JUM
AT, 10 JANUAR I2020
MATERI AJAR
Kelas :II
Semester :II
Tema :
5(Pengalamanku)
Sub tema :1(Pengalamanku
di rumah)
Pembelajaran :
5 Fokus pembelajaran :
Bahasa Indonesia, Matematika, SBDP
Alokasi Waktu :
1XP (6x 35 menit )
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia :
3.6 Mencermati
ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun
sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat indonesia.
Matematika :
3. 6. Menjelaskan dan
menetukan panjang ( termasuk jarak ) berat dan waktu dalam satuan baku yang
berkaitan dengan kehidupan sehari hari.
PKN
3.1 Mengidentifikasi
hubungan antara simbol dan sila sila Pancasila dalam lambang Negara
“Garuda Pancasila”.
SBDP
3.2. Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak anak.
TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan memperhatikan pembacaan
teks percakapan , siswa dapat mendengar teks percakapan yang berhubungan
dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan
masyarakat indonesia
2.Dengan mengamati berbagai benda , siswa dapat memilih alat
ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang di ukur dengan benar.
3.Dengan menunjukan contoh prilaku di rumah yang sesuai
dengan sila pertama pancasila , siswa dapat menceritakan tentang pengalaman
menerapkan nilai nilai pancasilapertama di rumah dengan baik
4. Dengan mengamati teks lagu “pelangi pelangi “ , siswa dapat memainkan
pola irama sederhana
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
Pedahuluan :
Guru bersama siswa membaca doa , membaca surat pendek dan
menyanyikan lagu wajib dan mars al azhar.
Guru menyapa siswa , menanyakan kabar dan mengecek kehadiran
siswa.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan di laksanakan hari ini.
Guru mengimpormasikan
tujuan pembelajaran yang akan di capai setelah pembelajaran di laksakan.
INTI
Untuk mamantapkan pemahaman siswa diberikan latihan yang
berhubungan dengan cara meminta maaf .
Siswa diarahkan untuk
mengukur benda.
Bertanya jawab tentang materi yang belum di pahami
Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi
belajar siswa.
PENUTUP
Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang
telah di ikuti.
Melakukan penilain hasil belajar .
Bersama sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar
Mengajak siswa berdoa
untuk mengahiri pembelajaran sebelum
pulang.
SUMBER PEMBELAJARAN DAN ALAT PRAGA
1.
BUKU TEMA
V “PENGALAMAN “
2.
ALAT UKUR BENDA ( PENGGARIS)
jangka sorong dapat digunakan untuk mengukur benda
yang berbentuk bulat.
Beni mengukur sebuah
benda yang berbentuk bulat. Beni
mengukur menggunakan jangka sorong l.
suatu kegiatan yang dilakukan
secara bersama-sama dan bersifat suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat
berjalan dengan lancer, mudah dan ringan.
Gotong royong adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat
suka rela agaer kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancer, mudah
dan ringan. Contoh kegiatan yang dapat dilakukan secara bergotong royong antara
lain pembangunan fasilitas umum dan membersihkan lingkungan sekitar
SOAL LATIHAN.
1. Pengalaman di rumah sering dialami bersama …
a. Teman
b. Guru
c. Keluarga
a. Teman
b. Guru
c. Keluarga
2. Pengalaman di rumah contohnya adalah …
a. Membantu teman di kelas
b. Belajar di perpustakaan
c. Membantu ibu mencuci piring
a. Membantu teman di kelas
b. Belajar di perpustakaan
c. Membantu ibu mencuci piring
3. Contoh pengalaman di rumah bersama ayah adalah …
a. Membantu mencuci motor
b. Berwisata ke air terjun
c. Jalan-jalan pergi ke pasar
a. Membantu mencuci motor
b. Berwisata ke air terjun
c. Jalan-jalan pergi ke pasar
4. Ketika di rumah kita dapat membantu ….
a. Ayah dan ibu saja
b. Kakak dan adik saja
c. Semua anggota keluarga
a. Ayah dan ibu saja
b. Kakak dan adik saja
c. Semua anggota keluarga
5. Karina diminta ibunya untuk membantu menyapu lantai
Sikap Karina sebaiknya …
a. Menunggu ayah pulang
Sikap Karina sebaiknya …
a. Menunggu ayah pulang
b. Segera menyapu lantainya
c. Menyuruh kakak saja
c. Menyuruh kakak saja
6.. Sandi ingin mengukur panjang pensilnya
Sandi lebih mudah menggunakan ….
a. Meteran
b. Penggaris
c. Jangka sorong
Sandi lebih mudah menggunakan ….
a. Meteran
b. Penggaris
c. Jangka sorong
7.. Pada penggaris biasanya menggunakan satuan panjang yaitu ….
a. Centimeter
b. Meter
c. Kilometer
a. Centimeter
b. Meter
c. Kilometer
8. Untuk mengukur benda-benda yang panjang seperti pintu dan
jendela, kita bisa lebih muda
menggunakan ….
a. Meteran
b. Rapiya
c. Penggaris
a. Meteran
b. Rapiya
c. Penggaris
9.. Benda yang dapat diukur dengan jangka sorong seperti ….
a. Mur dan tutup botol
b. Pensil dan buku
c. Lemari dan pintu
a. Mur dan tutup botol
b. Pensil dan buku
c. Lemari dan pintu
0 komentar:
Posting Komentar