RABU , 8 JANUARI 2020
MATERI AJAR
Kelas :II
Semester :II
Tema :
5(Pengalamanku)
Sub tema :1(Pengalamanku
di rumah)
Pembelajaran :
4
Fokus pembelajaran :
Bahasa Indonesia, Matematika, SBDP
Alokasi Waktu :
ixpertemuan (6x 35 menit )
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia :
3.6 Mencermati
ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun
sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat indonesia.
Matematika :
3. 6. Menjelaskan dan
menetukan panjang ( termasuk jarak ) berat dan waktu dalam satuan baku yang
berkaitan dengan kehidupan sehari hari.
PKN
3.1 Mengidentifikasi
hubungan antara simbol dan sila sila Pancasila dalam lambang Negara
“Garuda Pancasila”.
SBDP
3.2. Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak anak.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan memperhatikan pembacaan
teks percakapan , siswa dapat mendengar teks percakapan yang berhubungan
dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan
masyarakat indonesia
2.Dengan mengamati berbagai benda , siswa dapat memilih alat
ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang di ukur dengan benar.
3.Dengan menunjukan contoh prilaku di rumah yang sesuai
dengan sila pertama pancasila , siswa dapat menceritakan tentang pengalaman
menerapkan nilai nilai pancasilapertama di rumah dengan baik
4. Dengan mengamati teks lagu “pelangi pelangi “ , siswa dapat memainkan
pola irama sederhana
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
Pedahuluan :
Guru bersama siswa membaca doa , membaca surat pendek dan
menyanyikan lagu wajib dan mars al azhar.
Guru menyapa siswa , menanyakan kabar dan mengecek kehadiran
siswa.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan di laksanakan hari ini.
Guru mengimpormasikan
tujuan pembelajaran yang akan di capai setelah pembelajaran di laksakan.
INTI
Untuk mamantapkan pemahaman siswa diberikan latihan yang
berhubungan dengan cara meminta maaf .
Siswa diarahkan untuk
mengukur benda.
Bertanya jawab tentang materi yang belum di pahami
Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar
siswa.
PENUTUP
Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang
telah di ikuti.
Melakukan penilain hasil belajar .
Bersama sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar
Mengajak siswa berdoa
untuk mengahiri pembelajaran sebelum
pulang.
SUMBER PEMBELAJARAN DAN ALAT PRAGA
1.
BUKU TEMA
V “PENGALAMAN “
2.
ALAT UKUR BENDA ( PENGGARIS)
Penggaris dapat mengukur panjang sebuah benda.
Sebutkan alat ukur panjang yang lainnya.
Beni mengukur panjang sebuah benda . Beni mengukur
menggunakan penggaris lebih dariu satu dari satu kali. Beni juga dapat menggunakan meteran . meteran untuk mengukur
benda yang panjangya melebihi penggaris
suatu kegiatan yang dilakukan
secara bersama-sama dan bersifat suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat
berjalan dengan lancer, mudah dan ringan.
Gotong royong adalah suatu
kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat suka rela agaer kegiatan
yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancer, mudah dan ringan. Contoh kegiatan
yang dapat dilakukan secara bergotong royong antara lain pembangunan fasilitas
umum dan membersihkan lingkungan sekitar
Puisi Taman Bungaku
Ketika aku melihatmu
Saya sangat senang
Kamu terlihat cantik
warnamu sangat menarik
Oh … kebun bunga saya
Bersinar sepanjang waktu untuk terus tersenyum dariku
Jangan pernah layu bungaku
Dan jangan lupa untuk bersendawa
CONTOH SOAL
. A. Sebutkan kata yang baik pada puisi tersebut?
B. Bagaimana bila
taman tidsak dirawat?
C. Bagaimana cara merawat taman?
D. Apa manfaat gotong royong?
E. Apa yang dimaksud gotong royong?
F.Berikan contoh gotong royong yang bisa dilakukan dirumah?
