RSS

TEMA 5 SUB 2 :1 (PENGALAMAN KU DI SEKOLAH)

.

SENIN  ,  13  JANUAR  I2020

MATERI AJAR
Kelas                                     :II
Semester                            :II
Tema                                     : 5(Pengalamanku)
Sub tema                             :2(Pengalamanku di sekolah)
Pembelajaran                    : 1dan 2
Fokus pembelajaran       : Bahasa Indonesia, Matematika, SBDP , PKN
Alokasi Waktu                   :1x pertemuan (6x 35 menit )
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia :
3.6 Mencermati  ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat indonesia.
Matematika :
3. 6. Menjelaskan  dan menetukan panjang ( termasuk jarak ) berat dan waktu dalam satuan baku yang berkaitan dengan kehidupan sehari hari.
PKN
3.1  Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila sila Pancasila dalam lambang Negara
“Garuda Pancasila”.
SBDP
3.2. Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak anak.
TUJUAN PEMBELAJARAN
 1. Dengan memperhatikan  pembacaan  teks percakapan , siswa dapat mendengar teks percakapan yang berhubungan dengan budaya minta maaf sebagai cermin hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat indonesia
2.Dengan mengamati berbagai benda , siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang di ukur dengan benar.
3.Dengan menunjukan contoh prilaku di rumah yang sesuai dengan sila pertama pancasila , siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai nilai pancasilapertama di rumah dengan baik
4. Dengan mengamati teks lagu  “pelangi pelangi “ , siswa dapat memainkan pola irama sederhana
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
Pedahuluan :
Guru bersama siswa membaca doa , membaca surat pendek dan menyanyikan lagu wajib dan mars al azhar.
Guru menyapa siswa , menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
Guru menyampaikan tujuan  pembelajaran yang akan di laksanakan hari ini.
Guru  mengimpormasikan tujuan pembelajaran yang akan di capai setelah pembelajaran di laksakan.
INTI
Untuk mamantapkan pemahaman siswa diberikan latihan yang berhubungan dengan cara meminta maaf  .
Siswa  diarahkan untuk mengukur benda.
Bertanya jawab tentang materi yang belum di pahami
Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
PENUTUP
Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran  yang telah di ikuti.
Melakukan penilain hasil belajar .
Bersama sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
Mengajak siswa  berdoa untuk mengahiri pembelajaran  sebelum pulang.
SUMBER PEMBELAJARAN DAN ALAT PRAGA
1.       BUKU TEMA  V “PENGALAMAN “
2.       ALAT UKUR BENDA ( JANGKA SORONG )

                       
Jangka sorong dapat digunakan untuk mengukur  sebuah bendayang berbentuk bulat.
Sebutkan alat ukur panjang yang lainnya.
Beni mengukur panjang sebuah benda . Beni mengukur menggunakan penggaris lebih dariu satu dari satu kali. Beni juga dapat  menggunakan meteran . meteran untuk mengukur benda yang panjangya  melebihi penggaris.
suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancar, mudah dan ringan.






Gotong royong adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat suka rela agaer kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancer, mudah dan ringan. Contoh kegiatan yang dapat dilakukan secara bergotong royong antara lain pembangunan fasilitas umum dan membersihkan lingkungan sekitarnya

Gotong royong membersihkan lingkungan sekolah



CONTOH SOAL
1.Contoh gotong-royong di sekolah adalah ....
2.Berdoa sebelum belajar adalah contoh penerapan Pancasila pada sila ....
3.Selalu berdoa sebelum belajar adalah termasuk wujud syukur kepada ....
4. Apa manfaat gotong royong?
5. Apa yang dimaksud gotong royong?
6. Berikan contoh gotong royong yang bisa dilakukan dirumah?
7. Apa gunanya jangka sorong?
8.. Sebutkan benda benda yang dapat diukur dengan jangka sorong?
9. Persatuan di antara teman dapat dilakukan dengan kegiatan ....
Beni mengukur panjang sebuah benda . Beni mengukur menggunakan penggaris lebih dariu satu dari satu kali. Beni juga dapat  menggunakan meteran . meteran untuk mengukur benda yang panjangya  melebihi penggaris.
suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat suka rela agar kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancar, mudah dan ringan.

Gotong royong adalah suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama dan bersifat suka rela agaer kegiatan yang dikerjakan dapat berjalan dengan lancer, mudah dan ringan. Contoh kegiatan yang dapat dilakukan secara bergotong royong antara lain pembangunan fasilitas umum dan membersihkan lingkungan sekitarnya

Gotong royong membersihkan lingkungan sekolah

CONTOH SOAL
1.Contoh gotong-royong di sekolah adalah ....
2.Berdoa sebelum belajar adalah contoh penerapan Pancasila pada sila ....
3.Selalu berdoa sebelum belajar adalah termasuk wujud syukur kepada ....
4. Apa manfaat gotong royong?
5. Apa yang dimaksud gotong royong?
6. Berikan contoh gotong royong yang bisa dilakukan dirumah?
7. Apa gunanya jangka sorong?
8.. Sebutkan benda benda yang dapat diukur dengan jangka sorong?
9. Persatuan di antara teman dapat dilakukan dengan kegiatan ....
. 10.Dalam belajar di sekolah, siswa perempuan dan laki-laki mempunyai kedudukan yang 

0 komentar:

Posting Komentar