SELASA ,28 –
JANUARI 2020
BAHAN AJAR
Kelas :
II
Semester : II
Tema :
5 ( Pengalamanku )
Sub tema : 4
( Pengalamanku di tempat wisata)
Pembelajaran : 3
Mate pelajaran : Bahasa
Indonesia, Matematika PKN ,SBDP
Alokasi waktu : 1 x ( pertemuan
)
KOMPETENSI
DASAR
Bahasa
Indonesia
3.6.
Mencermati ungkapan permintaan maaf dan
tolong melalui teks tentang budaya santun sebagai gambaran sikap hidup rukun
dalam kemajemukan masyarakat indonesia.
Matematika
3,6
Menjelaskan dan menetukan panjang (
termasuk jarak ) berat dan waktu dalam satuan baku yang berkaitan dengan
kehidupan sehari hari
PKN3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan
sila sila Pancasila dalam lambang Negara
“Garuda
Pancasila”.
SBDP
3.2. Membuatan
karya dari bahan buatan.
G TUJUAN
PEMBELAJARAN
1. Dengan mendengarkan guru membacakan puisi,
siswa dapat menemukan kosakata baru yang
terdapat dalam
puisi anak tentang alam dengan benar.
2. Dengan
mendengarkan guru membacakan puisi, siswa dapat mengartikan kosakata baru yang
Didengarnya.
3.Dengan
mengamati berbagai benda , siswa dapat memilih alat ukur yang sesuai untuk
mengukur panjang benda yang di ukur dengan benar.
3.Dengan
menunjukan contoh prilaku di rumah yang sesuai dengan sila ke empat pancasila , siswa dapat menceritakan tentang
pengalaman menerapkan nilai nilai pancasila ke empat di tempat wisata dengan
baik
4. Dengan mengamati
teks lagu “DESA “ , siswa dapat memainkan pola irama sederhana
LANGKAH LANGKAH
PEMBELAJARAN
Pedahuluan :
Guru bersama
siswa membaca doa , membaca surat pendek dan menyanyikan lagu wajib dan mars al
azhar.
Guru menyapa
siswa , menanyakan kabar dan mengecek kehadiran siswa.
Guru
menyampaikan tujuan pembelajaran yang
akan di laksanakan hari ini.
Guru mengimpormasikan tujuan pembelajaran yang
akan di capai setelah pembelajaran di laksakan.
INTI
Untuk
mamantapkan pemahaman siswa diberikan latihan yang berhubungan dengan cara
meminta maaf .
Siswa diarahkan untuk mengukur benda.
Bertanya jawab
tentang materi yang belum di pahami
Memberikan
penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
PENUTUP
Guru memberi
kesempatan pada siswa untuk menyampaikan pendapatnya tentang pembelajaran yang telah di ikuti.
Melakukan
penilain hasil belajar .
Bersama sama
siswa membuat kesimpulan / rangkuman hasil belajar
Mengajak
siswa berdoa untuk mengahiri
pembelajaran sebelum pulang.
SUMBER
PEMBELAJARAN DAN ALAT PRAGA
BUKU TEMA 5 (
PENGALAMAN )
GAMBAR ALAT UKUR METERAN
CONTOH PUISI
Desaku,
Pohon-pohon yang rindang
Tak pernah bosan aku memandangnya
Pernak-pernik hiasan bunga
Menyatu dalam keindahan
Juga tanah yang subur dan gembur
Sangat cocok untuk sandang pangan kita
Menyiram dan menanam
Seperti persiapan sebagai bekal insan
Pohon-pohon yang rindang
Tak pernah bosan aku memandangnya
Pernak-pernik hiasan bunga
Menyatu dalam keindahan
Juga tanah yang subur dan gembur
Sangat cocok untuk sandang pangan kita
Menyiram dan menanam
Seperti persiapan sebagai bekal insan
SOAL LATIHAN
1.Apa
arti kata indah?
2.dalam
derdiskusi kuntuk mencari arti kosa kata merupakan pengamalan sila ke....
3.
Apa lambang sila ke empat?
4.
Apa artnya musyawarah?
5.Apa
yang dimaksud dengan pantai?
6.
Apa artinya memandang?
7.Apa
artinya berkilau?
8.Apa
nama tempat wisata yang ada lampung?
9.
Berikan contoh musyawarah di kelas?
10.Siapa yang memimpin musyawarak dikelas?
0 komentar:
Posting Komentar