G. Sebutkan benda benda yang dapat diukur dengan mistar?
H. 300 cm = ....m
I 5m = ....cm
SELASA , 7 JANUARI2020
MATERI AJAR
Kelas :II
Semester :II
Tema :
5(Pengalamanku)
Sub tema :1(Pengalamanku
di rumah)
Pembelajaran :
3
Fokus pembelajaran :
Bahasa Indonesia, Matematika, SBDP
Alokasi Waktu :
ixpertemuan (6x 35 menit )
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia :
3.6 Mencermati
ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun
sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat indonesia.
Matematika :
3. 6. Menjelaskan dan
menetukan panjang ( termasuk jarak ) berat dan waktu dalam satuan baku yang
berkaitan dengan kehidupan sehari hari.
PKN
3.1 Mengidentifikasi
hubungan antara simbol dan sila sila Pancasila dalam lambang Negara
“Garuda Pancasila”.
SBDP
3.2. Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak anak.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan memperhatikan pembacaan
teks percakapan , siswa dapat mendengar teks percakapan yang berhubungan
dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan
masyarakat indonesia
2.Dengan mengamati berbagai benda , siswa dapat memilih alat
ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang di ukur dengan benar.
3.Dengan menunjukan contoh prilaku di rumah yang sesuai
dengan sila pertama pancasila , siswa dapat menceritakan tentang pengalaman
menerapkan nilai nilai pancasilapertama di rumah dengan baik
4. Dengan mengamati teks lagu “pelangi pelangi “ , siswa dapat memainkan
pola irama sederhana
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
Pedahuluan :
Guru bersama siswa membaca doa , membaca surat pendek dan
menyanyikan lagu wajib dan mars al azhar.
Guru menyapa siswa , menanyakan kabar dan mengecek kehadiran
siswa.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan di laksanakan hari ini.
Guru mengimpormasikan
tujuan pembelajaran yang akan di capai setelah pembelajaran di laksakan.
INTI
Untuk mamantapkan pemahaman siswa diberikan latihan yang
berhubungan dengan cara meminta maaf .
Siswa diarahkan untuk
mengukur benda.
Bertanya jawab tentang materi yang belum di pahami
Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar
siswa.
PENUTUP
Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang
telah di ikuti.
Melakukan penilain hasil belajar .
Bersama sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar
Mengajak siswa berdoa
untuk mengahiri pembelajaran sebelum
pulang.
SUMBER PEMBELAJARAN DAN ALAT PRAGA
1.
BUKU TEMA
V “PENGALAMAN “
2.
ALAT UKUR BENDA ( PENGGARIS)
Penggaris dapat mengukur panjang sebuah benda.
Sebutkan alat ukur panjang yang lainnya.
Beni mengukur panjang sebuah benda . Beni mengukur
menggunakan penggaris lebih dariu satu dari satu kali. Beni juga dapat menggunakan meteran . meteran untuk mengukur
benda yang panjangya melebihi penggaris.
Contoh soal:
Sebutkan benda benda yang dapat
diukur dengan penggaris?
3.
....dan ....merupakan alat ukur untuk mengukur
panjang benda
4.
3 m = ...cm
5.
4m=
....cm
6.
...m=500 cm
7.
....m=
...600 cm
8.
Dari mana asal lugu burung tantina
9.
Siapa
yany menciptakan lagu burung tantina
10.
Berapa birama pada lagu burung tantina?
Contoh soal:
Sebutkan benda benda yang dapat
diukur dengan penggaris?
11.
....dan ....merupakan alat ukur untuk mengukur
panjang benda
12.
3 m = ...cm
13.
4m=
....cm
14.
...m=500 cm
15.
....m=
...600 cm
16.
Dari mana asal lugu burung tantina
17.
Siapa
yany menciptakan lagu burung tantina
18.
Berapa birama pada lagu burung tantina?
0 komentar:
Posting Komentar