Rabu,
19 Februari 2020
MATERI
AJAR
Kelas :
II D
Semester :
II
Tema :
VI / Merawat Hewan dan Tumbuhan
Subtema : III
/ Tumbuhan di Sekitarku
Pembelajaran : 4
Tujuan
Pembelajaran
1.
Dengan
membaca teks, siswa dapat menemukan penggunaan tanda titik pada kalimat berita
dalam tulisan tegak bersambung dengan benar.
2.
Dengan
membaca teks, siswa dapat memperbaiki ejaan dan menggunakan tanda baca dengan
benar.
3.
Dengan
menyelesaikan persoalan tentang kebutuhan benda dengan berat tertentu, siswa
dapat menemukan kesetaraan ukuran benda (1 kg = 10 ons, 1 ons = 100 gram).
4.
Dengan
menyelesaikan persoalan tentang kebutuhan benda dengan berat tertentu, siswa
dapat mengubah suatu ukuran berat menjadi satuan tertentu.
5.
Dengan
mengamati gambar karya tiga dimensi, siswa dapat mengidentifikasi cara
menggunakan bahan alami untuk membuat karya imajinatif dengan benar.
6.
Dengan
mengamati gambar karya tiga dimensi, siswa dapat membuat karya imajinatif
berdasarkan pengalaman dengan benar.
Langkah-Langkah
Pembelajaran
Pendahuluan
1.
Guru
bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib
Nasional dan Mars Al Azhar.
2.
Guru
menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.
Guru menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan
dilaksanakan.
4.
Guru
menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan
pembelajaran dilaksanakan.
Inti
1.
Guru
menjelaskan sekitar materi yang akan dijelaskan
2.
Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok
3.
Siswa
mengamati media pembelajaran tentang materi yang diajarkan
4.
Guru
mengajak siswa berdiskusi berkaitan tentang materi yang diajarkan
5.
Siswa
diberi waktu untuk berdiskusi dengan sesama anggota kelompoknya
6.
Guru
berkeliling melihat dan membimbing tentang materi yang didiskusikannya
7.
Masing
masing kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya di depan kelas
8.
Guru
memberi penguatan tentang jawaban siswa perwakilan kelompok
9.
Bersama
guru siswa memajang hasil pekerjaan siswa di papan pajangan
Penutup
1.
Guru
dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.
Guru
bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.
Materi
Pembelajaran
Peraturan
di Sekolah
Peraturan
Sekolah: Merupakan ketentuan atau tata tertib yang dibuat oleh pihak sekolah
dan harus ditaati oleh semua warga sekolah. Berikut aturan yang ada di sekolah:
a. Siswa tidak
boleh terlambat.
b. Siswa wajib
memakai seragam dengan rapi dan atribut lengkap.
c. Siswa
laki-laki tidak boleh memanjangkan rambutnya.
d. Siswa
perempuan tidak boleh memakai perhiasan yang mencolok.
e. Semua siswa
harus menghormati Guru.
f. Siswa wajib
membuat surat izin jika tidak masuk sekolah.
g. Siswa harus
siswa wajib menjaga ketertiban dan ketenangan kelas.
i. Siswa harus
masuk 15 menit seblum bel masuk kelas.
j. Siswa tidak
boleh membuat kegaduhan di dalam kelas maupun di lingkungan sekolah.
Penggunaan
Tanda Baca
Penggunaan tanda
titik:
1. Di akhir
kalimat.
2. Dipakai
pada akhir singkatan gelar, jabatan, pangkat, dan sapaan.
3. dipakai
untuk memisahkan angka jam, menit, dan detik yang menunjukkan waktu atau jangka
waktu.
Penggunaan huruf
kapital:
1. Huruf
kapital dipakai sebagai huruf pertama awal kalimat.
2. Huruf
kapital dipakai sebagai huruf pertama unsur nama orang, termasuk julukan.
3. Huruf
kapital dipakai sebagai huruf pertama nama tahun, bulan, hari, dan hari besar
atau hari raya.
Timbangan
jarum digunakan untuk
mengukur berat benda yang
ringan.
Satuan
berat yang digunakan dalam
timbangan tersebut adalah
ons. 1 kg = 10 ons
Kerjakan di Rumah!
1.
Sebutkan contoh tumbuhan yang termasuk kelompok bunga!
2.
Sebutkan tumbuhan yang termasuk kelompok obat-obatan!
3.
Kenapa tumbuhan harus disiram dan di pupuk?
4.
Patung termasuk karya seni.............dimensi
5.
20 ons = ... kg
6.
Peraturan dibuat untuk...............
7.
Tanda titik di bubuhkan pada setiap...............
8.
Sebutkan salah satu contoh
peraturan di sekolah!
9.
Apa yang harus dilakukan agar tumbuhan didepan sekolah tumbuh subur.?
10. Mangga yang
dipetik Edo seberat 5 kg. Setiap 5 ons mangga dimasukkan ke dalam kantong
plastik. Berapa kantong plastik mangga yang dipetik Edo?
0 komentar:
Posting Komentar