RSS

tema 5 ( PENGALAMANKU DIRUMAH)


RABU  , 8 JANUARI 2020
MATERI AJAR
Kelas                                     :II
Semester                            :II
Tema                                     : 5(Pengalamanku)
Sub tema                             :1(Pengalamanku di rumah)
Pembelajaran                    : 4
Fokus pembelajaran       : Bahasa Indonesia, Matematika, SBDP
Alokasi Waktu                   : ixpertemuan (6x 35 menit )
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia :
3.6 Mencermati  ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat indonesia.
Matematika :
3. 6. Menjelaskan  dan menetukan panjang ( termasuk jarak ) berat dan waktu dalam satuan baku yang berkaitan dengan kehidupan sehari hari.
PKN
3.1  Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila sila Pancasila dalam lambang Negara
“Garuda Pancasila”.
SBDP
3.2. Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak anak.
TUJUAN PEMBELAJARAN
 1. Dengan memperhatikan  pembacaan  teks percakapan , siswa dapat mendengar teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat indonesia
2.Dengan mengamati berbagai benda , siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang di ukur dengan benar.
3.Dengan menunjukan contoh prilaku di rumah yang sesuai dengan sila pertama pancasila , siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai nilai pancasilapertama di rumah dengan baik
4. Dengan mengamati teks lagu  “pelangi pelangi “ , siswa dapat memainkan pola irama sederhana
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
Pedahuluan :
Guru bersama siswa membaca doa , membaca surat pendek dan menyanyikan lagu wajib dan mars al azhar.
Guru menyapa siswa , menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
Guru menyampaikan tujuan  pembelajaran yang akan di laksanakan hari ini.
Guru  mengimpormasikan tujuan pembelajaran yang akan di capai setelah pembelajaran di laksakan.
INTI
Untuk mamantapkan pemahaman siswa diberikan latihan yang berhubungan dengan cara meminta maaf  .
Siswa  diarahkan untuk mengukur benda.
Bertanya jawab tentang materi yang belum di pahami
Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
PENUTUP
Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran  yang telah di ikuti.
Melakukan penilain hasil belajar .
Bersama sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
Mengajak siswa  berdoa untuk mengahiri pembelajaran  sebelum pulang.
SUMBER PEMBELAJARAN DAN ALAT PRAGA
1.       BUKU TEMA  V “PENGALAMAN “
2.       ALAT UKUR BENDA ( PENGGARIS)

Penggaris dapat mengukur panjang sebuah benda.
Sebutkan alat ukur panjang yang lainnya.
Beni mengukur panjang sebuah benda . Beni mengukur menggunakan penggaris lebih dariu satu dari satu kali. Beni juga dapat  menggunakan meteran . meteran untuk mengukur benda yang panjangya  melebihi penggaris









suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancer, mudah dan ringan.

Gotong royong adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat suka rela agaer kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancer, mudah dan ringan. Contoh kegiatan yang dapat dilakukan secara bergotong royong antara lain pembangunan fasilitas umum dan membersihkan lingkungan sekitar




 Puisi    Taman Bungaku

Ketika aku melihatmu
Saya sangat senang
Kamu terlihat cantik
warnamu sangat menarik

Oh … kebun bunga saya
Bersinar sepanjang waktu untuk terus tersenyum dariku
Jangan pernah layu bungaku
Dan jangan lupa untuk bersendawa

CONTOH SOAL
. A. Sebutkan kata yang baik pada puisi tersebut?
 B. Bagaimana bila taman tidsak dirawat?
C. Bagaimana cara merawat taman?
D. Apa manfaat gotong royong?
E. Apa yang dimaksud gotong royong?
F.Berikan contoh gotong royong yang bisa dilakukan dirumah?
G. Sebutkan benda benda yang dapat diukur dengan mistar?
H. 300 cm = ....m
I 5m = ....cm

 




































































































































































































































































SELASA , 7 JANUARI2020
MATERI AJAR
Kelas                                     :II
Semester                            :II
Tema                                     : 5(Pengalamanku)
Sub tema                             :1(Pengalamanku di rumah)
Pembelajaran                    : 3
Fokus pembelajaran       : Bahasa Indonesia, Matematika, SBDP
Alokasi Waktu                   : ixpertemuan (6x 35 menit )
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia :
3.6 Mencermati  ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat indonesia.
Matematika :
3. 6. Menjelaskan  dan menetukan panjang ( termasuk jarak ) berat dan waktu dalam satuan baku yang berkaitan dengan kehidupan sehari hari.
PKN
3.1  Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila sila Pancasila dalam lambang Negara
“Garuda Pancasila”.
SBDP
3.2. Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak anak.
TUJUAN PEMBELAJARAN
 1. Dengan memperhatikan  pembacaan  teks percakapan , siswa dapat mendengar teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat indonesia
2.Dengan mengamati berbagai benda , siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang di ukur dengan benar.
3.Dengan menunjukan contoh prilaku di rumah yang sesuai dengan sila pertama pancasila , siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai nilai pancasilapertama di rumah dengan baik
4. Dengan mengamati teks lagu  “pelangi pelangi “ , siswa dapat memainkan pola irama sederhana
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
Pedahuluan :
Guru bersama siswa membaca doa , membaca surat pendek dan menyanyikan lagu wajib dan mars al azhar.
Guru menyapa siswa , menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
Guru menyampaikan tujuan  pembelajaran yang akan di laksanakan hari ini.
Guru  mengimpormasikan tujuan pembelajaran yang akan di capai setelah pembelajaran di laksakan.
INTI
Untuk mamantapkan pemahaman siswa diberikan latihan yang berhubungan dengan cara meminta maaf  .
Siswa  diarahkan untuk mengukur benda.
Bertanya jawab tentang materi yang belum di pahami
Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
PENUTUP
Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran  yang telah di ikuti.
Melakukan penilain hasil belajar .
Bersama sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
Mengajak siswa  berdoa untuk mengahiri pembelajaran  sebelum pulang.
SUMBER PEMBELAJARAN DAN ALAT PRAGA
1.       BUKU TEMA  V “PENGALAMAN “
2.       ALAT UKUR BENDA ( PENGGARIS)
Hasil gambar untuk gambar mistar
Penggaris dapat mengukur panjang sebuah benda.
Sebutkan alat ukur panjang yang lainnya.
Beni mengukur panjang sebuah benda . Beni mengukur menggunakan penggaris lebih dariu satu dari satu kali. Beni juga dapat  menggunakan meteran . meteran untuk mengukur benda yang panjangya  melebihi penggaris.
Hasil gambar untuk syair lagu burung tantina
Contoh soal:
Sebutkan benda benda yang dapat  diukur dengan penggaris?
3.       ....dan ....merupakan alat ukur untuk mengukur panjang benda
4.       3 m = ...cm
5.        4m= ....cm
6.       ...m=500 cm
7.       ....m=  ...600 cm
8.       Dari mana asal lugu burung tantina
9.       Siapa  yany menciptakan lagu burung tantina
10.   Berapa birama pada lagu burung tantina?



Contoh soal:
Sebutkan benda benda yang dapat  diukur dengan penggaris?
11.   ....dan ....merupakan alat ukur untuk mengukur panjang benda
12.   3 m = ...cm
13.    4m= ....cm
14.   ...m=500 cm
15.   ....m=  ...600 cm
16.   Dari mana asal lugu burung tantina
17.   Siapa  yany menciptakan lagu burung tantina
18.   Berapa birama pada lagu burung tantina?


0 komentar:

Posting Komentar