14 Oktober
2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II
Semester :
I
Tema :
III / Tugasku Sehari-hari
Subtema : IV
/ Tugasku dalam Kehidupan Sosial
Pembelajaran : 1
dan 2
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan
kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial,
dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah
melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
SBdP
3.4 Mengenal
pengolahan bahan alam dan buatan dalam berkarya.
Matematika
3.5 Menjelaskan nilai
dan kesetaraan pecahan mata uang.
PKn
3.3 Mengidentifikasi
jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan
mengamati denah rumah dan teks bacaan, siswa dapat menyebutkan isi teks
berkaitan dengan lingkungan geografis di rumah dengan percaya diri.
2.
Dengan
memperhatikan gambar, siswa dapat membandingkan pecahan uang secara cermat.
3.
Dengan
mengamati gambar, siswa dapat menyuarakan panjang pendek bunyi dengan percaya
diri.
4.
Melalui
kegiatan diskusi siswa dapat menyampaikan perilaku yang sesuai dengan nilai
Pancasila di rumah.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru
menyampaikan kegiatan pembelajaran yang
akan dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Mengamati
cerita yang berkaitan kehidupan sosial.
2.
Menemukan
kosakata berkaitan kehidupan sosial.
3.
Menghitung
nilai sekelompok pecahan uang.
4.
Menaksir
harga barang dengan sekelompok pecahan uang yang setara.
5.
Membuat
prakarya dari bahan alam.
6.
Mencermati
isi teks serta mengelompokkan perbedaan
individu berdasarkan jenis kelamin di sekolah.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pembelajaran
dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema III Tugasku Sehari-hari
·
Buku
Siswa Tema III Tugasku Sehari-hari
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
·
Berbagai
pecahan mata uang.
·
Bahan
prakarya dari bahan alam dan buatan.
·
Teks
cerita yang berkaitan dengan kehidupan sosial.
Materi
Pembelajaran
Siswa kelas 2 rajin belajar.
Mereka sering belajar kelompok.
Ibu guru membimbing siswa dalam
kerja kelompok.
Semua siswa menghormati guru. Semua
gurumenyayangi siswa.
Selama kerja kelompok, antarsiswa
saling bekerja sama.
Menghormati guru dan menyayangi teman adalah tugas siswa.
Ibu guru mengingatkan Siti dan teman-teman untuk selalu
bekerja sama.
Kita tidak dapat hidup sendiri.
Semua orang membutuhkan orang lain.
Manusia adalah makhluk sosial.
Hari ini, ibu guru memberi tugas secara kelompok.
Setiap kelompok harus bekerja sama.
Tugasnya adalah membuat prakarya dengan bahan alami.
Sebelum membuat prakarya, setiap kelompok menyiapkan
bahan.
Bahan-bahan yang digunakan adalah biji-bijian.
Siti dan kelompoknya membeli kacang tanah, kacang hijau,
kacang kedelai, dan biji jagung.
Membuat Bingkai Foto
dari Biji-bijian
Bahan:
1. Karton 5. Kacang hijau
2. Lem 6. Kacang kedelai
3. Kacang tanah
7. Foto
4. Biji jagung
Alat:
1. Pena
2. Gunting
3. Penggaris
Cara Membuat:
1. Guntinglah karton membentuk persegi panjang. Hati-hati
saat menggunakan gunting!
2. Berilah garis di setiap pinggiran karton untuk membuat
bingkai.
3. Tempelkan biji yang kamu pilih di setiap sudut karton.
Berilah lem terlebih dahulu.
4. Setelah bingkai terpasang biji-bijian, pasang foto kamu.
Dalam membuat prakarya guru membagi siswa menjadi
kelompok. Beberapa kelompok putra dan
kelompok putri. Tulislah
nama anggota kelompok putra dan putri!
0 komentar:
Posting Komentar