RSS

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 2 PB 3

29 Oktober 2019
MATERI AJAR
Kelas               : II
Semester          : I
Tema               : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema          : II / Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah
Pembelajaran   : 3

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

SBdP
3.3 Memahami gerak keseharian dalam tari.

Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.

Tujuan Pembelajaran
1.        Melalui penugasan, siswa dapat mencatat isi teks yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa tulis secara tepat.
2.        Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
3.        Dengan mengamati contoh gerakan, siswa dapat melakukan gerak koordinasi gerak kepala, tangan, dan kaki dengan level dan hitungan/iringan dengan benar.
4.        Melalui tanya jawab, siswa dapat mengelompokan bangun datar berdasar banyak sisi, sudut, dan titik sudut dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.        Membaca lancar teks yang berhubungan dengan lingkungan tidak sehat di sekolah.
2.        Menyebutkan isi teks yang berhubungan dengan lingkungan tidak sehat di sekolah.
3.        Membuat laporan sederhana tentang lingkungan tidak sehat di sekolah.
4.        Menirukan gerak menyapu lantai dalam bentuk tari.
5.        Menentukan bangun datar berdasarkan banyaknya sisi, sudut, dan titik sudut.

Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.


Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
·           Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·           Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·           Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
·           Gambar dan bentuk bangun datar
·           Gambar-gambar contoh ruangan kelas di sekolah yang tidak sehat.

Materi Pembelajaran

Informasi apa yang kamu peroleh dari teks di atas?

Amatilah gambar berikut dengan teliti! Apa yang kamu lakukan jika melihat kelasmu seperti
pada gambar?


Tuliskan tentang kelas yang tidak bersih berdasarkan pengamatanmu!

Kelas yang tidak bersih harus dibersihkan. Kelas harus disapu agar tidak ada debu yang
menempel. Gerakan menyapu dapat membentuk gerakan tari.
Masih ingatkah kamu gerakan menyapu lantai dalam bentuk tari?

Coba amati kembali gambar alat musik tifa. Permukaan dinding tifa membentuk pola bangun
Datar segi empat dan segitiga. Segitiga dan segi empat merupakan contoh bangun datar.
Tahukah kamu contoh bangun datar yang lain?

Tentukanlah bangun datar yang sesuai dengan banyak sisi, sudut, dan titik sudut berikut!

0 komentar:

Posting Komentar