KISI – KISI SOAL PENILAIAN TENGAH SEMESTER
TEMA 1 (Subtema 1 dan Subtema 2) KELAS 2 SD SEMESTER
GANJIL
TP. 2019 / 2020
No.
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
1.
|
PKN
3.1 Mengidentifikasi hubungan antara simbol dan
sila-sila Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila.
|
3.1.1 memasangkan simbol dengan bunyi sila-sila pada Pancasila dengan
benar.
3.1.2 menentukan pengamalan sila Pancasila yang
sesuai dengan cerita tersebut.
3.1.3 menunjukkan perilaku di rumah yang sesuai
sila keempat Pancasila di rumah dengan benar.
3.1.4 menuliskan rumusan sila Pancasila dengan
benar.
3.1.5 menunjukkan contoh perilaku di tempat
bermain yang sesuai dengan sila pertama Pancasila dengan benar.
3.1.6 menunjukkan perilaku di tempat bermain yang
sesuai dengan sila ketiga Pancasila dengan benar.
3.1.7 menunjukkan perilaku di rumah yang sesuai
sila kelima Pancasila di rumah dengan benar.
3.1.8 memasang
gambar yang sesuai dengan sila keempat dan kelima Pancasila dengan benar.
|
2
|
B. INDONESIA
3.1 Merinci
ungkapan, ajakan, perintah, penolakan yang terdapat dalam teks cerita atau
lagu yang menggambarkan sikap hidup rukun
|
3.1.1 menyebutkan ungkapan yang terdapat pada teks
cerita tersebut dengan tepat.
3.1.2 menyebutkan ungkapan tersebut dengan benar.
3.1.3 menentukan bagian yang termasuk ungkapan dan
artinya dengan tepat.
3.1.4 menyebutkan ungkapan dalam teks percakapan
tersebut dengan tepat.
3.1.5 menyebutkan makna ungkapan tersebut dalam
kalimat yang santun.
3.1.6 menyebutkan ungkapan dalam teks tersebut
dengan tepat.
3.1.7 menyebutkan kalimat ajakan dengan bahasa
yang santun.
3.1.8 menyebutkan kalimat ajakan yang terdapat di
dalam teks lagu dengan benar.
3.1.9 menyebutkan isi teks yang berisi ajakan yang
berkaitan dengan sikap hidup rukun melalui kegiatan menyimak.
3.1.10 menuliskan kalimat yang berkaitan dengan
sikap hidup rukun dengan benar.
3.1.11 menemukan kalimat ajakan yang terdapat dalam
teks lagu yang berkaitan dengan sikap hidup rukun dengan benar.
|
3
|
MATEMATIKA
3.1 Menjelaskan makna bilangan cacah dan
menentukan lambangnya berdasarkan nilai tempat dengan menggunakan model
konkret serta cara membacanya.
3.2 Membandingkan dua bilangan cacah.
.
|
3.1.1 menyatakan kumpulan objek dengan bilangan sampai dengan 999
dengan benar.
3.1.2 membaca bilangan cacah sampai 999.
3.1.3 menentukan nilai tempat pada bilangan dua
angka dan tiga angka.
3.1.4 menyebutkan nilai tempat ratusan, puluhan,
dan satuan bilangan tiga angka dengan teliti.
3.2.1 mengurutkan tiga buah bilangan tiga angka dari yang terkecil
sampai terbesar dan sebaliknya.
3.2.2 membandingkan dua kumpulan benda dengan
istilah lebih banyak, sama dengan, dan kurang dari dengan tepat
3.2.3 membandingkan banyaknya dua kumpulan benda.
3.2.4 membandingkan bilangan tiga angka dengan
menggunakan kartu bilangan.
|
4.
|
SBdP
3.2 Mengenal pola irama sederhana melalui
lagu anak-anak
3.3 Mengenal gerak keseharian dan alam dalam
tari.
|
3.2.1 membedakan panjang pendek bunyi pada lagu anak dengan tepat.
3.2.2 membedakan kuat lemah bunyi pada lagu anak
dengan benar.
3.2.3 menentukan kuat lemah bunyi pada
lagu dengan benar.
3.3.1 mengidentifikasi arah gerak tangan dengan benar.
3.3.2 mengidentifikasi koordinasi gerak kepala,
tangan, dan kaki sesuai hitungan dengan benar.
3.3.3 mengidentifikasi koordinasi gerak tangan,
kaki, dan kepala dengan benar.
3.3.4 mengidentifikasi arah gerak kaki dengan
benar.
3.3.5 mengidentifikasi arah gerak kepala dengan
benar.
3.3.6 mengidentifikasi gerak koordinasi kepala,
tangan, dan kaki dengan benar.
|
5
|
PJOK
3.1
Memahami variasi gerak dasar lokomotor
|
3.1.1 menjelaskan gerak dasar berjalan dalam permainan sederhana dengan
benar
3.1.2 menjelaskan gerakan tersebut dengan benar.
3.1.3 menjelaskan prosedur gerakan berlari ke
berbagai arah sesuai dengan konsep tubuh, riang, usaha, dan keterhubungan
dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional dengan benar.
|
0 komentar:
Posting Komentar