KAMIS , 30 JANUARI 2020
BAHAN
AJAR
Kelas :
II
Semester :
II
Tema :
5 ( Pengalamanku )
Sub tema :
4 ( Pengalamanku di tempat wisata)
Pembelajaran :
5
Mate pelajaran :
Bahasa Indonesia, Matematika PKN ,SBDP
Alokasi waktu :
1 x ( pertemuan )
KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.6. Mencermati ungkapan
permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran
sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat indonesia.
Matematika
3,6 Menjelaskan dan menetukan
panjang ( termasuk jarak ) berat dan waktu dalam satuan baku yang berkaitan
dengan kehidupan sehari hari
PKN3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan
sila sila Pancasila dalam lambang Negara
“Garuda Pancasila”.
SBDP
3.2. Membuatan karya dari bahan buatan.
G TUJUAN PEMBELAJARAN
1. Dengan mendengarkan guru membacakan puisi,
siswa dapat menemukan kosakata baru yang
terdapat
dalam puisi anak tentang alam dengan benar.
2. Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat mengartikan
kosakata baru yang
Didengarnya.
3.Dengan
mengamati berbagai benda , siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk
mengukur panjang benda yang di ukur dengan benar.
3.Dengan menunjukan contoh prilaku di rumah yang sesuai dengan sila ke
empat pancasila , siswa dapat menceritakan
tentang pengalaman menerapkan nilai nilai pancasila ke empat di tempat wisata
dengan baik
4. Dengan mengamati teks lagu
“PEMANDANGAN “ , siswa dapat
memainkan pola irama sederhana
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
Pedahuluan :
Guru bersama siswa membaca doa , membaca surat pendek dan menyanyikan
lagu wajib dan mars al azhar.
Guru menyapa siswa , menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
Guru menyampaikan tujuan
pembelajaran yang akan di laksanakan hari ini.
Guru mengimpormasikan tujuan
pembelajaran yang akan di capai setelah pembelajaran di laksakan.
INTI
Untuk mamantapkan pemahaman siswa diberikan latihan yang berhubungan
dengan cara meminta maaf .
Siswa diarahkan untuk mengukur
benda.
Bertanya jawab tentang materi yang belum di pahami
Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
PENUTUP
Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menyampaikan pendapatnya
tentang pembelajaran yang telah di
ikuti.
Melakukan penilain hasil belajar .
Bersama sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
Mengajak siswa berdoa untuk
mengahiri pembelajaran sebelum pulang.
SUMBER PEMBELAJARAN DAN ALAT PRAGA
BUKU TEMA 5 ( PENGALAMAN )
ALAT UKUR METERAN
GAMBAR RAJA AMPAT
Beni pergi ke Papua bersama Edo.
Keluarga bermusyawarah . Akhirnya , keluarga sepakat pergi keraja ampat.
Musyawarah merupakan contoh sikap yang baik . karena sesuai
sila ke empat pancasila
Kepulauan Raja Ampat merupakan rangkaian empat
gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di barat bagian Kepala Burung Pulau
Papua. Secara administrasi, gugusan ini berada di bawah Kabupaten Raja Ampat,
Provinsi Papua Barat. Kepulauan ini sekarang menjadi tujuan para penyelam yang
tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya. Empat gugusan
pulau … Baca
selengkapnya
. Danu pergi liburan ke museum bersama teman-temannya. Selain
untuk pergi berlibur, di museum ia bisa sekalian ….
a. Bekerja
b. Belajar
c. Bertamu
a. Bekerja
b. Belajar
c. Bertamu
2. Berikut ini yang merupakan contoh tempat wisata adalah ….
a. Pantai, gunung, air terjun
b. Sungai, sawah, rumah
c. Museum, kebun binatang, kamar tidur
a. Pantai, gunung, air terjun
b. Sungai, sawah, rumah
c. Museum, kebun binatang, kamar tidur
3. Pergi ke tempat wisata bisa membuat hati kita merasa ….
a. Sedih sekali
b. Senang
c. Galau
a. Sedih sekali
b. Senang
c. Galau
4. Panjang antrean di loket kebun binatang di hari libur sampai
5 meter. 5 meter sama juga dengan ….
a. 50 centimeter
b. 500 centimeter
c. 5.000 centimeter
a. 50 centimeter
b. 500 centimeter
c. 5.000 centimeter
5. Panjang kolam renang anak adalah 700 cm. Kemudian panjang
kolam renang dewasa adalah 1.200 cm. Jika keduanya dijumlahkan, maka panjangnya
adalah …. m.
a. 19
b. 190
c. 1900
a. 19
b. 190
c. 1900
6. Panjang ruang kelas 2 SD adalah 2.000 cm dan panjang ruang
perpustakaan adalah 2.500 cm. Berapa meterkah panjang kedua ruang tersebut jika
dijumlahkan?
a. 4,5 m
b. 45 m
c. 450 m
b. 45 m
c. 450 m
7. Kereta wisata yang dinaiki Anita punya 2 gerbong. Gerbong
pertama panjangnya 6 m dan gerbong kedua panjangnya 5 m. Jadi panjang kedua
gerbong tersebut jika digabung adalah ….
a. 11 cm
b. 110 cm
c. 1.100 cm
a. 11 cm
b. 110 cm
c. 1.100 cm
8. Mila punya pita sepanjang 8 m dan Ais punya pita sepanjang 5
meter. Berapa centimeterkah selisih panjang pita mereka berdua?
a. 3 cm
b. 30 cm
c. 300 cm
a. 3 cm
b. 30 cm
c. 300 cm
9. Panjang halaman sekolah adalah 2.000 cm dan lebarnya adalah
1.500 cm. Berapa meterkah selisih panjang dan lebar halaman sekolah?
a. 5 m
b. 50 m
c. 500 m
a. 5 m
b. 50 m
c. 500 m
10. Siswa kelas 2 SD ingin berlibur ke sebuah tempat wisata,
mereka bisa menentukan tempatnya dengan cara ….
a. Berkelahi
b. Bermusyawarah
c. Berdebat
a. Berkelahi
b. Bermusyawarah
c. Berdebat
1 komentar:
Terima kasih buk,semoga sangat bermanfaat 😍 saya senang mengerhakannya
Posting Komentar