SENIN, 27 –
JANUARI 2020
BAHAN AJAR
Kelas :
II
Semester :
II
Tema :
5 ( Pengalamanku )
Sub tema :
4 ( Pengalamanku di tempat wisata)
Pembelajaran :
1 dan 2
Mate pelajaran :
Bahasa Indonesia, Matematika, Pkn ,SBDP
Alokasi waktu :
1 x ( pertemuan )
KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.6. Mencermati
ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun
sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat indonesia.
Matematika
3,6 Menjelaskan dan
menetukan panjang ( termasuk jarak ) berat dan waktu dalam satuan baku yang
berkaitan dengan kehidupan sehari hari
PKN3.1
Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila sila Pancasila dalam
lambang Negara
“Garuda Pancasila”.
SBDP
3.2. Mengenal pola irama sederhana melalui lagu anak anak.
G TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mendengarkan guru membacakan puisi,
siswa dapat menemukan kosakata baru yang
terdapat dalam
puisi anak tentang alam dengan benar.
2. Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat
mengartikan kosakata baru yang
Didengarnya.
3.Dengan mengamati
berbagai benda , siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur
panjang benda yang di ukur dengan benar.
3.Dengan menunjukan contoh prilaku di rumah yang sesuai
dengan sila ke empat pancasila , siswa
dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai nilai pancasila ke empat
di tempat wisata dengan baik
4. Dengan mengamati teks lagu “PEMANDANGAN “ , siswa dapat memainkan pola irama sederhana
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
Pedahuluan :
Guru bersama siswa membaca doa , membaca surat pendek dan menyanyikan
lagu wajib dan mars al azhar.
Guru menyapa siswa , menanyakan kabar dan mengecek kehadiran
siswa.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan di laksanakan hari ini.
Guru mengimpormasikan
tujuan pembelajaran yang akan di capai setelah pembelajaran di laksakan.
INTI
Untuk mamantapkan pemahaman siswa diberikan latihan yang
berhubungan dengan cara meminta maaf .
Siswa diarahkan untuk
mengukur benda.
Bertanya jawab tentang materi yang belum di pahami
Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi
belajar siswa.
PENUTUP
Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menyampaikan
pendapatnya tentang pembelajaran yang
telah di ikuti.
Melakukan penilain hasil belajar .
Bersama sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil
belajar
Mengajak siswa berdoa
untuk mengahiri pembelajaran sebelum
pulang.
SUMBER PEMBELAJARAN DAN ALAT PRAGA
BUKU TEMA 5 ( PENGALAMAN )
GAMBAR ALAT UKUR METERAN
CONTOH PUISI
PEMANDANGAN
Memandang alam dari atas bukit
Sejauh pandang kulepaskan
Sungai tampak berkilau
Sawah hijau membentang
Bagai permadani di kaki langit
Gunung menjulang
Berpayung awan
Oh... indah pemandangan
SOAL LATIHAN
1.Apa arti
kata indah?
2.dalam
derdiskusi kuntuk mencari arti kosa kata merupakan pengamalan sila ke....
3. Apa lambang
sila ke empat?
4. Apa artnya
musyawarah?
5.Apa yang
dimaksud dengan pantai?
6. Apa artinya
memandang?
7.Apa artinya
berkilau?
8.Apa nama
tempat wisata yang ada lampung?
9. Berikan contoh musyawarah di kelas?
10.Siapa yang memimpin musyawarak
dikelas?
0 komentar:
Posting Komentar