RSS

TEMA 6 SUB TEMA 3 ( TUMBUHAN DI SEKITARKU)

Senin, 17 Februari 2020
MATERI AJAR
Kelas               : II D
Semester          : II
Tema               : VI / Merawat Hewan dan Tumbuhan
Subtema          : III / Tumbuhan di Sekitarku
Pembelajaran   : 1 dan 2

Tujuan Pembelajaran
1.        Dengan membaca teks, siswa dapat menemukan penggunaan tanda titik pada kalimat berita dalam tulisan tegak bersambung dengan benar.
2.        Dengan membaca teks, siswa dapat memperbaiki ejaan dan menggunakan tanda baca dengan benar.
3.        Dengan mengamati gambar berbagai berat benda, siswa dapat menemukan kesetaraan ukuran benda (1 kg = 10 ons, 1 ons = 100 gram).
4.        Dengan mengamati gambar berbagai berat benda, siswa dapat mengubah suatu ukuran berat benda menjadi satuan tertentu.
5.        Dengan mengamati gambar karya tiga dimensi, siswa dapat mengidentifikasi ciri-ciri karya patung imajinatif dari bahan alami dengan benar.

Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
1.        Guru bersama siswa berdoa, membaca surah-surah pendek dan menyanyikan Lagu Wajib Nasional dan Mars Al Azhar.
2.        Guru menyapa siswa, menanyakan kabar, dan mengecek kehadiran siswa.
3.        Guru  menyampaikan kegiatan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4.        Guru menginformasikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai setelah kegiatan pembelajaran dilaksanakan.

Inti
1.         Guru menjelaskan sekitar materi yang akan dijelaskan
2.         Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
3.         Siswa mengamati media pembelajaran tentang materi yang diajarkan
4.         Guru mengajak siswa berdiskusi berkaitan tentang materi yang diajarkan
5.         Siswa diberi waktu untuk berdiskusi dengan sesama anggota kelompoknya
6.         Guru berkeliling melihat dan membimbing tentang materi yang didiskusikannya
7.         Masing masing kelompok mempresentasikan hasil kelompoknya di depan kelas
8.         Guru memberi penguatan tentang jawaban siswa perwakilan kelompok
9.         Bersama guru siswa memajang hasil pekerjaan siswa di papan pajangan

Penutup
1.        Guru dan siswa merefleksikan kegiatan pembelajaran yang telah dilaksanakan.
2.        Guru memberikan tindak lanjut berupa soal latihan.
3.        Guru bersama siswa berdoa untuk menutup pembelajaran.

Materi Pembelajaran
Olahraga Pagi
Pada hari Minggu yang cerah,
Lani dan keluarganya berolahraga pagi.
Udara sejuk pada pagi hari.
Matahari bersinar cerah dan semua bergembira.
Mereka lari pagi mengelilingi taman perumahan.
Tampak bunga-bunga sedang bermekaran di taman.
Ada bunga mawar, bunga sepatu, bunga melati, dan banyak lagi.
Hari itu hari yang membahagiakan untuk Lani dan keluarganya.



Lani senang sekali melihat beragam warna bunga-bunga di taman. Lani membuat model setangkai bunga dari plastisin. Perhatikan model plastisin Lani. Karya seni Lani merupakan karya seni rupa tiga dimensi.
Ciri utama karya seni tiga dimensi adalah memiliki tiga unsur, yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Karya seni tiga dimensi dapat dilihat dari berbagai sisi, yaitu depan, belakang, samping, bahkan dari atas. Pada karya tiga dimensi, terdapat titik-titik, garis, dan bidang atau bentuk.



Halaman rumah Lani cukup luas. Lani menanam cabai di halaman rumahnya. Tanaman cabai sudah mulai berbuah. Lani memetik cabai dan menimbangnya. Lani menggunakan timbangan. Pada timbangan tersebut tertulis satuan beratnya ons. Berat cabai Lani adalah 5 ons.


Timbangan jarum digunakan untuk mengukur berat benda yang ringan.
Satuan berat yang digunakan dalam timbangan tersebut adalah ons. 1 kg = 10 ons

Kerjakan di Rumah!
1. Cabai yang dipetik Lani seberat 5 ons. Cabai tersebut dimasukkan ke dalam satu plastik. Ibu juga memetik cabai dan menimbang cabai seberat 5 ons. Berapa kilogram berat cabai sekarang?
2. Cabai yang dihasilkan di halaman rumah Lani seberat 5 kg. Cabai tersebut dimasukkan dalam kemasan plastik seberat 5 ons. Ada berapa plastik yang dibutuhkan untuk membungkus cabai tersebut?
3. Tuliskan ciri karya seni 3 dimensi!
4. Tuliskan beberapa jenis tanaman yang ada di sekitarmu!
5. Apa kegunaan dari timbangan jarum? Sebutkan 3 benda yang dapat diukur dengan timbangan itu!

0 komentar:

Posting Komentar