktu dalam satuan baku yang berkaitan dengan kehidupan sehari hari
PKN3.1  Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila sila Pancasila dalam lambang Negara
“Garuda Pancasila”.
SBDP
3.2. Membuatan karya dari bahan buatan.
G TUJUAN PEMBELAJARAN
 1. Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang
terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan benar.
2. Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang
Didengarnya.
3.Dengan mengamati berbagai benda , siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang di ukur dengan benar.
3.Dengan menunjukan contoh prilaku di rumah yang sesuai dengan sila ke empat  pancasila , siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai nilai pancasila ke empat di tempat wisata dengan baik
4. Dengan mengamati teks lagu  “PEMANDANGAN  “ , siswa dapat memainkan pola irama sederhana
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
Pedahuluan :
Guru bersama siswa membaca doa , membaca surat pendek dan menyanyikan lagu wajib dan mars al azhar.
Guru menyapa siswa , menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
Guru menyampaikan tujuan  pembelajaran yang akan di laksanakan hari ini.
Guru  mengimpormasikan tujuan pembelajaran yang akan di capai setelah pembelajaran di laksakan.
INTI
Untuk mamantapkan pemahaman siswa diberikan latihan yang berhubungan dengan cara meminta maaf  .
Siswa  diarahkan untuk mengukur benda.
Bertanya jawab tentang materi yang belum di pahami
Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
PENUTUP
Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran  yang telah di ikuti.
Melakukan penilain hasil belajar .
Bersama sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
Mengajak siswa  berdoa untuk mengahiri pembelajaran  sebelum pulang.
SUMBER PEMBELAJARAN DAN ALAT PRAGA
BUKU TEMA 5 ( PENGALAMAN )
ALAT UKUR MISTAR
GAMBAR GOTONG ROYONG







MANFAAT GOTONG ROYONG
1. Meringankan beban pekerjaan yang harus ditanggung
 gotong royong juga membuat sebuah pekerjaan menjadi lebih cepat untuk diselesaikan. Artinya, gotong royong dapat membuat pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien.
2. Menumbuhkan sikap sukarela, tolong-menolong, kebersamaan, dan kekeluargaan antar sesama anggota masyarakat
 Masyarakat juga dapat lebih “guyup” karena gotong royong menjaga kebersamaan dan kekeluargaan antar sesama anggota yang ada di masyarakat
3. Menjalin dan membina hubungan sosial yang baik dan harmonis antarwarga masyarakat
 Gotong royong dapat menumbuhkan hubungan sosial yang baik pada masyarakat. Sebagai akibatnya, hubungan antaranggota masyarakat pun akan semakin harmonis.
4. Meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional                         
Dalam skala yang lebih besar, gotong royong dapat meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan nasional. Masyarakat yang sudah solid di tingkat RT atau RW akan mampu menjalin persatuan yang lebih besar lagi dalam skala nasional. Gotong royong mampu menyadarkan masyarakat jika kita semua berada di tanah air yang sama, sehingga sikap persatuan dan kesatuan yang ada juga harus diwujudkan dari Sabang sampai Merauke, yakni pada seluruh daerah di Indonesia.
SOAL LATIHAN
1. Ketika di pantai, Ali melihat kelapa setinggi 12 meter. 12 meter sama juga dengan …… centimeter.
2. Jarak rumah Dika ke air terjun adalah 30.000 cm. Jarak tersebut sama juga dengan ….. meter.
3. Intan mempunyai pita hijau sepanjang 1.400 cm dan pita kuning sepanjang 1.200 cm. Jadi panjang pita Intan semuanya adalah ….. meter.
4. Di taman bunga terdapat deretan bunga mawar sepanjang 15 m dan deretan bunga melati sepanjang 17 m. Jika keduanya digabungkan, berapa centimeterkah panjangnya?
5. Panjang ruang kelas 2 SD adalah 20 m dan lebarnya adalah 16 m. Berapa centimeterkah selisih panjang dan lebar ruang kelas 2 SD? 20 m – 16 m = 4 m = 400 cm
6. Ketika di museum Alia melihat patung yang tingginya 500 cm dan lemari tua yang tingginya 200 cm. Berapa meterkah selisih tinggi patung dan lemari tua tersebut?
7. Bunyi Pancasila sila keempat adalah kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam …..
8. Hasil keputusan musyawarah harus kita ….
9.. Suasana pegunungan tempat Ani berlibur sangat asri. Makna asri adalah ….
10. Kegiatan bakti sosial adalah contoh cerminan dari Pancasila sila yang ke-….


0 komentar:

Posting Komentar