18 Oktober
2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II
Semester :
I
Tema :
III / Tugasku Sehari-hari
Subtema : IV
/ Tugasku dalam Kehidupan Sosial
Pembelajaran : 6
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan
kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial, dan
budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui
teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
Matematika
3.5 Menjelaskan nilai
dan kesetaraan pecahan mata uang.
SBdP
3.4 Mengenal
pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan
melakukan kegiatan menyantuni anak yatim, siswa mampu menemukan makna kosakata
tentang kehidupan sosial.
2.
Dengan
mengamati gambar teks dan isi teks, siswa dapat menaksir harga barang.
3.
Dengan
mengamati teks dan penjelasan guru, siswa mampu memahami prakarya dari bahan
buatan.
4.
Dengan
mengamati teks dan penjelasan guru, siswa mampu membuat prakarya dari bahan
buatan.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Mengamati
kegiatan menyantuni anak yatim untuk menemukan makna kosakata tentang kehidupan
sosial.
2.
Mengamati
gambar dan isi teks untuk harga barang.
3.
Mengamati
teks dan penejelasan guru untuk memahami prakarya dari bahan buatan.
4.
Membuat
prakarya dari bahan buatan.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema III Tugasku Sehari-hari
·
Buku
Siswa Tema III Tugasku Sehari-hari
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, dan Matematika
Materi Pembelajaran
Menyantuni
Anak Yatim
Siti, ayah, ibu, kakek, nenek, dan adik berkunjung ke rumah Ani.
Ani adalah teman
Siti. Usia mereka sebaya.
Ani adalah
seorang anak yatim. Ia tinggal bersama ibunya.
Ani anak yang
pandai dan rajin.
Siti sering
membantu Ani.
Mereka sangat
akrab walau jarang bertemu.
Setelah
mengunjungi Ani, Siti, dan keluarga
kembali ke
rumah. Kakek dan nenek sangat senang
Siti berkunjung
ke rumah. Siti dan Ali diberi sejumlah uang oleh nenek.
Siti dan Ali
masing-masing mendapat uang Rp5.000,00.
Kakek adalah
seorang yang hebat.
Dahulu, kakek
pandai membuat prakarya.
Dari kakek, Siti
belajar membuat tempat pensil dari barang bekas.
Sekarang, buatlah tempat pensil cantik sesuai dengan
petunjuk yang ada di bukumu!
0 komentar:
Posting Komentar