RSS

TEMA BERMAIN DI LINGKUNGAN SUB TEMA BERMAIN DI RUMAH TEMAN

MATERI AJAR
                                                                                   SININ 19 -8-2019
Kelas               : II D
Semester          : I
Tema               : II / Bermain di Lingkunganku
Subtema          : I / Bermain di Lingkungan Rumah
Pembelajaran   :1dan 2
Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.
 Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.
PKN
 3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.
 Tujuan Pembelajaran 
Dengan berdiskusi, siswa dapat menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda dengan benar. 
Dengan berdiskusi, siswa dapat menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah dengan benar. 
Dengan mengamati contoh, siswa dapat menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang perkalian dengan benar

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.        Menemukan dan menjelaskan makna kosakata yang berkaitan dengan keragaman benda.
2.        Melaporkan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar.
3.        Menyebutkan manfaat aturan dalam kehidupan sehari-hari di rumah.
4.        Menyebutkan akibat berperilaku yang tidak sesuai dengan aturan di rumah.
5.        Memecahkan masalah sehari-hari yang melibatkan perkalian.
Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Sumber Pem
belajaran dan Alat Peraga
·           Buku Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·           Buku Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·           Buku Paket Bahasa Indonesia, PPKn, dan Matematika
               Kartu bilangan
               stik
               karet jepang
Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Bacalah teks berikut dengan lafal dan intonasi yang tepat!
Diskusikan bersama temanmu makna kata berikut!
Matematika
Beni mempunyai 1 pistol air. Edo juga mempunyai 1 pistol air. Tiba-tiba Udin datang dan juga membawa 1 pistol air. Berapa jumlah pistol air semuanya?
 4+4+4=....
PKN

0 komentar:

Posting Komentar