RSS

HIDUP BERSIH DAN SEHAT TEMA 4 SUB TEMA 3 PB 4

 6 November 2019
MATERI AJAR
Kelas               : II
Semester          : I
Tema               : IV / Hidup Bersih dan Sehat
Subtema          : III / Hidup Bersih dan Sehat di Tempat Bermain
Pembelajaran   : 4

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.4  Mengenal kosakata dan konsep tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat di lingkungan sekitar serta cara menjaga kesehatan lingkungan dalam Bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, dan visual.

SBdP
3.1 Memahami karya  imajinatif dua dan tiga dimensi.

Matematika
3.10 Menjelaskan bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya.

Tujuan Pembelajaran
  1. Melalui penugasan, siswa dapat membaca  teks pendek yang berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan lafal dan intonasi yang tepat.
  2. Melalui tanya jawab, siswa dapat menyebutkan isi teks yang dibaca berkaitan dengan lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa lisan (dapat dibantu dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman) secara tepat.
  3. Melalui penugasan, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan pedoman isi teks yang telah dibaca dengan benar.
  4. Dengan mengamati gambar dan lingkungan sekitar, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan ejaan yang tepat.
  5. Melalui penugasan, siswa dapat melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang lingkungan tidak sehat menggunakan bahasa Indonesia yang tepat.
  6. Dengan mengamati gambar dan model patung imajinatif, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
  7. Dengan mengamati karya membentuk imajinatif, siswa dapat mengidentifikasi bahan alami untuk membuat karya patung imajinatif menggunakan bahan alami dengan tepat.
  8. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi cara menggunakanbahan alami untuk membuat karya membentuk imajinatif dengan tepat.
  9. Melalui tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi langkah-langkah membuat karya membentuk imajinatif menggunakan bahan alami dengan teliti.
  10. Melalui penugasan, siswa dapat membuat karya patung imajinatif berdasarkan pengalaman sendiri dengan bahan alami secara tepat.
  11. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan rusuk, sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.
  12. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat menentukan banyak rusuk, sisi, dan titik sudut bangun ruang dengan benar.
  13. Dengan mengamati gambar dan model bangun ruang, siswa dapat mengelompokan benda di sekitar yang termasuk bangun ruang dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.        Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang berhubungan dengan banyak sisi, rusuk, dan titik sudut pada bangun ruang.
2.        Mengoreksi kebenaran jawaban siswa.
3.        Bertanya jawab tentang materi yang belum dipahami siswa.
4.        Memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.

Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
·           Buku Guru Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·           Buku Siswa Tema IV Hidup Bersih dan Sehat
·           Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
·           Gambar halaman sekolah yang tidak sehat
·           Gambar bangun datar
·           Gambar gerakan menari sambil menyapu lantai

Materi Pembelajaran













0 komentar:

Posting Komentar