RSS

BERMAIN DI LINGKUNGANKU TEMA 2 SUB TEMA 3 PB 3


Selasa, 27 Agustus 2019
MATERI AJAR
Kelas               : II D
Semester          : I
Tema               : II / Bermain di Lingkunganku
Subtema          : III / Bermain di Lingkungan Sekolah
Pembelajaran   : 3

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

SBdP
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi.

Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

Tujuan Pembelajaran
1.        Berdasarkan pengamatan sederhana yang dilakukan, siswa dapat menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar dengan ejaan yang tepat dengan benar.
2.        Dengan mengerjakan soal latihan, siswa dapat menyatakan pembagian sebagai pengurangan berulang dengan tepat.
3.        Dengan mengidentifikasi cara menggunakan alat dan bahan menggambar, siswa dapat menggambar imajinatif berdasarkan pengalaman atau benda yang dilihatnya dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.        Membaca teks “Lomba Tenis Meja Cilik”.
2.        Menuliskan hasil pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar.
3.        Mengerjakan soal yang berkaitan dengan pembagian.
4.        Menggambar imajinatif (jam dinding) menggunakan susunan bola pingpong. Jam dinding berbentuk bet.

Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
·           Buku Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·           Buku Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·           Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, dan Matematika
·           Gambar tentang bermain tenis meja.
·           Lembar pengamatan alat tenis meja.
·           Gambar imajinatif (jam dinding) menggunakan susunan bola pingpong

Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Amatilah gambar berikut! Apa yang dilakukan Beni dan teman-teman?
Alat apa saja yang digunakan dalam olahraga tersebut? Bagaimana ciri-cirinya?

Matematika


SBdP
Masih ingatkah kamu alat dan bahan yang digunakan untuk menggambar?

Buatlah gambar berikut di buku gambarmu!


0 komentar:

Posting Komentar