Kelas :
2
Tema / Subtema : 3 (Tugasku Sehari-hari) / 3 (Tugasku
Sebagai Umat Beragama)
Pembelajaran : 4 dan 5
KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonsia
3.3 Menentukan
kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial,
dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah
melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.3 Melaporkan
penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil
pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya
di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
PPKn
3.3
Mengidentifikasi jenis-jeniskeberagaman karakteristik individu di sekolah.
4.3 Mengelompokkan
jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
Matematika
3.5 Menjelaskan
nilai dan kesetaraan pecahan mata uang.
4.5 Mengurutkan
nilai mata uang serta mendemonstrasikan berbagai kesetaraan pecahan mata uang.
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong yang disajikan,
siswa
mampu memahami isi teks berkaitan dengan kehidupan budaya di
sekolah.
2.
Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong yang disajikan, siswa
menemukan
kosakata berkaitan dengan kehidupan budaya di sekolah.
3.
Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong yang disajikan, siswa
menemukan
makna kosakata berkaitan dengan kehidupan budaya di
sekolah.
4.
Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong dan teks yang
disajikan,
siswa memahami perbedaan individu di sekolah berdasarkan
agama.
5.
Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong dan teks yang
disajikan,
siswa mengelompokkan perbedaan individu di sekolah
berdasarkan
agama.
6.
Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong dan teks yang
disajikan,
siswa dapat menyebutkan kesetaraan beberapa nilai pecahan
uang.
7.
Dengan mengamati gambar kegiatan gotong royong dan teks yang
disajikan,
siswa dapat mengurutkan harga.
Bahasa
Indonesia
Edo, Beni, Meli,
Lani, Dayu, dan Siti mengakhiri belajar
kelompok pukul
18.00.
Menjelang pukul
18.00 terdengar suara azan.
Siti minta izin
untuk melaksanakan salat.
Edo dan teman-teman
mengantar Siti ke musala depan
rumah Dayu.
Mereka menunggu
Siti di luar musala.
Edo dan
teman-temannya mendukung Siti untuk
beribadah.
Menghormati teman
beribadah adalah tugas siswa.
Jawablah pertanyaan
berikut dengan percaya diri!
1. Adakah dari
uraian di atas kamu temukan tugasmu
sebagai umat
bergama?
________________________________________________
________________________________________________
2. Mengapa Edo dan
teman-temannya mau mengantar
Siti ke musala?
________________________________________________
________________________________________________
3. Bolehkah Edo dan
teman-temannya melarang Siti
beribadah?
________________________________________________
________________________________________________
4. Bolehkah Siti
mengajak teman-temannya melakukan
ibadahnya?
________________________________________________
________________________________________________
PPKn
Pembelajaran 5
KOMPETENSI DASAR
Bahasa Indonsia
3.3 Menentukan
kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial,
dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah
melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
4.3 Melaporkan
penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil
pengamatan tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial dan budaya
di lingkungan sekitar dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
PPKn
3.3
Mengidentifikasi jenis-jeniskeberagaman karakteristik individu di sekolah.
4.3 Mengelompokkan
jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
Tujuan Pembelajaran
1. Dengan
mencermati gambar permainan rounders dan isi teks serta
penjelasan guru,
siswa dapat memahami gerakan melempar, menangkap,
dan memukul bola.
2. Dengan
mencermati gambar permainan rounders dan isi teks serta
penjelasan guru,
siswa dapat melakukan gerakan melempar, menangkap,
dan memukul bola.
3. Dengan
mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat memahami
isi teks berkaitan
dengan permainan rounders.
4. Dengan
mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat menemukan
kosakata berkaitan
dengan permainan rounders.
5. Dengan
mencermati isi teks serta penjelasan guru, siswa dapat menemukan
makna kosakata
berkaitan dengan permainan rounders.
6. Dengan
mencermati isi teks serta penugasan guru, siswa dapat memahami,
menjaga hubungan antarteman, antaragama.
Bahasa Indonesia
Edo dan
teman-temannya bermain Bola Tangan.
Mereka membentuk 2
kelompok.
Mereka tidak
membeda-bedakan teman.
Semua bisa menjadi
kelompok Edo.
Mereka tidak
membeda-bedakan agama mereka.
Menyayangi teman
adalah tugas siswa.
Jawablah pertanyaan
berikut dengan percaya diri!
1. Adakah dari
uraian di atas kamu temukan tugasmu
sebagai umat
bergama?
________________________________________________
2. Mengapa Edo dan
teman-temannya dapat
bekerjasama?
________________________________________________
PPKn
0 komentar:
Posting Komentar