RSS

BERMAIN DI LINGKUNGANKU TEMA 2 SUB TEMA 3 PB 1-2

Senin, 26 Agustus 2019
MATERI AJAR
Kelas               : II D
Semester          : I
Tema               : II / Bermain di Lingkunganku
Subtema          : III / Bermain di Lingkungan Sekolah
Pembelajaran   : 1 dan 2

Kompetensi Dasar
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau eksplorasi lingkungan.

SBdP
3.1 Mengenal karya imajinatif dua dan tiga dimensi.

Matematika
3.4 Menjelaskan perkalian dan pembagian yang melibatkan bilangan cacah dengan hasil kali sampai dengan 100 dalam kehidupan sehari-hari serta mengaitkan perkalian dan pembagian.

PPKn
3.2 Mengidentifikasi aturan dan tata tertib yang berlaku di sekolah.

Tujuan Pembelajaran
1.        Dengan membaca teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda, siswa dapat mencatat isi teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda di sekitar dalam bahasa tulis dengan benar.
2.        Dengan menyatakan kalimat matematika yang berkaitan dengan masalah tentang pembagian, siswa dapat menyatakan pembagian sebagai pengurangan berulang dengan tepat.
3.        Dengan tanya jawab, siswa dapat mengidentifikasi alat dan bahan yang digunakan dalam menggambar imajinatif dengan benar.
4.        Dengan pengamatan sederhana, siswa dapat mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan bentuknya dengan tepat.
5.        Dengan membaca teks percakapan, siswa dapat mengidentifikasi tata tertib yang berlaku dalam kehidupan sehari-hari di sekolah dengan baik.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.        Membaca teks bacaan Bermain di Halaman Sekolah.
2.        Menjawab pertanyaan berdasarkan teks bacaan.
3.        Mengamati gambar percakapan antara Beni dengan teman-temannya tentang kelereng yang akan dibagi sama banyak.
4.        Mengerjakan soal yang berkaitan dengan pembagian.
5.        Mengidentifikasi alat dan bahan menggambar imajinatif.
6.        Menggambar imajinatif dari bermain kelereng.
7.        Mengamati gambar anak bermain saling dorong bola.
8.        Menulis tata tertib dalam berpakaian yang berlaku di sekolah.

Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Sumber Pembelajaran dan Alat Peraga
·           Buku Guru Tema II Bermain di Lingkunganku
·           Buku Siswa Tema II Bermasin di Lingkunganku
·           Buku Paket Bahasa Indonesia, SBdP, Matematika, dan PPKn
·           Berbagai gambar tentang benda-benda di sekitar.
·           Gambar imajinatif (buku yang terbuka) menggunakan susunan kelereng berbeda warna.
·           Gambar tentang kegiatan melakukan pengamatan sederhana.

Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
Amatilah kegiatan yang dilakukan oleh Beni dan teman-temannya! Tuliskan 5 pertanyaan dari gambar dan teks bacaan berikut!


Matematika



SBdP
Apa yang perlu dipersiapkan untuk menggambar?
Apa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk menggambar?
Persiapkanlah alat dan bahan tersebut!
Perhatikan gambar berikut!
Buatlah gambar berikut di buku gambarmu!

PPKn
Amatilah cara berpakaian berikut dengan cermat!
Bagaimana tata tertib berpakaian di sekolah?
Menurutmu, sudah rapikah pakaian ketiga teman di atas?
Tuliskan tata tertib berpakaian di sekolahmu!

0 komentar:

Posting Komentar