16 Oktober 2019
MATERI
AJAR
Kelas :
II
Semester :
I
Tema :
III / Tugasku Sehari-hari
Subtema : IV
/ Tugasku dalam Kehidupan Sosial
Pembelajaran : 4
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.3 Menentukan
kosakata dan konsep tentang lingkungan geografis, kehidupan ekonomi, sosial,
dan budaya di lingkungan sekitar dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah
melalui teks tulis, lisan, visual dan/atau eksplorasi lingkungan.
PKn
3.3 Mengidentifikasi
jenis-jenis keberagaman karakteristik individu di sekolah.
Matematika
3.5 Menjelaskan nilai
dan kesetaraan pecahan mata uang.
Tujuan Pembelajaran
1.
Dengan
mengamati gambar dan isi teks yang disajikan, siswa mampu memahami isi teks
berkaitan dengan kehidupan sosial di sekolah.
2.
Dengan
mengamati isi teks yang disajikan dan penjelasan guru, siswa menemukan makna
kosakata berkaitan dengan kehidupan sosial di sekolah.
3.
Dengan
mengamati isi teks dan penugasan guru, siswa mengelompokkan perbedaan individu
di sekolah berdasarkan suku/asal daerahnya.
4.
Dengan
mengamati isi teks yang disajikan dan penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan
kesetaraan beberapa nilai pecahan uang.
5.
Dengan
mengamati isi teks yang disajikan dan penjelasan guru, siswa dapat mengurutkan
harga.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Mencermati
gambar dan isi teks yang berkaitan dengan kehidupan sosial di sekolah.
2.
Mencermati
isi teks dan penugasan guru tentang perbedaan individu di sekolah berdasarkan
3.
suku/asal
daerahnya.
4.
Mencermati
teks yang disajikan dan penjelasan guru untuk mengurutkan harga.
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber
Pembelajaran dan Alat Peraga
·
Buku
Guru Tema III Tugasku Sehari-hari
·
Buku
Siswa Tema III Tugasku Sehari-hari
·
Buku
Paket Bahasa Indonesia, PKn, dan Matematika
Materi
Pembelajaran
Upacara Hari Sumpah
Pemuda
Upacara berlangsung khidmat.
Upacara diikuti seluruh siswa dan
guru.
Pembina upacara memberi pengarahan.
Pembina upacara berpesan agar siswa terus rajin belajar.
Seluruh siswa harus bersatu membangun bangsa.
Kemudian ada petugas yang membacakan naskah Sumpah
Pemuda.
0 komentar:
Posting Komentar