RSS

TEMA 5 SUB 3 ( PENGALAMANKU DI TEMPAT WISATA )


SELASA ,28 – JANUARI 2020
BAHAN AJAR
Kelas                                                     : II
Semester                                            : II
Tema                                                     : 5 ( Pengalamanku )
Sub tema                                             : 4 ( Pengalamanku di tempat wisata)
Pembelajaran                                    : 3
Mate pelajaran                                 : Bahasa Indonesia, Matematika PKN ,SBDP
Alokasi waktu                                    : 1 x ( pertemuan )
KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonesia
3.6. Mencermati  ungkapan permintaan maaf dan tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun dalam kemajemukan masyarakat indonesia.
Matematika
3,6 Menjelaskan  dan menetukan panjang ( termasuk jarak ) berat dan waktu dalam satuan baku yang berkaitan dengan kehidupan sehari hari
PKN3.1  Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan sila sila Pancasila dalam lambang Negara
“Garuda Pancasila”.
SBDP
3.2. Membuatan karya dari bahan buatan.
G TUJUAN PEMBELAJARAN
 1. Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat menemukan kosakata baru yang
terdapat dalam puisi anak tentang alam dengan benar.
2. Dengan mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang
Didengarnya.
3.Dengan mengamati berbagai benda , siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk mengukur panjang benda yang di ukur dengan benar.
3.Dengan menunjukan contoh prilaku di rumah yang sesuai dengan sila ke empat  pancasila , siswa dapat menceritakan tentang pengalaman menerapkan nilai nilai pancasila ke empat di tempat wisata dengan baik
4. Dengan mengamati teks lagu  “DESA  “ , siswa dapat memainkan pola irama sederhana
LANGKAH LANGKAH PEMBELAJARAN
Pedahuluan :
Guru bersama siswa membaca doa , membaca surat pendek dan menyanyikan lagu wajib dan mars al azhar.
Guru menyapa siswa , menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
Guru menyampaikan tujuan  pembelajaran yang akan di laksanakan hari ini.
Guru  mengimpormasikan tujuan pembelajaran yang akan di capai setelah pembelajaran di laksakan.
INTI
Untuk mamantapkan pemahaman siswa diberikan latihan yang berhubungan dengan cara meminta maaf  .
Siswa  diarahkan untuk mengukur benda.
Bertanya jawab tentang materi yang belum di pahami
Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
PENUTUP
Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran  yang telah di ikuti.
Melakukan penilain hasil belajar .
Bersama sama siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
Mengajak siswa  berdoa untuk mengahiri pembelajaran  sebelum pulang.
SUMBER PEMBELAJARAN DAN ALAT PRAGA
BUKU TEMA 5 ( PENGALAMAN )

















GAMBAR ALAT UKUR METERAN
CONTOH PUISI
Desaku,
Pohon-pohon yang rindang
Tak pernah bosan aku memandangnya
Pernak-pernik hiasan bunga
Menyatu dalam keindahan
Juga tanah yang subur dan gembur
Sangat cocok untuk sandang pangan kita
Menyiram dan menanam
Seperti persiapan sebagai bekal insan
 




SOAL LATIHAN
1.Apa arti kata indah?
2.dalam derdiskusi kuntuk mencari arti kosa kata merupakan pengamalan sila ke....
3. Apa lambang sila ke empat?
4. Apa artnya musyawarah?
5.Apa yang dimaksud dengan pantai?
6. Apa artinya memandang?
7.Apa artinya berkilau?
8.Apa nama tempat wisata yang ada lampung?
       9. Berikan contoh musyawarah di kelas?

      10.Siapa yang memimpin musyawarak dikelas?



0 komentar:

Posting Komentar