RSS

Tema 5 (pengalamanku di rumat)


                                                                                                         JUM AT, 10 JANUAR  I2020
MATERI AJAR
Kelas                                     :II
Semester                            :II
Tema                                     : 5(Pengalamanku)
Sub tema                             :1(Pengalamanku di rumah)
Pembelajaran                    : 5 Fokus pembelajaran                 : Bahasa Indonesia, Matematika, SBDP
Alokasi Waktu                   : 1XP (6x 35 menit )
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia :
3.6 Mencermati  ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat indonesia.
Matematika :
3. 6. Menjelaskan  dan menetukan panjang ( termasuk jarak ) berat dan waktu dalam satuan baku yang berkaitan dengan kehidupan sehari hari.
PKN
3.1  Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila sila Pancasila dalam lambang Negara
“Garuda Pancasila”.
SBDP
3.2. Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak anak.
TUJUAN PEMBELAJARAN
 1. Dengan memperhatikan  pembacaan  teks percakapan , siswa dapat mendengar teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat indonesia
2.Dengan mengamati berbagai benda , siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang di ukur dengan benar.
3.Dengan menunjukan contoh prilaku di rumah yang sesuai dengan sila pertama pancasila , siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai nilai pancasilapertama di rumah dengan baik
4. Dengan mengamati teks lagu  “pelangi pelangi “ , siswa dapat memainkan pola irama sederhana
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
Pedahuluan :
Guru bersama siswa membaca doa , membaca surat pendek dan menyanyikan lagu wajib dan mars al azhar.
Guru menyapa siswa , menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
Guru menyampaikan tujuan  pembelajaran yang akan di laksanakan hari ini.
Guru  mengimpormasikan tujuan pembelajaran yang akan di capai setelah pembelajaran di laksakan.
INTI
Untuk mamantapkan pemahaman siswa diberikan latihan yang berhubungan dengan cara meminta maaf  .
Siswa  diarahkan untuk mengukur benda.
Bertanya jawab tentang materi yang belum di pahami
Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
PENUTUP
Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran  yang telah di ikuti.
Melakukan penilain hasil belajar .
Bersama sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
Mengajak siswa  berdoa untuk mengahiri pembelajaran  sebelum pulang.
SUMBER PEMBELAJARAN DAN ALAT PRAGA
1.       BUKU TEMA  V “PENGALAMAN “
2.       ALAT UKUR BENDA ( PENGGARIS)

jangka  sorong dapat digunakan untuk mengukur benda yang berbentuk bulat.
 Beni mengukur sebuah benda yang berbentuk bulat.  Beni mengukur menggunakan jangka sorong l.
https://www.gurupendidikan.co.id/wp-content/uploads/2019/01/Gotong-Royong.jpg
suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancer, mudah dan ringan.

Gotong royong adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat suka rela agaer kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancer, mudah dan ringan. Contoh kegiatan yang dapat dilakukan secara bergotong royong antara lain pembangunan fasilitas umum dan membersihkan lingkungan sekitar

SOAL LATIHAN.

1. Pengalaman di rumah sering dialami bersama …
a. Teman
b. Guru
c. Keluarga
2. Pengalaman di rumah contohnya adalah …
a. Membantu teman di kelas
b. Belajar di perpustakaan
c. Membantu ibu mencuci piring
3. Contoh pengalaman di rumah bersama ayah adalah …
a. Membantu mencuci motor
b. Berwisata ke air terjun
c. Jalan-jalan pergi ke pasar
4. Ketika di rumah kita dapat membantu ….
a. Ayah dan ibu saja
b. Kakak dan adik saja
c. Semua anggota keluarga
5. Karina diminta ibunya untuk membantu menyapu lantai
Sikap Karina sebaiknya …
a. Menunggu ayah pulang
b. Segera menyapu lantainya
c. Menyuruh kakak saja
6.. Sandi ingin mengukur panjang pensilnya
Sandi lebih mudah menggunakan ….
a. Meteran
b. Penggaris
c. Jangka sorong
7.. Pada penggaris biasanya menggunakan satuan panjang yaitu ….
a. Centimeter
b. Meter
c. Kilometer
8. Untuk mengukur benda-benda yang panjang seperti pintu dan jendela, kita bisa lebih muda
menggunakan ….
a. Meteran
b. Rapiya
c. Penggaris
9.. Benda yang dapat diukur dengan jangka sorong seperti ….
a. Mur dan tutup botol
b. Pensil dan buku
c. Lemari dan pintu

0 komentar:

Posting Komentar