RSS

TEMA 5 SUB TEMA 4 (PENGALAMANKU DI TEMPAT WISATA )


KAMIS  , 30 JANUARI 2020
BAHAN AJAR
Kelas                                                     : II
Semester                                            : II
Tema                                                     : 5 ( Pengalamanku )
Sub tema                                             : 4 ( Pengalamanku di tempat wisata)
Pembelajaran                                    : 5
Mate pelajaran                                 : Bahasa Indonesia, Matematika PKN ,SBDP
Alokasi waktu                                    : 1 x ( pertemuan )
KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.6. Mencermati  ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat indonesia.
Matematika
3,6 Menjelaskan  dan menetukan panjang ( termasuk jarak ) berat dan waktu dalam satuan baku yang berkaitan dengan kehidupan sehari hari
PKN3.1  Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila sila Pancasila dalam lambang Negara
“Garuda Pancasila”.
SBDP
3.2. Membuatan karya dari bahan buatan.
G TUJUAN PEMBELAJARAN
 1. Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang
terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan benar.
2. Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang
Didengarnya.
3.Dengan mengamati berbagai benda , siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang di ukur dengan benar.
3.Dengan menunjukan contoh prilaku di rumah yang sesuai dengan sila ke empat  pancasila , siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai nilai pancasila ke empat di tempat wisata dengan baik
4. Dengan mengamati teks lagu  “PEMANDANGAN  “ , siswa dapat memainkan pola irama sederhana
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
Pedahuluan :
Guru bersama siswa membaca doa , membaca surat pendek dan menyanyikan lagu wajib dan mars al azhar.
Guru menyapa siswa , menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
Guru menyampaikan tujuan  pembelajaran yang akan di laksanakan hari ini.
Guru  mengimpormasikan tujuan pembelajaran yang akan di capai setelah pembelajaran di laksakan.
INTI
Untuk mamantapkan pemahaman siswa diberikan latihan yang berhubungan dengan cara meminta maaf  .
Siswa  diarahkan untuk mengukur benda.
Bertanya jawab tentang materi yang belum di pahami
Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
PENUTUP
Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran  yang telah di ikuti.
Melakukan penilain hasil belajar .
Bersama sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
Mengajak siswa  berdoa untuk mengahiri pembelajaran  sebelum pulang.
SUMBER PEMBELAJARAN DAN ALAT PRAGA
BUKU TEMA 5 ( PENGALAMAN )
ALAT UKUR METERAN
GAMBAR RAJA AMPAT














Beni pergi ke Papua bersama Edo.
Keluarga bermusyawarah . Akhirnya , keluarga  sepakat pergi keraja ampat.
Musyawarah merupakan contoh sikap yang baik . karena sesuai sila ke empat pancasila
  Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung Pulau Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat, Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan pulau … Baca selengkapnya
. Danu pergi liburan ke museum bersama teman-temannya. Selain untuk pergi berlibur, di museum ia bisa sekalian ….
a. Bekerja
b. Belajar
c. Bertamu
2. Berikut ini yang merupakan contoh tempat wisata adalah ….
a. Pantai, gunung, air terjun
b. Sungai, sawah, rumah
c. Museum, kebun binatang, kamar tidur
3. Pergi ke tempat wisata bisa membuat hati kita merasa ….
a. Sedih sekali
b. Senang
c. Galau
4. Panjang antrean di loket kebun binatang di hari libur sampai 5 meter. 5 meter sama juga dengan ….
a. 50 centimeter
b. 500 centimeter
c. 5.000 centimeter
5. Panjang kolam renang anak adalah 700 cm. Kemudian panjang kolam renang dewasa adalah 1.200 cm. Jika keduanya dijumlahkan, maka panjangnya adalah …. m.
a. 19
b. 190
c. 1900
6. Panjang ruang kelas 2 SD adalah 2.000 cm dan panjang ruang perpustakaan adalah 2.500 cm. Berapa meterkah panjang kedua ruang tersebut jika dijumlahkan?
a. 4,5 m
b. 45 m
c. 450 m
7. Kereta wisata yang dinaiki Anita punya 2 gerbong. Gerbong pertama panjangnya 6 m dan gerbong kedua panjangnya 5 m. Jadi panjang kedua gerbong tersebut jika digabung adalah ….
a. 11 cm
b. 110 cm
c. 1.100 cm
8. Mila punya pita sepanjang 8 m dan Ais punya pita sepanjang 5 meter. Berapa centimeterkah selisih panjang pita mereka berdua?
a. 3 cm
b. 30 cm
c. 300 cm
9. Panjang halaman sekolah adalah 2.000 cm dan lebarnya adalah 1.500 cm. Berapa meterkah selisih panjang dan lebar halaman sekolah?
a. 5 m
b. 50 m
c. 500 m
10. Siswa kelas 2 SD ingin berlibur ke sebuah tempat wisata, mereka bisa menentukan tempatnya dengan cara ….
a. Berkelahi
b. Bermusyawarah
c. Berdebat

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Terima kasih buk,semoga sangat bermanfaat 😍 saya senang mengerhakannya

Posting Komentar