RSS
Selasa, 26 -11- 2019
MATERI AJAR
Kelas               : II D
Semester          : I
Tema               : II / Bermain di Lingkunganku
Subtema          : I / Bermain di Lingkungan Rumah
Pembelajaran   : 3

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakatadan konsep tentangkeragaman bendaberdasarkan bentuk danwujudnya dalam bahasaIndonesia atau bahasadaerah melalui teks tulis,lisan, visual, dan/ataueksplorasi lingkungan.
4.2 Melaporkan penggunaankosakata bahasaIndonesia yang tepatatau bahasa daerah hasilpengamatan tentangkeragaman bendaberdasarkan bentuk danwujudnya dalam bentukteks tulis, lisan, danvisual.

SBdP
3.2 Mengenal pola iramasederhana melalui laguanak-anak.
4.2 Menampilkan pola iramasederhana melalui laguanak-anak.

Matematika
3.4 Menjelaskan perkaliandan pembagian yangmelibatkan bilangancacah dengan hasil kalisampai dengan 100dalam kehidupan sehari-hariserta mengaitkanperkalian dan pembagian.
4.4 Menyelesaikan masalahperkalian dan pembagianyang melibatkan bilangancacah dengan hasil kalisampai dengan 100dalam kehidupan sehari-hariserta mengaitkanperkalian dan pembagian.

Tujuan Pembelajaran
1.        Dengan bimbingan guru, siswa dapat menentukan tekanan kuat dan lemahpada lagu anak berbirama dua atau tiga dengan benar.
2.        Dengan bimbingan guru, siswa dapat memainkan/menyuarakan tekanankuat dan lemah pada lagu anak berbirama dua atau tiga dengan benar.
3.        Dengan membaca teks “Benda-benda di Sekitar Kita”, siswa dapatmenemukan kosakata yang berkaitan dengan keragaman bendaberdasarkan bentuknya dengan benar.
4.        Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yangberkaitan dengan keragaman benda berdasarkan bentuknya dengan tepat.
5.        Dengan melakukan pengamatan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatansederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar denganejaan yang tepat.
6.        Dengan mengamati contoh dan bimbingan guru, siswa dapat menyatakankalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang perkaliandengan benar.
7.        Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyatakan perkalian duabilangan sebagai penjumlahan berulang dengan benar.
8.        Dengan menyatakan perkalian dua bilangan sebagai penjumlahanberulang, siswa dapat menghitung hasil kali dua bilangan dengan hasilbilangan cacah sampai 100 dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.        Menyanyikan lagu denganmemperhatikan tekanan kuat dan lemahpada lagu anak.
2.        Menemukan dan menjelaskan maknakosakata yang berkaitan dengankeragaman benda.
3.        Menuliskan hasil pengamatan sederhanatentang keragaman benda di lingkungansekitar.
4.        Memecahkan masalah sehari-hari yangmelibatkan perkalian.

Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
·           Buku Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·           Buku Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·           Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
  • 1. 
    Tidak mematuhi aturan dapat ..... diri sendiri dan orang lain.
    • A. 
      Menguntungkan
    • B. 
      Merugikan
    • C. 
      Membahagiakan
  •  
  • 2. 
    5 + 5 + 5 + 5 + 5 + 5 = .... x .... = .... Bentuk perkalian yang tepat dari penjumlahan di atas adalah ....
    • A. 
      6 x 5 = 30
    • B. 
      5 x 5 = 25
    • C. 
      5 x 6 = 30
  •  
  • 3. 
    9 + 9 + 9 + 9 = .... x .... = .... Bentuk perkalian yang tepat dari penjumlahan di atas adalah ....
    • A. 
      9 x 4 = 36
    • B. 
      9 x 9 = 81
    • C. 
      4 x 9 = 36
  •  
  • 4. 
     4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 + 4 = .... x .... = .... Bentuk perkalian yang tepat dari penjumlahan di atas adalah ....
    • A. 
      4 x 7 = 28
    • B. 
      4 x 8 = 32
    • C. 
      7 x 4 = 28
  •  
  • 5. 
     9 x 5 = .... Hasil dari perkalian di atas adalah ....
    • A. 
      42
    • B. 
      45
    • C. 
      48
  •  
  • 6. 
    8 x 0 = .... Hasil dari perkalian di atas adalah ....
    • A. 
      8
    • B. 
      80
    • C. 
      0
  •  
  •  
    7.Bayu mempunyai 3 kotak kelereng. Setiap kotak berisi 8 kelereng. Bentuk perkalian dari jumlah kelereng Bayu pada cerita di atas adalah ....
    • A. 
      3 x 8 = 24
    • B. 
      8 x 8 = 64
    • C. 
      8 x 3 = 24
  •  
  • 8. 
    Siska membeli 5 bungkus roti untuk dibagikan kepada teman-temannya Setiap bungkus tersebut berisi 8 roti. Bentuk perkalian dari jumlah roti yang diberli Siska dari cerita di atas adalah ....
    • A. 
      8 + 5 = 13
    • B. 
      5 x 8 = 40
    • C. 
      8 x 5 = 40
  •  
  • 9. 
    Di halaman rumah ada tujuh anak perempuan yang sedang bermain Setiap anak membawa 5 bola bekel. Jumlah bola bekel dari cerita di atas adalah ....
    • A. 
      35
    • B. 
      42
    • C. 
      36
  •  
  • 10. 
    Bu Ani menyajikan 4 piring kue di atas meja Setiap piring berisi 8 kue Berapa jumlah kue yang disajikan Bu Ani di atas meja?
    • A. 
      36
    • B. 
      35
    • C. 
      32
  •  
  • 11. 
    Memasuki rumah milik teman harus ....
    • A. 
      Langsung masuk
    • B. 
      Memberi salam dahulu
    • C. 
      Lewat belakang
  •  
  • 12. 
    Perbuatan di bawah ini yang mencerminkan sikap mematuhi aturan adalah ....
    • A. 
      Membuang sampah sembarangan
    • B. 
      Menggunakan sepeda orang tanpa izin
    • C. 
      Mengendarai sepeda di jalan pada lajur kiri
  •  
  • 13. 
    Benda di bawah ini yang termasuk benda padat adalah ....
    • A. 
      Minyak
    • B. 
      Batu
    • C. 
      Air
  •  
  • 14. 
    Benda padat jika dipindahkan mempunyai bentuk yang ....
    • A. 
      Tetap
    • B. 
      Selalu berubah
    • C. 
      Selalu berganti
  •  
  • 15. 
    Bentuk benda cair menyerupai ....
    • A. 
      Bentuk wadahnya
    • B. 
      Benda di atasnya
    • C. 
      Benda di sampingnya
  •  
  • 16. 
    Benda gas tidak dapat dilihat namun dapat ....
    • A. 
      Dipegang
    • B. 
      Dirasakan
    • C. 
      Diikat
  •  
  • 17. 
    Bentuk dan volume benda gas adalah ....
    • A. 
      Berubah-ubah
    • B. 
      Tetap
    • C. 
      Selalu sama
  •  
  • 18. 
    Contoh benda yang berisi benda gas adalah ....  
    • A. 
      Ember berisi air
    • B. 
      Balon berisi udara
    • C. 
      Gelas berisi es batu

Advertisement
Advertisement






5 komentar:

Anonim mengatakan...

Soal nya terlalu banyak jadi aku ngerjain nya 1 jam

Anonim mengatakan...

Bu guru mah ngasih soalnya terlalu banyak

yeni mengatakan...

Langsung jawaban ny ja y bu karena anakny klo udh kebanykan nulis lsg mengeluh hehe....

Anonim mengatakan...

Maaf bu, soalnya saya yg tuliskan, anakny tinggal isi. Anakny smpe nangis nulisny terlalu banyak.

Mama aisha mengatakan...

Kata bu tri 10 soal aja yg dikerjakan ma..

Posting Komentar